Cara Menjadwalkan Postingan Facebook dengan Cepat dan Strategis

by Fanny
Cara menjadwalkan postingan Facebook

Menjalankan bisnis online membuat Sobat MEA harus menyusun strategi dan promosi dengan baik agar bisa mencapai penjualan yang tinggi. Salah satunya adalah dengan cara menjadwalkan postingan Facebook agar unggahan lebih terorganisir dengan baik. Hal ini perlu dilakukan agar Sobat MEA terhindar dari membuat jenis unggahan yang tiba-tiba dan kurang perhitungan, sehingga tidak dapat menarik audiens dengan baik.

Cara menjadwalkan postingan Facebook bisa dilakukan dengan mudah dan tentunya memudahkan Sobat MEA untuk mengunggah konten secara lebih teratur. Cara ini juga memiliki banyak manfaat untuk bisnis Sobat MEA. Penasaran? Simak di sini, ya!

10 Cara Menjadwalkan Postingan Facebook

Selalu update informasi bisnis online terkini

Dengan gabung ke komunitasnya secara gratis di sini!

Untuk mengunggah konten di Facebook sebagai pebisnis online, Sobat MEA perlu menggunakan Facebook Business Suite. Fitur ini memudahkan para pebisnis online untuk mengelola unggahan dan iklan dengan lebih mudah. Salah satu fitur yang dapat digunakan adalah untuk mengatur jadwal postingan. Caranya akan kami bagikan dengan beberapa langkah mudah di bawah ini:

  1. Buka laman Meta Business Suite pada browser atau klik di sini https://business.facebook.com/.
  2. Masuk pada menu Homepage di halaman utama.
  3. Klik Create Post untuk membuat unggahan.
  4. Lanjutkan dengan memasukkan detail unggahan seperti teks atau caption, media, link, dan lokasi jika diperlukan.
  5. Sobat MEA bisa melihat pratinjau unggahan sebelum melanjutkan cara menjadwalkan postingan Facebook. Sobat MEA juga bisa melihat pratinjau tampilan unggahan pada desktop maupun ponsel. Dengan begitu, Sobat MEA bisa mengatur ulang penempatan dan susunan unggahan sebelum memutuskan untuk menjadwalkannya agar terhindar dari kesalahan.
  6. Langkah selanjutnya adalah klik tanda panah ke bawah di sebelah tombol Publish. Akan ada pilihan Schedule Post dan Save as Draft.
  7. Di sebelah tombol Publish ada tombol Optimal Times yang merupakan waktu unggahan yang disarankan oleh Facebook untuk mengunggah konten Sobat MEA. Namun Sobat MEA juga bisa menjadwalkan unggahan sendiri sesuai kebutuhan.
  8. Lanjutkan cara menjadwalkkan postingan Facebook dengan mengklik Schedule Post.
  9. Masukkan tanggal dan jam pada kolom yang tersedia untuk menjadwalkannya. Klik Save.
  10. Kemudian halaman akan kembali ke postingan. Lanjutkan dengan klik Schedule Post jika jadwal yang dimasukkan sudah benar.
Artikel Terkait  4 Cara Melihat Story Instagram Tanpa Diketahui Pemiliknya

Itu dia langkah-langkah cara menjadwalkan postingan Facebook. Mudah dan cepat sekali, bukan? Tentunya menjadwalkan postingan Facebook membuat Sobat MEA harus siap konten sebelumnya. Untuk itu kami akan membagikan beberapa strategi agar proses penjadwalan postingan dapat berjalan dengan baik.

3 Strategi Menjadwalkan Postingan di Facebook

Ngiklan di Facebook malah boncos?

Pakai Jasa Facebook Ads aja biar makin cuan!

