Jangan Panik, Simak Nih 8 Cara Mengembalikan Akun Shopee yang Hilang!

by Viki
cara mengembalikan akun shopee yang hilang

Belanja online telah menjadi tren yang semakin populer di era digital ini. Salah satu platform e-commerce yang sangat populer di Indonesia adalah Shopee. Meski banyak fitur menarik di dalamnya, terkadang pengguna menghadapi masalah dengan akun mereka, seperti akun yang hilang atau terblokir. Lantas bagaimana cara mengembalikan akun Shopee yang hilang?

Table of Contents

Ingin Belajar Jualan Laris di Shopee GRATIS?
Yuk, gabung komunitas seller Shopee MEA! Kamu akan dibimbing mengenai cara jualan yang laris, tips n trick, sampai informasi dan insight terbaru soal bisnis bersama mentor berpengalaman!

Sama seperti e commerce lainnya, pengguna Shopee juga perlu mendaftarkan diri untuk mendapatkan akun. Tapi ada kalanya mereka lupa dengan akun sendiri atau bahkan mengalami akun Shopee hilang.  

Jika sudah begini, pengguna pun akan kesulitan untuk berbelanja ataupun berjualan. Tapi sebenarnya tidak ada yang perlu Sobat MEA khawatirkan. Sobat MEA bisa mengatasinya melalui beberapa cara mengembalikan akun Shopee yang hilang pada penjelasan yang akan MiMe bagikan di bawah ini. 

Cara Mengembalikan Akun Shopee yang Hilang

Apakah Sobat MEA pernah atau sedang mengalami akun Shopee hilang? Jangan panik. Pada aplikasi Shopee, memang sering terjadi gangguan akun yang dialami pengguna. Contohnya akun Shopee yang menghilang, sering log out sendiri, ataupun lupa password yang telah dibuat. Hal ini tentu dapat menimbulkan ketakutan tersendiri di era yang rentan peretasan ini. 

Berikut panduan adalah 8 langkah dalam bagaimana cara mengembalikan akun Shopee yang hilang, antara lain:

1. Kontak Layanan Pelanggan

2. Persiapkan Informasi Penting

Sebelum menghubungi layanan pelanggan Shopee, pastikan Sobat MEA memiliki beberapa informasi penting yang akan membantu proses verifikasi dalam cara mengembalikan akun Shopee yang hilang.

Persiapkan informasi seperti nama pengguna, alamat email terdaftar, nomor telepon terdaftar, dan rincian pesanan terakhir yang Anda lakukan. Semakin lengkap informasi yang diberikan, semakin mudah bagi tim Shopee untuk memverifikasi kepemilikan akun Sobat MEA.

3. Verifikasi Identitas

cara mengembalikan akun shopee yang hilang

Setelah menghubungi layanan pelanggan Shopee, langkah selanjutnya adalah pihak Shopee akan meminta Sobat MEA untuk melakukan verifikasi identitas. Proses ini bertujuan untuk mempercepat cara mencari akun Shopee yang hilang.

Selain itu, hal ini juga dilakukan untuk memastikan bahwa Sobat MEA adalah pemilik sah akun yang hilang. Verifikasi identitas biasanya melibatkan pengiriman dokumen, seperti foto KTP atau foto diri dengan KTP. Pastikan Sobat MEA mengikuti instruksi dengan cermat dan memberikan dokumen yang valid sesuai permintaan pihak Shopee.

4. Ubah Kata Sandi

Setelah akun berhasil dikembalikan, langkah berikutnya yang harus Sobat MEA lakukan adalah mengubah kata sandi. Ini penting dilakukan agar akun tidak hilang lagi dan Sobat MEA tidak perlu mencari tahu bagaimana cara mencari akun Shopee yang hilang.

Pastikan kata sandi baru yang dipilih kuat dan tidak mudah ditebak. Menggunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol akan meningkatkan keamanan akun. Selain itu, hindari menggunakan kata sandi yang sama dengan platform lain yang Sobat MEA gunakan untuk menghindari kebocoran data.

5. Tingkatkan Keamanan Akun

Jasa Manajemen Shopee Profesional

Gak punya banyak waktu untuk urus toko dan takut keteteran? Serahkan saja pada kami! Biar tim hebat kami yang bantu penjualanmu sampai melesat~

Selain melakukan cara mengembalikan akun Shopee yang hilang dan mengubah kata sandi, ada beberapa langkah lain yang dapat Sobat MEA lakukan untuk meningkatkan keamanan akun Shopee. Aktifkan fitur keamanan yang dapat  aktifkan di akun Shopee, seperti Autentikasi Dua Faktor (2FA).

