Ide Mentok? Tiru 13 Contoh Konten Interaktif Instagram Agar Akun Lebih Hidup!

cara kerja algoritma Instagram

Dalam era media sosial yang semakin berkembang, konten interaktif telah menjadi salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan audiens. Instagram sendiri menyediakan berbagai fitur yang memungkinkan Sobat MEA untuk membuat konten interakif. Untuk itu, kami akan membagikan 10 contoh konten interaktif Instagram yang bisa Sobat MEA coba. 

Membuat konten interaktif di Instagram sendiri menjadi salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan pengguna dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan audiens. Mulai dari kuis, cerita, hingga konten berbasis pengguna, ada banyak contoh konten kreatif Instagram yang dapat Sobat MEA gunakan untuk menciptakan konten yang menarik dan melibatkan audiens. 

Table of Contents

Yuk, Gabung Komunitas Bisnis IG MEA!
Dapatkan lebih banyak tips n trik konten yang cocok untuk bisnis maupun personal branding di IG. Full bimbingan. GRATIS!!!

Penting untuk memahami karakteristik audiens Sobat MEA terlebih dahulu sebelum menentukan contoh konten interaktif Instagram yang sesuai dengan tujuan bisnis. Dengan menggabungkan berbagai fitur interaktif yang disediakan oleh Instagram, Sobat MEA dapat menciptakan pengalaman yang menyenangkan dan menarik bagi berbagai jenis audiens yang ada.

Dalam artikel ini, MiMe akan membahas contoh konten interaktif Instagram yang dapat membantu Sobat MEA dalam membangun hubungan yang lebih kuat dengan audiens. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini ya!

Contoh Konten Interaktif Instagram

Perlu diingat bahwa konten interaktif hanyalah satu bagian dari strategi pemasaran di Instagram. Penting untuk selalu menjaga kualitas dan konsistensi dengan konten, serta memahami kebutuhan dan preferensi audiens Sobat MEA. Jangan lupa untuk selalu beradaptasi dengan perubahan tren dan teknologi yang ada untuk tetap relevan dan menarik.

Lantas bagaimana konten interaktif Instagram yang cocok untuk Sobat MEA bagikan? Berikut adalah contoh konten interaktif Instagram yang bisa Sobat MEA jadikan referensi, antara lain:

1. Kuis atau Pertanyaan

Salah satu cara termudah untuk menciptakan konten interaktif di Instagram adalah dengan menggunakan kuis atau mengajukan pertanyaan. Sobat MEA dapat membuat kuis yang relevan dengan niche atau mengajukan pertanyaan yang memancing respons dari pengguna. Misalnya, jika Sobat MEA memiliki bisnis kuliner, Sobat MEA dapat membuat kuis tentang makanan favorit atau mengajukan pertanyaan tentang resep favorit pengguna. 

Pastikan untuk memberikan opsi jawaban yang beragam agar pengguna merasa tertantang untuk berpartisipasi dalam konten yang Sobat MEA unggah.

2. Cerita Interaktif

Fitur story di Instagram merupakan platform yang sempurna dalam contoh konten interaktif Instagram. Sobat MEA dapat menggunakan stiker polling, emoji geser, atau pertanyaan untuk mengajak pengguna berinteraksi dengan konten story yang diunggah. Misalnya, Sobat MEA dapat membuat cerita berjudul “Pilih A atau B” dan menggunakan stiker polling untuk mengajukan pertanyaan kepada pengguna. Jenis konten ini akan mendorong audiens untuk berpartisipasi dan memberikan pendapat mereka.

3. Konten Berbasis Pengguna (User-Generated Content)

contoh konten interaktif instagram

Mendorong audiens untuk berkontribusi dalam konten Sobat MEA adalah cara yang efektif untuk menciptakan interaksi. Sobat MEA dapat membuat kontes atau tantangan di Instagram yang mengharuskan audiens untuk membagikan konten mereka dengan menggunakan hashtag atau menandai akun bisnis Sobat MEA.

Contoh konten interaktif Instagram berbasis pengguna ini misalnya Sobat MEA menjual produk pakaian, maka Sobat MEA dapat membuat kontes “OOTD Terbaik” di mana pengguna diharapkan mengunggah foto mereka menggunakan outfit dari brand Sobat MEA. Hal ini akan meningkatkan keterlibatan pengguna dan membantu memperluas jangkauan brand.

4. Fitur Swipe Up 

Jika Sobat MEA memiliki akun bisnis atau memiliki lebih dari 10.000 pengikut, Sobat MEA dapat menggunakan fitur “Swipe Up” di Instagram Stories untuk mengarahkan pengguna ke tautan eksternal. 

Contoh konten interaktif Instagram ini merupakan cara yang efektif untuk melibatkan pengguna dengan mengajak mereka untuk menjelajahi lebih lanjut melalui tautan yang relevan. Misalnya, Sobat MEA dapat membuat cerita tentang ulasan produk baru dan mengajak pengguna untuk menggeser ke atas untuk membeli produk tersebut.

Kelebihan dari memanfaatkan fitur ini tidan hanya untuk meningkatkan engagement saja, namun bisa meningkatkan traffic website karena akan ada semakin banyak audiens yang mengunjungi situs bisnis Sobat MEA.

5. Live Streaming dan Q&A

Perluas Jangkauan Bisnis dengan Jasa MEA!
Pastinya bantu kamu untuk promosi lebih mudah, lebih laris, dan lebih unggul di pasaran~

Instagram Live adalah fitur yang berguna untuk menciptakan konten interaktif secara real-time. Sobat MEA dapat menggunakan fitur ini untuk menerima pertanyaan dari audiens dan menjawab pertanyaan tersebut seacra langsung. Hal ini memungkinkan audiens untuk berinteraksi dengan Sobat MEA secara langsung dan memberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan.

6. Polling dan Voting

Fitur polling Instagram memungkinkan Sobat MEA untuk membuat survei sederhana dan mengajukan pertanyaan kepada pengguna Instagram dengan beberapa opsi jawaban. Sobat MEA dapat menggunakan polling untuk mengumpulkan pendapat pengguna tentang topik yang relevan dengan bisnis atau industri. Misalnya, jika Sobat MEA memiliki toko pakaian, Sobat MEA dapat membuat polling tentang warna pakaian favorit atau tren fashion terbaru. Hal ini akan memberikan pengalaman interaktif kepada pengguna dan meningkatkan keterlibatan mereka.

7. Konten Interaktif Bergerak

Instagram juga menyediakan fitur GIF dan Boomerang yang dapat Sobat MEA manfaatkan untuk membuat contoh konten interaktif Instagram yang menarik.Gunakan fitur ini untuk menambahkan elemen gerakan pada unggahan, baik itu dalam feed atau dalam IG Story. Misalnya, Sobat MEA dapat membuat Boomerang dari produk yang berputar atau menggunakan GIF lucu untuk menarik perhatian pengguna. 

Konten yang bergerak secara visual cenderung lebih menarik dan dapat mendorong interaksi pengguna.

8. Carousel dan Swipeable Posts

contoh konten interaktif instagram

Konten carousel Instagram membuat Sobat MEA bisa membagikan beberapa gambar atau video dalam satu postingan yang dapat di-swipe oleh audiens. 

Sobat MEA dapat menggunakan fitur ini untuk menciptakan konten yang cerdas dan interaktif, seperti tutorial langkah-demi-langkah, tips, atau cerita yang berkelanjutan. 

Dengan memberikan konten yang beragam dan menarik dalam satu postingan, Sobat MEA dapat memikat pengguna untuk menjelajahi lebih lanjut dengan melakukan swipe dan meningkatkan engagement unggahan.

9. Pemungutan Suara (Voting) melalui Stiker 

Stiker Voting di Instagram Stories adalah fitur untuk mengajukan pertanyaan dan mengumpulkan suara terbanyak dari pengguna Instagram. 

Sobat MEA dapat membuat voting tentang topik menarik atau kontroversial yang relevan dengan bisnis atau industri. Misalnya, jika Sobat MEA memiliki toko buku, Sobat MEA dapat membuat voting tentang “Pilih beli buku secara online atau ke toko buku langsung”.

Hal ini tidak hanya akan membuat pengguna terlibat, tapi juga memberikan wawasan berharga tentang preferensi mereka. Dengan begitu, Sobat MEA bisa menyusun strategi pemasaran yang menarik untuk unggahan berikutnya.

10. Konten Edukasi dan Tutorial

Last but not least, ada konten edukasi dan tutorial yang efektif untuk menciptakan contoh konten interaktif Instagram yang memberikan manfaat bagi audiens. 

Sobat MEA dapat menggunakan IG Story atau feed untuk membagikan tips, trik, atau panduan dalam bentuk video atau gambar. Misalnya, jika Sobat MEA memiliki bisnis kecantikan, Sobat MEA dapat membuat tutorial langkah-demi-langkah tentang teknik riasan atau merawat kulit. 

Audiens dapat berinteraksi dengan konten dengan mencoba metode yang Sobat MEA ajarkan dan memberikan komentar atau pertanyaan.

3 Ide Story Instagram Interaktif

contoh konten interaktif instagram

Seperti yang kita ketahui, Instagram Story juga memiliki berbagai fitur interaktif yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk meningkatkan engagement akun dan menjadi semakin dekat dengan pengguna Instagram lainnya. Berikut adalah 3 ide Story Instagram interaktif yang bisa Sobat MEA coba buat pada akun bisnis:

1. Kuis

Ide story Instagram interaktif yang pertama adalah Quiz. Di sini, Sobat MEA bisa mengajukan pertanyaan dan memberikan 4 pilihan jawaban. Seperti misalnya saja Sobat MEA menjual berbagai macam produk hijab. Lalu Sobat MEA bisa membuat kuis dengan pertanyaan, “Model hijab favorit”. Lalu pilihannya bisa berupa:

  • Segi empat
  • Pashmina
  • Bergo
  • Khimar

Nah nantinya, pengguna Instagram akan tertarik untuk memberikan jawaban mereka dengan mengklik salah satu opsi sesuai dengan preferensi mereka. Dengan begitu, Sobat MEA tidak hanya berhasil membuat ide story Instagram interaktif saja, namun jadi mengetahui apa preferensi audiens secara spesifik.

2. Reaction

contoh konten interaktif instagram

Ide story Instagram interaktif berikutnya adalah fitur Reaction. Sobat MEA bisa kustomisasi emoticon yang ingin digunakan sesuai dengan kebutuhan. Membuat konten ini cukup mudah. Sobat MEA hanya perlu membuat story dan menceritakan sesuatu, kemudian berikan CTA berupa, “Klik kalau kamu setuju” yang mengarahkan pengguna Instagram untuk mengklik emoticon untuk memberikan tanggapan pada konten yang Sobat MEA buat. Simpel banget, kan?

3. Add Yours Templates

contoh konten interaktif instagram

Pasti Sobat MEA sudah tidak asing dengan konten ini, bukan? Contoh konten interaktif Instagram ini akan membuat audiens ingin membagikan pengalaman mereka. Oleh karena itu, buat trend yang menarik dan pastikan kontennya sesuai dengan produk Sobat MEA.

Contohnya saja Sobat MEA menjual produk pakaian. Maka Sobat MEA bisa membuat template, “Today’s Outfit With (nama brand Sobat MEA)”. Maka audiens yang melihat unggahan tersebut akan tertarik untuk membagikan OOTD mereka dengan menggunakan produk Sobat MEA juga. Dengan begitu, produk Sobat MEA akan dilihat oleh pengguna lainnya juga.

Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, konten interaktif Instagram dapat menjadi alat yang kuat untuk membedakan bisnis dan menciptakan ikatan yang lebih kuat dengan audiens. Dengan contoh konten interaktif Instagram di atas, Sobat MEA mendapatkan potensi untuk mencapai tujuan pemasaran. Selain itu, Sobat MEA juga dapat menciptakan pengalaman yang unik dan berharga, serta meningkatkan keberhasilan bisnis di platform media sosial. Selamat mencoba!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.