Definisi, Kelebihan, dan Strategi Cuan dari Facebook Marketplace Indonesia

facebook marketplace indonesia

Siapa sih yang nggak kenal Facebook? Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti sudah familiar dengan Facebook dan memiliki setidanya satu akun facebook. Namun tahukah kamu? Selain berfungsi sebagai media sosial untuk berinteraksi dengan orang-orang yang berjauhan, kini juga bisa digunakan untuk berjualan online dengan memanfaatkan Facebook Marketplace Indonesia.

Dan tahukah kamu? Indonesia menempati peringkat ketiga sebagai pengguna Facebook terbesar di dunia. Data dari situs Napoleon Cat menyatakan pengguna Facebook di Indonesia mencapai 202,2 Juta dan sebagian besarnya merupakan pengguna aktif yang bertransaksi di Facebook Marketplace Indonesia. Dalam hal ini, tentu saja berjualan di Facebook Marketplace Indonesia merupakan peluang besar untuk meraup omzet sebanyak-banyaknya.

cara jualan di marketplace luar negri

Penjelasan Tentang Facebook

Kita tentu sudah paham bahwa Facebook merupakan media sosial dengan pengguna terbesar dari seluruh dunia. Hal ini kemudian Facebook dimanfaatkan para penjual untuk memasarkan produknya melalui akun Facebooknya masing-masing.  Melihat fenomena tersebut, Facebook pun menghadirkan fitur khusus berjualan alias Marketplace sebagai toko online yang berisi penjual dengan berbagai produk.

Tentunya hal ini untuk memudahkan para pelaku bisnis online menjalankan kegiatan jual beli. Namun tidak cukup sampai di situ, agar sukses meraup omzet melimpah dari Facebook Marketplace, kita perlu mengetahui strategi jualan laris di Facebook Marketplace. 

Apa itu Facebook Marketplace?

Sebagaimana marketplace pada umumnya, salah satu fitur facebook yang satu ini bertujuan untuk memudahkan orang-orang menjual, membeli, ataupun sekadar mencari barang yang di inginkan. Jangkauan Facebook Marketplace ini sampai ke seluruh wilayah di Indonesia hingga luar negeri.

Namun Facebook Marketplace bukan merupakan aplikasi yang berdiri sendiri, tentunya masih terintegrasi dengan Facebook. Di Facebook Marketplace, kamu bisa menjual apapun secara online selama tidak melanggar kebijakan yang ditetapkan.

Berikut barang-barang yang tidak boleh dipromosikan di Facebook Marketplace

  • Produk yang tidak sesuai dengan gambar, untuk menjaga kepercayaan, setiap penjual harus menjual produk yang sesuai dengan apa yang ditawarkan pada gambar yang ditampilkan.
  • Tiket acara atau jasa, kamu tidak boleh menjual layanan atau tiket acara di Facebook Marketplace. Kecuali, jika produk kamu tersebut sudah mendapatkan izin dari pihak Facebook.
  • Barang fiktif, kamu tidak boleh menjual benda yang bersifat fiktif. Dalam hal ini, kamu tidak boleh menjual sesuatu yang tidak ada barang fisiknya untuk mencegah penipuan.
  • Alat kesehatan, kamu juga tidak boleh menjual alat-alat kesehatan di Facebook Marketplace.
  • Jual beli hewan, kamu juga tidak boleh menjual hewan mengajuan permintaan adopsi.

Strategi Jualan Laris di Facebook Marketplace Indonesia

Di Indonesia, berbelanja maupun berjualan secara online memang tengah menjadi tren yang sangat pesat. Para pebisnis online pun kemudian berbondong-bondong menciptakan produk dan penawaran sebagus-bagusnya kepada pelanggan konsumen. Mereka meyakini berjualan online merupakan cara yang praktis dan fleksibel untuk memperoleh cuan.

Namun pada faktanya, berjualan online memiliki banyak tantangan tersendiri dalam hal pemasarannya. Belum lagi mengenai kompetitor yang terus membludak setiap waktu. Oleh karena itu, kita perlu strategi agar terus mampu bersaing dalam berjualan online termasuk berjualan di Facebook Marketplace Indonesia. Lalu bagaimana strateginya?

1. Mempromosikan produk di grup jual beli di Facebook

Sebagai platform berjejaring yang sangat luas, Facebook juga menyediakan komunitas yang juga sangat luas. Maka kamu akan cukup mudah untuk menemukan banyak grup jual beli online dan turut mempromosikan produk jualan kamu agar dikenal oleh semakin banyak orang.

2. Mulai pelajari Copywriting dan Facebook Ads

Strategi selanjutnya adalah mempelajari fitur FB Ads agar bisa memasarkan produkmu dengan lebih efektif. Namun kamu perlu membayar sesuai paket yang kamu pilih. Kendati demikian, Facebook akan mem-boost produkmu kepada lebih banyak pengguna. Sehingga jangkauan bisnismu pun lebih luas dari sebelumnya. Agar lebih optimal, jangan lupa pelajari mengenai copywriting

3. Mencantumkan gambar produk yang menarik

Gambar merupakan daya tarik yang kuat bagi konsumen dan tentu saja menjadi pertimbangan mereka sebelum memutuskan untuk membeli atau tidak. Oleh karena itu, kamu sangat perlu untuk mencantumkan gambar yang menarik. Boleh diedit sedemikian rupa tapi usahakan sama dengan realita agar tidak dituding sebagai penipu.

4. Berikan deskripsi produk dengan rinci

Jangan sepelekan strategi ini. konsumen biasanya tidak tertarik pada produk yang tidak memiliki keterangan yang jelas. Hal tersebut membuat mereka tidak mendapatkan solusi yang dibutuhkan. Oleh karena itu, kamu juga perlu memberikan deskripsi produk yang lengkap dan terperinci.

5. Mengatur teman tertarget

Apabila kamu ingin fokus berbisnis, kamu bisa mengatur pertemanan  kamu dengan memilih teman yang berminat pada produkmu. Untuk mengetahuinya, kamu bisa melakukan voting atau membuat kuisioner. Setelah tahu target, Sobat MEA bisa memanfaatkan live streaming FB untuk jualan

6. Meriset kompetitor

Strategi selanjutnya tentu saja riset kompetitor. Penjual online juga perlu secara rutin melakukan evaluasi setiap bulan dengan melihat kelebihan dan kekurangan kompetitor, sehingga kamu tau strategi apa yang lebih baik untuk penjualan kamu kedepannya.

7. Melakukan Pelayanan yang Terbaik

Produk berkualitas tinggi saja tidak cukup. Kamu juga harus mengoptimalkan pelayanan agar konsumen puas dan membeli produkmu kembali, seperti pelayanan yang ramah atau respon chat yang cepat. Karena terkadang mereka bukan hanya ingin produk yang dijual, tapi juga kesan yang didapatkan.

cara membuat facebook ads lewat hp

Langkah Awal Memulai Jualan di Facebook Marketplace

Untuk mulai berjualan di Facebook Marketplace Indonesia sangatlah mudah. Kamu hanya perlu melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Login ke akun facebook kamu.
  2. Setelah itu klik fitur Marketplace.
  3. Klik “+ Jual Sesuatu”, lalu pilih Item yang ingin dijual.
  4. Pilih kategori (contoh: Fashion), dan cantumkan judul untuk daftar kamu, harga, dan lokasi kamu. Jangan lupa sertakan deskripsi produk yang ingin dijual.
  5. Unggah gambar yang sesuai dengan produk yang dijual maksimal 10 gambar.
  6. Klik Selanjutnya. Apabila selanjutnya berwarna abu-abu, pastikan Anda sudah memasukkan kategori, judul, harga, lokasi, dan foto.
  7. Pilih tempat untuk membagikan listing kamu. Apabila kamu ingin membagikannya hanya di Marketplace, maka klik Bersihkan.
  8. Klik “Terbitkan” untuk membagikan listing Marketplace kamu.

Kelebihan Facebook Marketplace

Perlu kamu ketahui, Facebook Marketplace memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki oleh marketplace lainnya. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan penggunanya yang ingin berjualan online secara lebih efektif. Berikut kelebihan-kelebihan Facebook Marketplace yang bisa kamu dapatkan:

  1. kamu tidak perlu membuat akun lain kamu hanya cukup menggunakan akun facebook awal untuk bisa mengoperasikan layanan tersebut.
  2. kamu tidak akan kesulitan untuk mencari pasar. Jangkauan pertemanan yang kamu miliki bisa menjadi lahan untuk kamu promosikan, sehingga tidak perlu membuat akun baru.
  3. Memiliki kemampuan untuk memfilter pasar. Hal ini tergantung banyaknya dan jenis pertemanan dalam Facebook. Oleh karena itu, kamu dapat menemukan pasar yang lebih strategis, sehingga proses penjualan lebih spesifik.
  4. Ketika target sudah terpasang, maka kamu pun bisa memperoleh penjualan yang lebih cepat dan lebih besar. Dan fitur ini belum dimiliki oleh marketplace lainnya.

Nah, itu dia penjelasan mengenai Facebook Marketplace dan Langkah Awal Berjualan di Facebook Marketplace sekaligus Cara Sukses Berjualan di Facebook Marketplace. Ingin mendongkrak penjualan lebih besar? Ikuti program Marketplace Management, untuk mendapatkan lebih banyak strategi cuan lainnya dari berbagai marketplace termasuk Facebook Marketplace.

Kelas Marketplace Gratis Untuk Jualan Laris

Yuk join sekarang!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.