7 Cara Membuat Website Affiliate Marketing yang Optimal

by Viki
cara membuat website affiliate marketing

Akhir-akhir ini, keberadaan Affiliate Marketing semakin populer di kalangan anak muda. Bagaimana tidak? program ini dapat memberikan keuntungan yang signifikan secara fleksibel dan mudah. Meski demikian, cara kerja afiliasi ini akan lebih efektif jika menggunakan website. Karena itu, memahami cara membuat website affiliate marketing akan sangat bermanfaat untuk memaksimalkan keuntungan.

Ya, website bisnis juga penting untuk digunakan mengingat penggunaan media sosial tidak selamanya menguntungkan. Terkadang ketika berpromosi di media sosial atau forum, menyebarkan terlalu banyak link bisa dianggap spam, bahkan bisa menyebalkan bagi sebagian orang. 

Oleh karena itu, jika ingin menjalankan bisnis afiliasi dengan sukses, yuk pahami cara membuat website affiliate marketing ini. Daripada berlama-lama lagi, yuk langsung simak aja penjelasan lengkapnya di artikel ini!

Table of Contents

Mengapa Perlu Website Affiliate Marketing?

Yuk buat program Affiliate Marketing lebih cuan bareng MCN Shopee MEA!
Karena banyak seller potensial yang siap kerjasama dan mentor expert yang siap membimbing~

Perlu diketahui, memiliki website afiliasi memungkinkan Sobat MEA untuk mendapatkan keuntungan yang melimpah. Memangnya apa saja keuntungan tersebut? Berikut beberapa alasan mengapa Sobat MEA perlu memiliki website Affiliate Marketing:

  • Membuat konten secara lebih lengkap dan informatif serta dapat meningkatkan pemahaman dan ketertarikan audiens tentang produk yang Sobat MEA tawarkan. 
  • Membangun kredibilitas yang dapat meningkatkan kepercayaan audiens terhadap produk yang Sobat MEA rekomendasikan
  • Daripada platform lainnya, dengan website, Sobat MEA bisa lebih bebas untuk mengatur secara penuh baik dari segi tampilan maupun konten yang ditampilkan. 
  • Dapat memantau performa konten dan link afiliasi melalui alat analitik yang tersedia. 

Cara Membuat Website Affiliate Marketing

Mau tahu cara promosi bisnis di website yang gampang cuan?
Yuk gabung bareng seller dan mentor berpengalaman di komunitas MEA! Full daging~

Jika Sobat MEA tertarik dengan bisnis ini, pastikan Sobat MEA sudah bergabung dalam program Affiliate Marketing di suatu e-commerce. Untuk tutorial pendaftarannya, bisa lihat di artikel ini

Tapi untuk menjadi Affiliate Marketer, Sobat MEA wajib memiliki reputasi dan konten yang berkualitas. Oleh karena itu, strategi pemasaran di media sosial saja tidaklah cukup. Dan salah satu cara untuk mendapatkan reputasi yang baik, bisa melalui cara membuat website Affiliate Marketing. Berikut langkah-langkahnya:

Pilih Layanan Hosting yang Tepat

Jika Sobat MEA sudah terdaftar dalam program Affiliate Marketing, saatnya pilih layanan hosting untuk situs web. Hosting sendiri adalah layanan yang menyimpan file website agar dapat dikunjungi oleh orang lain.

Hosting dapat menentukan seberapa optimal website bisa diakses oleh pengunjung. Untuk itu, pastikan Sobat MEA memilih hosting yang bagus dan optimal.

Tentukan Nama Domain

Kemudian pilih nama domain yang relevan dengan niche afiliasi. Nama domain adalah alamat website di internet. Nama domain ini perlu ditentukan sebaik-baiknya karena dapat membuat reputasi brand dan website yang semakin kuat.

Berikut tips memilih nama domain untuk website Affiliate Marketing:

  • Gunakan ekstensi domain populer seperti .COM agar lebih terpercaya.
  • Pilih nama domain yang pendek dan mudah diingat.
  • Masukkan kata kunci jika memungkinkan, seperti ‘reviewgadget.com’.
  • Jangan memasukkan nama brand tertentu, kecuali jika Sobat MEA pemiliknya.
  • Tidak perlu memasukkan angka atau menggunakan karakter tertentu.

Mulai Setup Website

Jika hosting dan nama domain sudah dimiliki, saatnya atur website affiliate marketing milikmu. Ada beberapa konfigurasi utama yang perlu dilakukan, antara lain:

Membuat Konten yang Relevan

Mau punya landing page untuk affiliate tanpa harus ribet sama sekali?
Saatnya pakai Gowebin dan miliki landing page sendiri yang berkualitas!

Jika desain website sudah sesuai, saatnya menyiapkan berbagai konten yang relevan dengan niche bisnis. Konten yang menarik dadalah kuncinya. Oleh karena itu, pastikan Sobat MEA memposting blog yang berkualitas, bisa berupa artikel, blog post, video, atau podcast.

Jika sudah menyelesaikan pengaturan hosting, situs web pemasaran afiliasi pun akan memiliki beberapa konten yang bisa dioptimasi sendiri. 

Mulai Promosikan Produk Afiliasi

Promosi produk afiliasi dengan website tentu memiliki pendekatan yang berbeda dengan media sosial. Dengan website, Sobat MEA perlu fokus membuat content marketing yang dapat mendorong pembaca membeli produk afiliasimu. 

Buat Daftar Email

Selanjutnya, Sobat MEA perlu memulai proses membangun daftar email atau mailing list. Daftar ini terdiri dari alamat email calon konsumen potensial yang berminat pada konten atau produk afiliasi di websitemu. 

Memiliki daftar alamat email calon konsumen adalah hal yang penting dalam cara buat website afiliasi yang efektif. Dengan hal ini, Sobat MEA bisa tetap terhubung dengan pengunjung, hingga mengirimkan konten dan penawaran khusus  ke inbox mereka.

Promosikan Konten Secara Aktif

Setelah membuat konten yang optimal, jangan lupa untuk mempromosikannya secara aktif. Karena sebagus apapun kontennya, tidak akan akan memberikan hasil maksimal jika tidak dipromosikan dengan tepat. 

Selesai! Sobat MEA berhasil membuat website afiliasi! Sekarang, Tapi itu saja tidak cukup. Nyatanya, website perlu dioptimalkan dengan strategi Search Engine Optimization (SEO). Ini penting untuk meningkatkan visibilitas affiliate website di mesin pencari Google. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu dikerjakan seperti optimasi kata kunci, internal link, dan teknis SEO lainnya.

Demikian panduan mengenai cara membuat Website Affiliate Marketing. Dengan memiliki website yang profesional, Sobat MEA dapat memaksimalkan penghasilan afiliasi serta membuat Sobat MEA semakin dipercaya oleh audiens. Pastikan siapkan website terbaik agar pengunjung lebih nyaman dan nyaman saat mengunjunginya. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment