Cara Mendapatkan Winning Campaign FB Ads

Winning Campaign FB Ads – Sebagai penjual online, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan iklan Facebook atau Facebook Ads. Di dalam Facebook Ads, terdapat banyak fitur yang bisa kamu gunakan untuk menjangkau sebanyak mungkin target pasar atau audiens untuk produk yang kamu jual. Tapi, kamu sudah tahu belum caranya agar kamu mendapatkan winning campaign di Facebook Ads.

Sebelum membahas lebih lanjut, kamu perlu tahu dulu nih apa maksud dari winning campaign Facebook Ads itu sendiri. Jadi, winning campaign Facebook Ads adalah sebuah keberhasilan sebuah iklan dalam menghasilkan penjualan.

Misalnya, modal kamu dalam membuat iklan adalah 150 ribu, kemudian kamu melakukan tes iklan tersebut dalam jangka waktu satu hari. Jika hari berikutnya iklan tersebut mampu menghasilkan penjualan dengan hasil dua kali lipat dari modal iklan, maka iklan tersebut bisa disebut dengan winning campaign Facebook Ads.

Jadi, inti dari winning campaign Facebook Ads ini adalah seberapa efektifkah iklan yang kamu buat untuk menaikkan penjualan kamu hingga berkali-kali lipat namun dengan modal yang minim. Siapa sih pebisnis online yang nggak tergiur dengan konsep winning campaign Facebook Ads ini? Dengan modal sedikit, bisa mendapatkan hasil selangit.

Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai cara agar kamu bisa melakukan tes analisa untuk mencapai winning campaign Facebook Ads dengan membuat iklan dengan berbagai macam angle dalam satu produk hingga apa saja yang perlu kamu analisa dalam membuat iklan di Facebook Ads.

Mau belajar cara beriklan yang efektif & menguntungkan?

Satu satunya kelas online yang bakal bantu evaluasi perkembangan kamu sampe sukses

Seleksi Angle Untuk Mencapai Winning Campaign Facebook Ads

Ketika membuat iklan, kamu harus mampu mempersuasi calon konsumen agar tertarik ketika membaca iklan produk kamu. Ketika mereka sudah mulai tertarik, mereka akan melakukan tindakan selanjutnya yang kamu masukkan di iklan tersebut. Bisa berupa chat melalui WA, atau langsung klik ke landing page, atau ke marketplace. Jadi, untuk mencapai winning campaign Facebook Ads, diperlukan sedikit kemampuan copywriting. Tenang, bakal kami ajarin juga kok.

Selanjutnya adalah membuat angle iklan. Yang dimaksud dengan angle iklan ini sendiri adalah kamu perlu membuat beberapa sudut pandang dari produk kamu agar mampu menarik perhatian konsumen. Mungkin kamu berpikir, memangnya ini perlu dan beneran ngaruh ya? Jelas, dong! Apalagi jika target pasar kamu tidak hanya terdiri dari satu kelompok orang saja.

Terus, gimana sih caranya nentuin angle iklan ini? Bakalan kami jelasin di bawah ini.

1. Tentukan target iklan

Menentukan target pasar adalah hal wajib bagi setiap pebisnis baik pebisnis online maupun offline agar produk mereka dibeli oleh konsumen yang tepat dan membutuhkan. Jika kamu belum menentukan target pasar, tentunya kamu akan kesulitan dalam menentukan target iklan karena inilah inti dari mencapai winning campaign Facebook Ads.

Untuk menjelaskan mengenai pembuatan angle iklan selanjutnya, kami akan menggunakan contoh agar kamu semakin mudah mengerti konsep pembuatan angle iklan ini. Misalnya produk yang kamu jual adalah tas. Seperti yang kita ketahui, produk tas ada bermacam-macam jenis dan memiliki fungsinya masing-masing. Nah kamu fokuskan saja produk tas yang kamu jual ini akan kamu tawarkan kepada siapa saja untuk membuat winning campaign Facebook Ads.

Jika kamu menjual tas untuk wanita, kamu juga harus menentukan apakah tas itu untuk anak-anak sekolah, anak kuliahan, ibu rumah tangga, atau wanita karir. Produk yang kamu tawarkan memang harus memiliki target pasar yang spesifik agar bisa membuat iklan yang pas dan winning campaign Facebook Ads bisa tercapai dengan cepat.

