Cara Promosi di TikTok Paling Efektif Untuk Brand dan Produk UMKM. Cobain!

by Husna Rahman
cara promosi di tiktok

TikTok menjadi salah satu platform media sosial yang sangat digandrungi masyarakat Indonesia. TikTok juga memiliki banyak pengguna aktif. Hari ini, TikTok digunakan untuk banyak hal. Mulai dari membuat konten yang menarik sampai berjualan. Karena alasan ini, salah satu cara efektif untuk menaikan bisnis adalah lewat cara promosi di TikTok.

Hari ini, banyak orang yang lebih banyak menghabiskan waktu di TikTok daripada media sosial lain. Selain bagus sebagai hiburan, TikTok juga sudah terkenal sebagai media sosial yang bagus untuk berbisnis. Emang apa sih keuntungan TikTok untuk bisnis?

Table of Contents

Keuntungan Melakukan Promosi di TikTok

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Tentu saja ada banyak sekali keuntungan yang bisa Sobat MEA dapatkan dari melakukan promosi di TikTok. Nah berikut ini adalah beberapa keuntungan promosi di TikTok, di antaranya:

  1. TikTok memiliki banyak pengguna di Indonesia.
  2. Setiap harinya, ada banyak sekali pengguna TikTok yang aktif mencari hiburan, konten bahkan referensi.
  3. Memiliki fitur TikTok Shop yang bisa langsung mengarahkan Sobat MEA untuk berjualan.
  4. Fitur yang mudah untuk digunakan.
  5. Mengikuti algoritma organik.

Cara Promosi di TikTok dengan Efektif

Setelah mengetahui keuntungannya, Sobat MEA tentu harus mengetahui beberapa cara promosi di TikTok yang bisa dilakukan. Berbeda dengan promosi pada website toko online, ada 3 cara untuk melakukan promosi di TikTok untuk brand UMKM. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa Sobat MEA coba, antara lain:

1. Cara Promosi Video TikTok

  • TikTok Ads: Memasang iklan berbayar di TikTok yang membuat videomu akan tampil di antara video organik yang ada pada halaman FYP (For You Page) orang lain.
  • Branded Hashtag Challenges: Upaya menjangkau pasar luas melalui tantangan dan tagar yang terkait dengan bisnis dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness
  • TopView: Menampilkan video iklan berdurasi 60 detik secara langsung ketika pengguna membuka aplikasi TikTok untuk memberikan visibilitas dan efek yang kuat pada penonton.
  • Branded Effects: Mengembangkan efek visual eksklusif pada video yang dibagikan untuk mempromosikan merek serta membangun interaksi dengan audiens.
Saatnya Bikin Akun TikTok Lebih Cuan Lewat MCN TikTok MEA!
Dapatkan bimbingan gratis dari mentor profesional dan kerja sama yang cuan dengan seller potensial~

2. Cara Promosi Akun TikTok

Selain membuat konten original, Sobat MEA juga bisa melakukan promosi untuk akun TikTok. Ini penting untuk memperkuat efektivitas promosi yang akan dilakukan di TikTok. Berikut beberapa cara promosi akun TikTok yang bisa dilakukan, meliputi:

  • Pahami Cara Kerja Algoritma TikTok: Pastikan mengetahui jenis konten yg banyak diminati, menganalisis keyword dan hashtag yang relevan, hingga menggunakan frekuensi postingan.
  • Membuat Konten yang Berkualitas: Pelajari tiap konten yang trending serta viral.Cara ini penting agar kontenmu bisa membaur secara alami.
  • Manfaatkan Filter/Efek dan Lagu Trending: Ini penting untuk meningkatkan visibilitas berupa jumlah tayangan, mendatangkan followers baru, hingga menaikkan engagement rate.
  • Menggunakan Fitur Stitch di TikTok: Ini juga bisa digunakan untuk memaksimalkan promosi di TikTok, fungsinya untuk menanggapi berita, menyambung tren yang berlangsung, atau mengajak orang lain untuk berpartisipasi dalam videomu. 

3. Cara Promosi Live TikTok

  • Perhatikan Durasi Live: Dilansir dari Social Pilot, rekomendasi durasi live adalah selama 30 menit. Ini penting untuk membuat live lebih jelas, terarah, dan on point.

  • Sesi Behind The Scenes: Untuk membuat viewers merasa dilibatkan dalam perjalanan brand. Salah satunya adalah dengan menunjukan behind the scenes konten sehari-hari secara live.

  • Melibatkan Ide dari Followers:  melibatkan mereka ke dalam sesi TikTok live. Sobat MEA bisa meminta mereka untuk memberikan ide tema live, influencer, dan lain sebagainya.
  • Live Bersama Followers: Sobat MEA juga bisa mencoba untuk mengajak followers ikut live bersama. Sobat MEA bisa lebih dekat dengan orang-orang yang menyukai konten atau produkmu.

Nah itu dia 3 cara promosi di TikTok gratis dan berbayar untuk brand dan produk UMKM. Gimana menurut Sobat MEA? Apakah Sobat MEA tertarik untuk mulai mempromosikan produk lewat TikTok? Atau Sobat MEA ingin membuka cabang di TikTok Shop?

You may also like

Leave a Comment