Tujuan utama dari cara menjadwalkan postingan Facebook adalah agar Sobat MEA dapat mengunggah secara teratur. Namun tentu saja membuat konten tidak semudah membalikkan tangan. Sobat MEA perlu menyusun jenis konten apa saja yang ingin dibuat agar dapat menyusun jadwal postingan dengan baik. Untuk itu, Sobat MEA perlu melakukan beberapa hal di bawah ini agar cara menjadwalkan postingan Facebook dapat dilakukan dengan baik.

1. Atur Waktu untuk Membuat Konten

Jika Sobat MEA ingin menjadwalkan beberapa postingan dalam satu waktu, maka Sobat MEA perlu meluangkan waktu untuk membuat konten. Buat waktu agar Sobat MEA bisa melakukan riset dan mendesain postingan yang mampu menarik banyak audiens untuk membeli produk Sobat MEA. Pastikan juga Sobat MEA memperhatikan tanggal postingan agar hasilnya bisa maksimal.

2. Buat Unggahan yang Multiplatform

Makin cuan dengan belajar Facebook Ads

Gabung ke Kelas FB & IG Ads sekarang juga!

Seperti yang kita ketahui, setiap aplikasi pasti memiliki jenis audiens yang berbeda. Hal ini membuat Sobat MEA perlu membuat konten yang berbeda untuk setiap platform. Sulit, bukan? Untuk itu Sobat MEA bisa membuat jenis unggahan yang dapat digunakan di berbagai macam platform agar Sobat MEA cukup bekerja satu kali saja.

3. Pelajari Kinerja Unggahan

Menjalankan bisnis online membuat Sobat MEA harus selalu update mengenai trend terbaru baik yang terkait dengan produk yang dijual maupun tidak. Selain itu, Sobat MEA juga harus selalu mempelajari kinerja unggahan yang dibuat apakah sudah mampu menarik perhatian audiens atau belum.

Hal ini bisa dilihat melalui fitur Insight yang menyajikan berbagai macam data mengenai performa unggahan. Dengan melihat data ini, Sobat MEA jadi bisa meningkatkan kualitas unggahan agar bisa mendapatkan interaksi dan penjualan yang lebih tinggi.

3 Keuntungan Mengikuti Cara Menjadwalkan Postingan Facebook

cara menjadwalkan postingan facebook

Setelah mengetahui strategi dan cara menjadwalkan postingan Facebook, tentu Sobat MEA bertanya-tanya mengenai keuntungan dari mengatur jadwal unggahan bukan? Mungkin pada awalnya Sobat MEA akan merasa kesulitan karena harus mempersiapkan unggahan sejak jauh-jauh hari dan mengatur jadwal kontennya, namun hal ini memiliki banyak keuntungan untuk bisnis Sobat MEA, loh.

1. Menghemat Waktu

Keuntungan pertama dari menerapkan cara menjadwalkan postingan Facebook adalah Sobat MEA bisa menghemat lebih banyak waktu. Jika Sobat MEA rutin mengunggah konten setiap hari pada jam tertentu, Sobat MEA bisa menghemat waktu ini dengan menjadwalkannya sekali pada satu hari saja. Seperti misalnya Sobat MEA menjadwalkan unggahan untuk satu minggu berturut-turut. Dengan begitu Sobat MEA tidak perlu meluangkan waktu setiap hari untuk mengunggah konten.

2. Terhindar dari Lupa Posting

Dengan mengikuti cara menjadwalkan postingan Facebook, Sobat MEA akan terhindar dari lupa posting karena unggahan sudah diatur secara spesifik.

3. Bisa Fokus Pada Hal Lain

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas bahwa Sobat MEA tidak perlu meluangkan waktu setiap hari jika sudah mengatur jadwal konten, maka Sobat MEA bisa melakukan hal lain terkait bisnis. Atau Sobat MEA juga bisa menikmati waktu bersantai karena urusan konten sudah terjadwal dengan baik.

Sekian pembahasan mengenai cara menjadwalkan postingan Facebook dengan mudah dan strategis. Semoga ulasan ini membantu Sobat MEA agar tidak kelupaan mengunggah konten penting, ya!

You may also like

Leave a Comment