Ingin Cuan dari Instagram? Ini Syarat Monetisasi Instagram yang Perlu Diketahui!

syarat monetisasi instagram

Sobat MEA tahu belum nih? Pada akhir tahun 2022, Instagram menginvestasikan dana sebesar 1 miliar USD untuk para kreator, loh. Tentunya bisa menjadi peluang untukmu dapat cuan dari fitur monetisasi. Tapi apa saja syarat monetisasi Instagram?

Perlu diketahui, monetisasi sendiri merupakan salah satu upaya Instagram dalam mendorong pengguna untuk menjadikan sosial media lebih bermanfaat. Bukan hanya agar lebih kreatif, tapi bisa sekaligus mengajak penggunanya raih penghasilan lebih mudah.

Gabung dengan Komunitas Kreator Instagram Top MEA!

Kamu bisa mengetahui segala strategi suksesnya dapat banyak cuan di Instagram! Serta dapat bimbingan khusus untuk kamu yang ingin ikuti jejak kesuksesannya!

Monetisasi Instagram sendiri sudah dimanfaatkan oleh banyak kreator dan influencer. Mereka berlomba-lomba menghasilkan konten terbaik untuk menarik perhatian audiens serta brand besar untuk bekerjasama setelah mengaktifkan fitur monetisasi yang bisa Sobat MEA akses di sini

Bukan hanya dari kerjasama brand, kreator atau influencer juga bisa melakukan hal-hal lainnya untuk menambah pundi-pundi rupiah. Dengan ini, maka MiMe bukan hanya membagikan syarat monetisasi Instagram, tapi juga akan memaparkan cara mengaktifkannya agar lebih cuan di Instagram. Simak ya!

Syarat Melakukan Monetisasi Instagram

biaya instagram ads

Sobat MEA tentu telah paham, kita tidak bisa asal melakukan suatu hal. Ada saja syarat yang harus terpenuhi. Begitupun dengan monetisasi Instagram. Jika tertarik untuk dapat uang dari monetisasi, Sobat MEA harus memiliki syarat-syarat berikut ini:

  1. Akun Instagram masih aktif digunakan.
  2. Telah memiliki 10.000 followers.
  3. Akun Instagram tidak di private. 
  4. Mencapai 1000 interaksi atau 100 jam waktu tonton pada video yang Sobat MEA upload dalam dua bulan terakhir. Pastikan video tersebut hasil karya sendiri.
  5. Akun tersebut merupakan akun bisnis atau kreator, bukan akun personal. Silakan ubah terlebih dahulu.
  6. Berasal dari negara Amerika Serikat.
  7. Tidak memiliki riwayat konten terkena pelanggaran.

Syarat Sudah Terpenuhi Tapi Bingung Mulai Cuan dari Mana?

Yuk, kerja bareng MEA! Tim Manajemen hebat MEA siap membantumu kapanpun demi dapat cuan dari Instagram.

Persyaratan tersebut sebenarnya tidak terlalu sulit untuk Sobat MEA penuhi. Hanya saja ada satu syarat yang tidak bisa terpenuhi yaitu tentang negara asal. Artinya jika bukan penduduk Amerika Serikat, Sobat MEA tidak bisa mengajukan monetisasi. 

Tapi Sobat MEA tidak perlu khawatir. Masih ada cara lainnya untuk bisa menghasilkan uang dari Instagram. Meskipun berkewarganegaraan Indonesia dan tinggal di Indonesia. Cara-cara ini telah di buktikan oleh para kreator Indonesia. Mari kita ketahui lengkapnya di bawah ini yang dapat Sobat MEA pertimbangkan

Cara Melakukan Monetisasi Instagram

Ingat, monetisasi di Instagram tidak bisa sembarangan. Pastikan Sobat MEA memang telah memenuhi syarat-syarat di atas kecuali asal negara yang disebutkan. Jika sudah terpenuhi, silakan ikuti beberapa cara melakukan monetisasi Instagram berikut ini:

Menjadi Influencer

Jika memilih menjadi influencer, biasanya Sobat MEA perlu membuat video review produk dan mempostingnya di feed Instagram. Dalam hal ini, Sobat MEA harus pandai mengajak orang lain membeli produk yang ada. 

Untuk menjadi influencer, Sobat MEA bisa mulai dengan meningkatkan kualitas konten sosial media. Agar engagement akun semakin meningkat. Karena kualitas engagement menjadi hal dasar untuk menjalin kerjasama dengan pemilik brand.

Seperti yang MiMe singgung di awal, influencer biasanya menghasilkan uang dari kerjasama. Semakin banyak kerjasama yang terjalin, uang yang Sobat MEA hasilkan akan semakin banyak.

Ikut Program Affiliate Marketing

Seiring perkembangannya, affiliate marketing kini menjadi alternatif favorit untuk menghasilkan uang. Bagi yang belum tahu, Affiliate marketing merupakan metode pemasaran yang dapat membantumu mendapatkan penghasilan tambahan.

Adapun penghasilannya bisa di dapatkan dari produk yang berhasil terjual. Affiliate marketing ini biasanya pengguna lakukan dengan cara membagikan link produk atau kode promo di Instagram. 

Intinya turut mempromosikan produk orang lain. Lalu ketika ada yang terjual, mereka dapat komisi 10-15%, tergantung kesepakatan penjual. Tapi Sobat MEA tidak perlu stok produknya. Hanya perlu mempromosikan saja melalui konten di Instagram.

Untuk sukses dalam affiliate marketing, pastikan Sobat MEA memiliki banyak followers. Karena banyaknya klik dari followers menentukan keberhasilan penjualan. Sobat MEA juga harus pandai mengarahkan followers supaya membeli atau menggunakan kode. 

Berbagi Ilmu

Jika ahli dalam suatu bidang, Sobat MEA bisa dapat uang dengan berbagi ilmu mengenai bidang tersebut. Cara ini ini tidak perlu banyak modal. Sobat MEA hanya perlu menyiapkan pengetahuan yang terkait, lalu bagikan kepada pengguna lainnya. 

Untuk membagikan hal ini, bisa berbentuk ebook atau mengadakan webinar melalui IGTV. Nah, jika penyampaian dan kontennya menarik, bukan tidak mungkin Sobat MEA bisa menjalin kerjasama dengan brand yang terkait bidang tersebut.

Menawarkan Jasa

Cara melakukan monetisasi Instagram selanjutnya, Sobat MEA bisa menawarkan jasa sesuai keahlian. Misalnya, Sobat MEA ahli dalam membuat Feed Instagram yang unik dan rapi. Online Shop bisa tertarik untuk menggunakan jasa ini karena banyak yang masih belum menguasai ilmu desain. 

Padahal Online Shop juga perlu tampilan Feed Instagram yang menarik agar lebih mudah mencuri perhatian pembeli atau menambah followers. Jika pandai dalam memotret, Sobat MEA juga bisa banget menghasilkan uang dari jasa pemotretan produk.

Cobalah mulai dari membanderol 50rb/foto. Jika ada 50 followers meminta untuk ambil foto produknya, tentunya Sobat MEA bisa menjadi keuntungan tersendiri.

Jadi, tertarik untuk dapat uang dari Instagram? Pastikan Sobat MEA sudah memenuhi syarat terlebih dahulu, ya. Selain itu, pastikan Sobat MEA sudah siap untuk konsisten membuat konten yang ciamik. Ingat, kunci sukses ada di konsistensi. Selamat berkarya!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.