4 Cara Memunculkan Marketplace di Facebook, Lebih Mudah Jualan!

cara memunculkan marketplace di facebook

Sobat MEA pengen coba jualan di Facebook Marketplace? Alangkah lebih baik Sobat MEA paham betul tentang cara memunculkan marketplace di Facebook terlebih dahulu. Karena dengan marketplace Facebook, jualan kamu bisa lebih cuan loh.

Facebook Marketplace memberikan kemampuan untuk menjual dan membeli produk secara digital melalui platform sosial Facebook, memungkinkan kamu terhubung dengan jutaan pengguna potensial yang dapat menjadi pelanggan. Selain meningkatkan jangkauan, berbagai keuntungan menarik juga dapat dinikmati ketika berjualan di Facebook.

Cara memunculkan marketplace di Facebook terbilang cukup mudah-mudah susah, karena ada beberapa bagian yang sulit untuk dimunculkan, seperti halnya ikon marketplace pada akun Facebook baru.

Meski demikian, kesuksesan dalam berjualan di Facebook Marketplace memerlukan pemahaman tentang cara memunculkan marketplace di Facebook serta merancang strategi yang tepat dan efektif dalam menonjolkan kehadiran produk yang akan di jual. Berikut beberapa tips dan langkah-langkah yang dapat Sobat MEA terapkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Table of Contents

Alasan Ikon di Facebook Marketplace Tidak Muncul

Mau belajar jualan online di Facebook yang baik dan benar?
Yuk langsung aja gabung di Komunitas Bisnis Online MEA. GRATIS!

Sebelum Sobat MEA tahu cara memunculkan marketplace di Facebook, penting untuk paham mengapa ikon Facebook Marketplace mungkin tidak muncul. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebabnya. Nah berikut ini adalah beberapa penyebabnya:

  1. Usia: Untuk mengaktifkan ikon marketplace, pastikan kamu berusia minimal 18 tahun. Ini karena dianggap usia dewasa dan dapat mengambil keputusan sendiri.
  2. Daftar Negara: Periksa apakah negara tempat tinggalmu didukung oleh Facebook untuk berjualan dan membeli. Indonesia termasuk negara yang mendukung fitur Facebook Marketplace.
  3. Akun: Jika akun Facebook-mu masih baru atau belum melakukan langkah awal, mungkin belum bisa mengaktifkan fitur marketplace. Pastikan juga kamu tidak melakukan spam di Facebook.

4 Cara Memunculkan Marketplace di Facebook

Saatnya toko kamu hasilkan omzet besar di tahun 2024!
Yuk konsultasi dan kerja bareng tim marketplace profesional MEA Digital Marketing sekarang juga!

Setelah mengetahui penyebab fitur marketplace tidak muncul, saatnya kita membahas bagaimana cara memunculkan marketplace Facebook. Nah, berikut adalah langkah-langkah dan cara memunculkan mdi Facebook, yang saya ambil dari situs resmi Facebook:

1. Cara Memunculkan Marketplace di Facebook via Aplikasi

  • Klik ikon Tiga Garis di pojok kanan atas.
  • Pilih opsi Marketplace. Jika tidak terlihat, klik opsi Lihat Lainnya.
  • Pilih ikon Orang, klik ikon Lonceng, dan pilih menu Pengaturan.
  • Klik opsi Aktifkan atau Nonaktifkan.

2. Cara Memunculkan Marketplace di Facebook via Website

  • Buka menu Pengaturan.
  • Pilih opsi Notifikasi, lalu pilih opsi Di Facebook.
  • Pilih opsi Marketplace, dan klik opsi Edit.
  • Selanjutnya, klik opsi Aktifkan dan jangan lupa untuk menyimpan perubahan.

3. Cara Memunculkan Marketplace via Facebook Lite

cara memunculkan marketplace di facebook
  • Klik ikon Tiga Garis yang berada di pojok kanan atas.
  • Lalu, pilih opsi Marketplace. Jika tidak terlihat, klik opsi Lihat Selengkapnya.

4. Cara Memunculkan Marketplace di Facebook dengan Akun Baru

  • Sesuaikan negara pengaturan kamu dengan negara yang didukung oleh marketplace Facebook.
  • Pastikan Sobat MEA memiliki beberapa teman di Facebook untuk meningkatkan kredibilitas akun.
  • Bergabunglah dengan beberapa grup jual beli di Facebook untuk memperluas jangkauan.
  • Mulailah mengunggah beberapa iklan di grup jual beli Facebook untuk menarik perhatian calon pembeli.
  • Setelah 2-3 hari, ajukan permintaan untuk mengaktifkan ikon marketplace di akun Facebook kamu alias request Facebook Marketplace.

5 Keuntungan Berjualan di Facebook Marketplace

Jika kita sudah bisa mengetahui cara memunculkan Marketplace di Facebook, tentunya langkah selanjutnya adalah dengan berjualan di platform tersebut.

Berjualan di Facebook Marketplace memiliki beberapa alasan rasional yang bisa Sobat MEA rasakan, alasan-alasan ini juga dapat menjadi dorongan untuk memanfaatkannya.

Berjualan di Facebook Marketplace juga dapat memberikan sejumlah keuntungan kepada penjual, tidak peduli seberapa besar skala bisnismu, apakah itu bisnis kecil, menengah, atau besar. Nah berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa Sobat MEA dapatkan dari berjualan lewat Facebook Marketplace:

1. Jangkauan Luas Bagi Pengguna

Marketplace Facebook memiliki basis pengguna yang sangat besar. Dengan berjualan di sana, Sobat MEA dapat mencapai jutaan orang yang aktif menggunakan platform ini untuk berinteraksi dan berbelanja.

2. Gratis juga Mudah di Akses

Facebook Marketplace memberikan platform jual-beli secara gratis dan mudah diakses. Tidak ada biaya pendaftaran atau biaya penempatan iklan yang signifikan, membuatnya sesuai untuk usaha kecil atau individu yang ingin memulai berjualan online.

3. Percakapan Langsung dengan Pembeli

Melalui fitur komentar dan pesan, Sobat MEA dapat berkomunikasi langsung dengan calon pembeli. Hal ini justru memudahkan untuk memberikan informasi tambahan, menjawab pertanyaan, dan membangun hubungan yang lebih personal dengan pelanggan potensial.

4. Targeting yang Tertuju

Marketplace Facebook memungkinkan kamu untuk menargetkan audiens lokal. Jika bisnismu lebih fokus pada pasar lokal, ini dapat menjadi keuntungan besar karena lebih mudah menjangkau calon pembeli di daerah sekitarmu.

5. Keamanan dan Kepercayaan

Sebagian besar pengguna Facebook telah membangun profil yang terkait dengan identitas mereka. Ini dapat meningkatkan tingkat kepercayaan dalam transaksi online, karena pembeli dan penjual dapat melihat profil satu sama lain, ulasan, dan sejarah aktivitas.

Berikut adalah beberapa langkah untuk meningkatkan penjualan di Facebook Marketplace. Dengan cara memunculkan marketplace di Facebook juga Sobat MEA dapat meraih keuntungan besar. Semoga saja artikel ini dapat membantu Sobat MEA semua ya. Akhir kata, salam satu juta pembeli!

You May Also Like

About the Author: Bagus Alhadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.