Artikel Terkait  Cara Mencari Supplier Tangan Pertama Di Shopee. Cuan Buat Dropshipper!

Dengan mengaktifkan 2FA, setiap kali login ke akun, Sobat MEA akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS atau aplikasi autentikasi. Hal ini menjaga keamanan akun Sobat MEA karena selain memasukkan kata sandi, pelaku yang tidak sah juga memerlukan akses ke HP atau kode autentikasi yang unik.

6. Perbarui Informasi Kontak

Pastikan bahwa informasi kontak yang terhubung dengan akun Shopee Sobat MEA selalu diperbarui. Ini termasuk nomor telepon dan alamat email terdaftar.  Jika ada perubahan, segera perbarui di pengaturan akun. Informasi kontak yang valid akan memudahkan Sobat MEA untuk menerima pembaruan dan notifikasi terkait keamanan akun. 

7. Hindari Phishing dan Serangan Malware

Phishing adalah praktik penipuan di mana pelaku mencoba mendapatkan informasi pribadi, seperti kata sandi atau nomor kartu kredit, dengan menyamar sebagai entitas tepercaya. 

Hindari mengklik link yang mencurigakan atau memasukkan informasi pribadi melalui email atau situs web yang tidak terverifikasi. Selalu pastikan Sobat MEA mengakses situs Shopee melalui tautan atau aplikasi resmi.

Selain itu, pastikan perangkat Sobat MEA dilindungi dari serangan malware dengan menginstal perangkat lunak keamanan yang terkini dan memperbarui sistem operasi secara teratur. Hindari mengunduh aplikasi atau file yang mencurigakan dan pastikan untuk memverifikasi keaslian aplikasi Shopee sebelum menginstalnya.

8. Lakukan Pemantauan Transaksi

Selalu periksa riwayat transaksimu secara teratur untuk memastikan tidak ada aktivitas yang mencurigakan atau tidak sah. Jika Sobat MEA melihat transaksi yang tidak dikenali atau mencurigakan, segera hubungi layanan pelanggan Shopee dan laporkan masalah tersebut. Mereka akan membantu mengamankan akun Sobat MEA dan menginvestigasi transaksi yang mencurigakan.

Tapi perlu Sobat MEA ingat, proses pengembalian akun Shopee yang hilang membutuhkan waktu dan kesabaran. Setelah Sobat MEA memberikan informasi dan melakukan verifikasi identitas, tim Shopee akan memeriksa dan memproses permintaan Sobat MEA. 

Artikel Terkait  Merapat, Begini 3 Cara Menukar Koin Shopee Menjadi ShopeePay

Hal ini mungkin memakan waktu beberapa hari atau lebih tergantung pada tingkat kerumitan masalah yang Sobat MEA hadapi. Tetap bersabar dan periksa kotak masuk email Anda secara teratur untuk mendapatkan pembaruan terkait proses pemulihan akun. 

Cara Mengembalikan Akun Shopee yang Sudah Dihapus

cara mengembalikan akun shopee yang hilang

Setelah mengetahui bagaimana cara mengembalikan akun Shopee yang hilang, tidak sedikit pula pengguna yang mencari tahu bagaimana cara mengembalikan akun Shopee yang sudah dihapus. Perlu diingat bahwa sekali akun Shopee dihapus, maka Sobat MEA tidak bisa mengembalikan dan melihat riwayatnya lagi. Bahkan pihak Shopee bisa menolak pengajuan untuk pembuatan akun baru di masa mendatang. Jadi, pastikan Sobat MEA berpikir dengan matang terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menghapus akun Shopee, ya.

Meskipun Sobat MEA tidak bisa melakukan cara mengembalikan akun Shopee yang terhapus, namun Sobat MEA tetap bisa membuat akun ulang dari awal baik melalui aplikasi maupun situs Shopee, kok. Sobat MEA hanya perlu menyiapkan alamat email dan nomor telepon yang berbeda dari akun yang sudah dihapus sebelumnya. 

Jadi, begitu ya, Sobat MEA. Mengingat pentingnya keamanan akun Shopee, sangat disarankan untuk mengikuti cara mengembalikan akun Shopee yang hilang untuk melindungi akun dari akses yang tidak sah. 

Harap waspada terhadap praktik-praktik penipuan dan jangan pernah memberikan informasi pribadi kepada pihak yang tidak sah. Dengan langkah-langkah yang tepat, akun Shopee Sobat MEA dapat kembali dan keamanannya terjaga di masa depan. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment