2 Langkah Cara Mengisi SKU Penjual di TikTok Shop dengan Mudah

Cara Mengisi SKU Penjual di TikTok

Sobat MEA disarankan untuk mengetahui cara penerapan SKU di TikTok Shop dengan benar. Pastikan dibuat hingga pelanggan dapat membaca kode SKU dengan jelas. Hal ini penting untuk memudahkan pelanggan saat berbelanja di tokomu.

Kembali pada pembahasan, kita akan membahas mengenai SKU, manfaat sampai cara mengisi SKU penjual di TikTok Shop yang bisa menarik pelanggan. Dari pada penasaran, yuk langsung simak aja penjelasan selengkapnya di artikel ini!

Table of Contents

Cara Umum Membuat SKU Produk di TikTok

Mau belajar jualan di TikTok Shop?
Yuk gabung di Komunitas Seller TikTok GRATIS!

Pembuatan SKU atau stock keeping unit cukup mudah. Sobat MEA cukup memasukkan kode kategori. Contohnya, saat menjual produk fashion, Sobat MEA bisa memasukkan jenis barang untuk kode unik awal, yang diikuti dengan detail produk selanjutnya seperti ukuran warna. Ini berfungsi untuk membedakan keterangan dan label produk dari setiap jenis produk yang dijual. 

Contoh: SKU pramuka dengan kode BLS-M-PINK-01. BLS adalah kode untuk Blouse. M adalah ukuran dari blouse tersebut. PINK adalah kode untuk warna. Dan 01 adalah variasi untuk motif bunga. Sobat MEA juga bisa membuat nomor SKU dengan alternatif lain yang lebih mudah diingat dan diaplikasikan untuk produk sendiri.

2 Langkah Cara Mengisi SKU Produk di TikTok Shop

cara mengisi SKU penjual di tiktok

Ada 2 langkah yang harus Sobat MEA lakukan. Salah satu caranya yaitu mendaftar sebagai penjual lalu upload produk secara online di e-commerce TikTok Shop. Oke dari pada Sobat MEA bingung, langsung aja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Membuat Akun TikTok Shop di TikTok Seller Center

Sebelum mengisi SKU penjual di TikTok, pastikan Sobat MEA sudah mengaktifkan akun TikTok Seller terlebih dahulu agar bisa mengunggah produk di TikTok. Nah berikut langkah-langkah yang bisa Sobat MEA ikuti untuk mengaktifkan akun di TikTok Seller Center

Buka Situs TikTok Seller Center Lewat Browser

Sobat MEA bisa membuka situs TikTok Seller Center di perangkat yang digunakan. Kemudian Sobat MEA harus mendaftarkan akun sebagai akun penjual. Sobat MEA bisa menggunakan akun pribadi atau membuat akun baru khusus untuk bisnis.

Login Atau Buat Akun TikTok Seller Baru

Jika Sobat MEA sudah memiliki akun, Sobat MEA bisa langsung login ke TikTok Seller Center. Kalau belum, Sobat MEA bisa mengklik opsi Sign up with TikTok Account. Nah kalau belum memiliki akun TikTok, Sobat MEA bisa membuat akun TikTok Seller dengan menggunakan nomor HP atau email.

Lengkapi Informasi Toko

Setelah berhasil login atau membuat akun, Sobat MEA akan dibawa ke halaman yang perlu diisi. Sobat MEA wajib mengisikan detail bisnis seperti alamat toko yang lengkap, nama contact person, dan nomor yang bisa dihubungi. Jika sudah diisi, klik Start to Add Products.

Lakukan Verifikasi TikTok Shop

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan verifikasi akun dengan cara klik Verify Document. Setelahnya, Sobat MEA bisa klik tombol Upload Documents. Pilih tipe bisnis Sobat MEA, apakah merupakan bisnis korporat atau pribadi.

Untuk dokumen yang dibutuhkan sendiri yaitu foto KTP yang bisa Sobat MEA unggah dengan format .pdf, .jpeg, .jpg, atau .png. Pastikan ukurannya nggak melebihi 10MB, ya. Setelah itu, klik “Submit”.

2. Cara Mengisi SKU Penjual di TikTok

Naikin penjualan di TikTok tanpa mikir konten
Dengan pakai Jasa Kelola TikTok yang dipegang oleh tim profesional kami!

Setelah akun TikTok Seller Center diaktifkan, Sobat MEA bisa mulai upload produk di TikTok dan langsung mengisi SKU. Nah berikut ni adalah cara pengisian SKU penjual di TikTok Shop dari awal sampai akhir. Yuk langsung simak aja!

Upload Produk Ke TikTok Shop

  1. Untuk upload produk di TikTok, login ke akun Seller Center TikTok Shop. Sobat MEA bisa masuk ke halaman Beranda, kemudian pilih Produk dan klik Tambah Produk.

2. Isi informasi dasar. Sobat MEA harus mengisi informasi dasar. Informasi ini berupa produk, kategori, merek gambar dan deskripsi produk. Jika sudah, Sobat MEA bisa langsung memilih tombol Terbitkan.

Singkronkan SKU Produk TikTok

Jika semua produk sudah berhasil diunggah, langkah selanjutnya adalah melakukan sinkronisasi SKU, stok barang, dan harga produk agar setiap perubahan dapat dilakukan secara otomatis. Sobat MEA bisa sinkronisasi produk TikTok Shop dengan menggunakan berbagai fitur pihak ketiga. Berikut cara untuk mengisi SKU penjual di TikTok Shop buat Sobat MEA yang belum memiliki SmartSeller

  • Pertama, buka fitur singkronisasi SKU
  •  Klik tombol Integrasi.
  • Lalu klik TikTok Shop.
  • Klik tombol Impor/Sync Produk di TikTok Shop yang ingin diimpor.
  • Klik Ya, impor.
  • Sistem manajemen inventaris akan mengimpor produk Sobat MEA dari akun TikTok Shop tersebut. Sistem juga akan memberitahukan bahwa proses impor telah berhasil dilakukan.
  • Setelah sistem berhasil mengimpor, Sobat MEA dapat melihat produk-produk pada menu Produk lalu Daftar Produk.
  • Langkah selanjutnya, Sobat MEA bisa buat master produk termasuk SKU secara mendetail.

Itu dia pengertian SKU hingga cara mengisi SKU penjual di TikTok Shop yang biasa digunakan untuk mengidentifikasi daftar invoice dan pemesanan.  

Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA yang ingin menjalankan bisnis di TikTok Shop. Akhir kata, salam satu juta pembeli!

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.