Katakanlah tas kamu ingin kamu jual ke PNS, guru, dan tenaga kesehatan. Tentunya kamu sudah bisa langsung membayangkan kan jenis iklan seperti apa yang akan kamu buat dan bagaimana copywritingnya? Nah, itulah pentingnya menentukan target pasar dalam pembuatan iklan dalam winning campaign Facebook Ads.

2. Unique Selling Point

USP atau Unique Selling Point adalah keunggulan dari produk kamu dibandingkan produk kompetitor yang serupa atau sama. Kamu perlu memasukkan USP ini ke dalam headline atau deskripsi iklan untuk semakin menarik perhatian konsumen. Jika dari kalimat pertama iklan kamu sudah mampu membuat konsumen lanjut membaca iklan, maka iklan kamu berpotensi menjadi winning campaign Facebook Ads.

Hal yang disukai oleh konsumen adalah ketika mereka membaca iklan yang langsung memberikan solusi atas kebutuhan mereka, atau iklan yang relate atau nyambung dengan masalah yang mereka hadapi. Nah penjelasan lebih lanjut mengenai USP agar bisa meraih winning campaign Facebook Ads akan dibahas lebih mendalam di poin selanjutnya.

3. Buat Angle

Gongnya nih. Membuat angle atau sudut pandang dari berbagai latar belakang memang sering disepelekan oleh para pebisnis online. Tidak sedikit iklan yang hanya mencantumkan headline yang berupa permintaan untuk membeli kemudian di bawahnya hanya mencantumkan foto produk. Hal ini tidak informatif sama sekali untuk konsumen. Untuk itu, headline yang menarik sangat diperlukan dalam membuat winning campaign Facebook Ads.

Kalau kamu ingin menjual tas untuk PNS, guru, atau tenaga kesehatan, kamu perlu tahu dulu apa yang mereka inginkan dari sebuah tas. Misalnya kamu ingin menjual untuk guru nih. Terkadang kan mereka perlu membawa laptop ke sekolah, tetapi ribet kalau harus membawa tas laptop. Nah kamu bisa menawarkan solusi bahwa tas kamu ini kuat dan muat untuk membawa laptop. 

Atau kamu ingin menjual untuk PNS yang ingin menggunakan tas elegan dan limited edition dengan harga terjangkau. Kamu bisa membuat headline yang singkat dan menarik dengan topik tersebut. Jangan lupa juga untuk menyisipkan CTA, bisa berupa langsung kunjungan ke landing page atau marketplace. Simpel kan? Cara mudah ini bisa mengantarkanmu untuk mendapatkan winning campaign Facebook Ads.

Tiga tahapan tadi adalah langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk membuat iklan Facebook yang menarik. Masih ada tahapan lanjutan lagi agar iklan kamu bisa bertahan dan mendapatkan semakin banyak konsumen dengan winning campaign. Tes analisa adalah hal yang perlu kamu lakukan untuk tahapan selanjutnya.

Tes Analisa Winning Campaign Facebook Ads

Kita masih akan menggunakan pengandaian jualan tas ya agar lebih mudah untuk dijelaskan. Nah, seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa kamu menjual tas wanita untuk PNS, guru, dan tenaga kesehatan, itu artinya kamu perlu membuat campaign atau iklan yang berbeda-beda karena targetnya pun tidak sama.

Mengapa demikian? Karena iklan yang kamu tujukan kepada PNS belum tentu akan berhasil menarik perhatian guru dan tenaga kesehatan. Begitu pula sebaliknya. Pembuatan winning campaign Facebook Ads memang sedikit menantang pada bagian ini karena kamu diminta untuk memahami masalah konsumen dan bagaimana produk kamu akan memecahkan masalah itu.

Jika kamu khawatir bahwa iklan untuk satu produk dengan berbagai macam angle akan membuat biaya iklan kamu membengkak, kamu harus buang pikiran itu jauh-jauh. Karena seperti yang sudah kami sebutkan di awal bahwa pembuatan iklan ini memerlukan sedikit biaya tapi dapat menghasilkan penjualan berlipat jika winning campaign Facebook Ads tercapai. Kamu bisa membuat iklan dengan berbagai macam angle hanya dengan budget untuk satu iklan saja. Menggiurkan bukan?

Setelah memasang iklan, kamu hanya perlu menunggu hasil analisa dari Facebook Ads. nantinya, Facebook Ads akan menentukan iklan mana yang yang paling bagus dan layak untuk dilanjutkan. Nah iklan terbaik inilah yang nantinya akan menghasilkan CTR tertinggi dan Landing Page Views kamu juga naik sehingga mampu melakukan penjualan. Jika sudah demikian, itu artinya kamu sudah mendapatkan winning campaign Facebook Ads.

Terus, bagaimana dengan iklan yang jelek dan tidak menghasilkan CTR maupun kunjungan ke Landing Page? Gampang banget. Kamu hanya perlu melakukan analisis terhadap iklan-iklan kamu yang berhasil sebelumnya dan contoh konsepnya. Kemudian, kamu bisa mengganti iklan yang kurang bagus tadi dengan iklan baru yang lebih menarik. Atau, kamu bisa hentikan iklan itu sekaligus jika memang tidak ada potensi untuk menjadi winning campaign Facebook Ads.

Berarti rugi dong kalau iklannya gagal? Jangan lihat dari sudut pandang yang negatif sobat MEA, justru kamu jadi semakin mengerti jenis iklan seperti apa yang paling diminati oleh konsumen kamu.

Apakah jika sudah mendapatkan winning campaign Facebook Ads, berarti tugas kita dalam memasang iklan sudah selesai? Oh tentu belum. Kamu perlu melakukan analisis lanjutan agar lebih mudah untuk mendapatkan winning campaign Facebook Ads dalam pembuatan iklan Facebook selanjutnya.

Pengen ngiklan tapi bingung?

Pakai jasa agensi kami untuk bantu ngiklanin jualan kamu!

Analisis Lanjutan Setelah Winning Campaign Facebook Ads

1. CTR (Click Through Rate)

CTR adalah seberapa banyak orang yang meng-klik link di iklan yang kamu cantumkan. Jika link di klik oleh banyak konsumen, itu artinya copywriting yang kamu gunakan dalam iklan sudah bagus dan mampu menarik perhatian konsumen dengan baik.

Berikut adalah hasil data CTR dari iklan kami dengan menggunakan 5 angle yang berbeda untuk satu produk yang sama.

winning campaign fb ads

Seperti yang bisa kamu lihat, hasil tertinggi adalah sebanyak 16.81% orang yang mengklik iklan kami. Itu artinya angle dengan copywriting terbaik yang mampu menghasilkan impresi tertinggi dan mampu mencapai winning campaign Facebook Ads.

2. Landing Page View

Setelah mengetahui seberapa banyak konsumen yang mengklik link, kamu juga bisa mengetahui ada berapa banyak konsumen yang mengunjungi Landing Page kamu untuk melihat produk yang kamu tawarkan.

Berikut adalah Landing Page View lanjutan dari CTR kami diatas.

Total ada lebih dari 600 orang yang mengunjungi Landing Page kami dalam satu hari! Bayangkan jika iklan yang kamu buat bisa menghasilkan kunjungan sebanyak itu.

3. Pembelian

Konsumen akan tertarik untuk membeli jika visual mereka dipuaskan oleh foto produk yang menarik. Nah jika landing page kamu tidak mampu menampilkan itu, maka iklan yang kamu buat juga akan sia-sia. Untuk itu, perlu sekali membuat tampilan landing page yang menarik agar konsumen langsung melakukan pembelian.

Mau belajar cara beriklan yang efektif & menguntungkan?

Gabung kelas Gampang Ngiklan di FB & IG. Satu satunya kelas online yang bakal bantu evaluasi perkembangan kamu sampe sukses

Tertarik Untuk Mencoba?

Bagaimana sobat MEA? Artikel ini panjang dan informatif banget kan? Ingin mendapatkan informasi mengenai Facebook Ads atau digital marketing Kamu bisa gabung ke Kelas Online kami sekarang!

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *