Merasa Kecewa? Gini Cara Mengembalikan Barang di Lazada & Ketentuannya!

by Viki
cara komplain barang kurang di lazada

Sobat MEA mungkin pernah saat berbelanja di Lazada tapi merasa kecewa karena ada yang cacat pada barangnya. Tapi barang pembelian tersebut bisa di kembalikan kok. Dan tentunya MiMe akan menginformasikan cara mengembalikan barang di Lazada.

Tidak hanya Sobat MEA, beberapa pengguna lainnya juga terkadang ingin mengembalikan barang yang mereka beli di Lazada. Ada beberapa alasan tentunya dari pengembalian barang tersebut. Misalnya, barang yang tidak sesuai pesanan, ada kecacatan pada barang atau tidak utuh, atau alasan lainnya. 

Sebagai marketplace raksasa di Indonesia, Lazada tentunya ingin menjadi platform terpercaya bagi penggunanya. Lazada selalu ingin memberikan yang terbaik bagi penggunanya. Maka dari itu, telah tersedia berbagai cara mengembalikan barang di Lazada. Simak penjelasan di bawah ini untuk informasi selengkapnya. 

Cara Mengembalikan Barang di Lazada

cara mengembalikan barang di lazada

Melansir laman resmi Lazada, berikut langkah-langkah yang bisa diikuti untuk retur barang di Lazada, antara lain:

  1. Buka aplikasi Lazada di HP mu. 
  2. Pilih menu Akun atau ikon orang di pojok kanan bawah.
  3. lalu klik Lihat Semua Pesanan di bagian Pesanan Saya.
  4. Selanjutnya pilih produk yang ingin dikembalikan, pastikan status telah di terima. 
  5. Klik Pengembalian Saya dan isi detail yang dibutuhkan pada formulir pengembalian ke penjual.
  6. Pilih Alasan Pengembalian sesuai permasalahanmu, detail alasan atau yang mendekati, dan metode pengembalian dana.
  7. Lalu klik Kirim untuk konfirmasi pengiriman barang.
  8. Terakhir, tunggu konfirmasi dari penjual sampai batas waktu maksimal yang tertera pada halaman detail pengembalian. 
  9. Selesai! Jika di setujui, maka barang harus segera dikirimkan dan dana segera masuk melalui Lazada Credit.

Gabung Komunitas Bisnis di Lazada MEA

Untuk kamu yang ingin cepat cuan di Lazada. Ada berbagai ide, insight, serta bimbingan khusus yang bikin jualanmu laris manis di Lazada. GRATIS!!!

Lalu bagaimana cara mengembalikan barang di Lazada yang menggunakan sistem COD? Sebenarnya langkah-langkah yang Sobat MEA butuhkan tidak jauh berbeda dari sebelumnya. 

Artikel Terkait  Gratis Ongkir di Lazada? Gini Cara Mendapatkan dan Pakainya. 100% Anti Gagal!

Tapi untuk sistem COD juga perlu memastikan bahwa barang telah di terima dan sudah Sobat MEA konfirmasi penerimaannya di aplikasi. Jika tidak, penjual pun tidak akan memprosesnya. Lalu ajukan pengembalian, isi formulir pengembalian barang di Lazada, dan ikuti langkah-langkah selanjutnya. 

Dan tentunya ada beberapa ketentuan yang harus Sobat MEA penuhi untuk mengembalikan barang di Lazada. Meski produk sudah Sobat MEA terima, tetap saja tidak bisa Sobat MEA lakukan seenaknya. Simak informasi mengenai ketentuannya di bawah ini. 

Syarat-Syarat Mengembalikan Barang di Lazada

cara mengembalikan barang di lazada

Berikut untuk syarat dan kebijakan mengembalikan barang di Lazada, antara lain:

Pengembalian ke Gudang Lazada Atau ke Seller Langsung

Setelah penjual konfirmasi, tentunya Sobat MEA harus segera mengembalikan barang ke Gudang Lazada, atau bisa langsung ke seller jika memungkinkan selama masih dalam waktu jaminan pengembalian barang sesuai ketentuan yang berlaku. 

Rahasia Jualan Auto Laris Bagi Pemula

Kata siapa seller baru bakal susah jualan di Lazada? Asal tahu strateginya, gampang banget kok bikin jualan laris di Lazada. Yuk, dapatkan hanya di sini!

Waktu pengembalian barang di hitung dari tanggal menerima barang sampai tanggal cap pos yang tertera pada paket barang tersebut. Adapun perhitungan garansi pengembaliannya, antara lain:

  • Untuk Produk impor (Global Clollection dan Taobao): Garansi pengembalian 7 hari.
  • Sementara produk FBL (Di sediakan oleh Lazada): Garansi pengembalian 14 hari.
  • Sedangkan produk yang di kirimkan ole seller (MP Lokal): Garansi pengembalian 7 hari.
  • Lalu untuk produk Lazmall: Garansi pengembalian 15 hari.

Status Barang Telah Diterima

Seperti yang MiMe singgung sebelumnya, Sobat MEA memang wajib memastikan barang sudah ada di tangan dan sudah Sobat MEA konfirmasi di aplikasi. Tapi tidak melakukan konfirmasi pun tidak masalah. Biasanya akan otomatis ke status tersebut setelah barang sudah sampai tujuan. 

Untuk mengetahui status barang, Sobat MEA bisa lihat di bagian Pesanan Saya yang ada di halaman Akun. Di sana, ada beberapa proses pesanan, mulai dari Pilih Pembayaran, Dalam Proses, Dalam Pengiriman, Untuk Diulas (untuk barang yang sudah di terima) hingga Retur dan Pengembalian. 

Artikel Terkait  Cara ampuh riset produk

Memiliki Berkas-Berkas Sebagai Syarat Pengembalian

Adapun berkas-berkas yang dibutuhkan tersebut meliputi:

  • Bukti pembelian (nomor pesanan, faktur pembelian, dan yang lainnya)
  • Rincian bank pada saat mengisi Formulir Pengembalian Barang apabila pembayaran di lakukan melalui Bank Transfer, klik BCA, bayar di tempat (COD), atau bayar di konter (Alfamart ataupun Indomart). 
  • Data akun bank untuk mempermudah pengembalian dana.
  • Jika memilih metode pengiriman Drop Off, tunjukkan nomor resi pengembalian barang ke jasa pengiriman yang dapat di pilih pada saat mengisi formulir pengembalian barang.

Syarat Pengembalian Barang Sudah Terpenuhi

Dalam hal ini tentu saja pastikan Sobat MEA sudah memenuhi syarat yang di butuhkan untuk mengembalikan barang di Lazada. Dan Sobat MEA menyampaikan alasan yang sah pada penjual. 

Adapun syarat-syarat lainnya untuk mengembalikan barang, antara lain:

Hapus Kata Sandi Untuk Barang Gadget/Laptop

JIka produk yang ingin Sobat MEA kembalikan adalah gadget, laptop, atau perangkat lainnya yang memiliki kata sandi, maka Sobat MEA harus buka kunci atau hapus kata sandi pada barang tersebut sebelum di kirim ke gudang Lazada. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengecekan kualitas.

Jasa Iklan Lazada Profesional

Kita tentu tahu biar lebih laris, bisa boost lewat iklan. Tapi gak ngerti harus mulai dari mana? Konsultasikan dengan Tim Lazada Ads profesional kami! Pasti lebih cuan~

Kirim Barang ke Jasa Pengiriman yang Dipilih Pada Formulir

Jika Sobat MEA mengirimkan barang ke jasa pengiriman yang tidak sesuai dengan jasa pengiriman yang Sobat MEA pilih pada saat mengisi formulir, maka biaya kirim tidak akan kembali. 

Biaya Pengembalian Barang

cara mengembalikan barang di lazada

Mengutip laman situs Lazada, drop off merupakan layanan pengantaran produk yang ingin di kembalikan melalui kantor/gerai/cabang JNE atau J&T.

Hanya saja ada ketentuan berat maksimum gratis pengembalian untuk metode Drop Off, yaitu tidak lebih dari 15 kg dan tidak lebih dari 70 cm untuk JNE Cashless, dan tidak lebih dari 50 kg (Dimensi 150 cm) untuk J&T Cashless. 

Kebijakan Mengembalikan Barang di Lazada

Melansir laman resmi Lazada, pihak platform pun memiliki kebijakan untuk mengembalikan barang pesanan. Oleh karena itu, pastikan Sobat MEA memperhatikan hal ini sebelum mengembalikan barang pesanan. Berikut rincian kebijakannya:

  1. Pembatalan pesanan maksimal 1 jam setelah pesanan di buat. 
  2. Tidak berlaku pembatalan jika produk pesanan merupakan Koleksi Taobao, pesanan Dalam proses di gudang, supplier sudah memproses pesanan, sudah berada dalam pengiriman.
  3. Nilai total pesanan setelah satu atau beberapa item di batalkan harus memenuhi ketentuan penggunaan diskon, voucer, atau promosi lainnya.
  4. Diskon, voucher, atau promosi lainnya yang di gunakan pada pesanan yang di batalkan tidak bisa digunakan kembali.
  5. Untuk pesanan yang di batalkan menggunakan Store Credit, hubungi layanan konsumen untuk mendapatkan kode voucher Store Credit yang baru.
  6. Jika menggunakan metode bank transfer, refund akan memakan waktu 3–7 hari kerja setelah diproses Lazada. Tapi untuk metode pembayaran dengan kartu kredit, KlikPay, dan atau limit, maupun cicilan, saldomu akan kembali dalam waktu 7–14 hari kerja.
  7. Pesanan yang telah di batalkan tidak bisa di aktifkan kembali.
  8. Harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, sehingga harga yang berlaku adalah harga yang tertera saat pemesanan baru di laksanakan.

Nah, begitulah cara mengembalikan barang di Lazada beserta syarat dan ketentuannya. Lazada memang membebaskan pengguna agar tetap merasa aman saat menggunakan platformnya. Tapi pengembalian barang di Lazada juga memiliki kebijakan untuk menghindari penipuan. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment