6 Cara Membuat Konten Digital yang Efektif untuk Bisnis

by Viki
cara membuat konten digital

Di era digital yang semakin berkembang, tentunya inovasi pemasaran digital perlu terus dilakukan. Termasuk melalui konten pemasaran yang potensial. Tapi pembuatan konten untuk digital marketing tidak bisa sembarangan. Itulah mengapa Sobat MEA perlu cara membuat konten digital sebagai panduan terbaik.

Melansir laman Neilpatel, digital marketing adalah sebuah tindakan untuk menjual produk serta layanan secara online dengan menggunakan platform digital, seperti media sosial, email, aplikasi, konten SEO, dan sebagainya. Hal ini tentunya memerlukan konten yang mumpuni dan mendukung kinerja pemasarannya. 

Nah, di sinilah konten digital dibutuhkan. Hanya saja, melihat persaingan yang semakin ketat, perlu juga strategi-strategi khusus dalam pembuatan konten yang menarik agar bisa menyaingi konten milik kompetitor. Dalam artikel ini, MiMe akan membagikan beberapa strateginya melalui cara membuat konten digital. Simak!

Apa Itu Konten Digital?

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Melansir laman Semrush, konten digital adalah semua jenis informasi yang dikemas menjadi format digital. Konten digital biasanya dibuat dalam bentuk teks, gambar, audio, video, animasi, fitur interaktif, dan masih banyak lagi. Jenis konten ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai tujuan, seperti hiburan, pendidikan, komunikasi, pemasaran, dan e-commerce.

Ada beberapa konten digital yang bisa dibuat, antara lain:

  • E-book, blog, artikel, dan buletin
  • Podcast, musik, dan buku online. 
  • Video, film, acara TV, dan live streaming.
  • Games, aplikasi, dan perangkat lunak.
  • Posting, komentar, dan direct message. 
  • Website, landing page, dan iklan.

Cara Membuat Konten Digital yang Menarik

Perlu diketahui, konten digital bisa menjadi senjata utama dalam digital marketing. Hal ini dikarenakan ketika kontenmu berkualitas, maka audiens akan berfokus pada kontenmu dan penasaran dengan bisnismu. Ini secara tidak langsung akan meningkatkan brand awareness pada platform digital yang digunakan. 

Lantas bagaimana cara membuat konten digital yang menarik untuk mencapai tujuan tersebut? Berikut uraian lengkapnya:

1. Ikuti Tren

Sama seperti trik marketing yang konvensional, Sobat MEA juga perlu mengikuti tren dalam membuat konten digital, seperti apa yang ingin dibuat, pesan apa yang ingin disampaikan, dsb.

Untuk hal ini, awali dengan riset perkembangan tren. Salah satu caranya bisa dengan memanfaatkan layanan dari Google Trends. Sobat MEA bisa mendapatkan berbagai informasi seputar topik yang sedang banyak dicari atau dibicarakan dalam waktu tertentu. ini penting untuk mengetahui konten yang laku di masyarakat.

Saatnya Dapat Cuan Lebih Mudah Lewat Konten Digital Lewat MCN MEA!
Kamu bisa sekaligus optimalkan akun TikTok yang lebih potensial dan menghasilkan bareng ahlinya. 100% daging~

2. Tawarkan Solusi

Sebagaimana digital marketing bertujuan untuk menjual atau memasarkan produk, Sobat MEA harus mampu memberikan solusi atas permasalahan yang dialami masyarakat.

Oleh karena itu, pastikan Sobat MEA membuat konten menarik dengan memastikan bahwa konten tersebut berisi informasi bahwa produkmu dapat menjadi solusi jitu untuk mengatasi masalah-masalah yang banyak dialami.

3. Tentukan Tujuan yang Jelas

Pastikan Sobat MEA telah memiliki tujuan yang jelas untuk menyusun konten yang lebih jelas sejak awal. Misalnya, konten untuk meningkatkan interaksi di media sosial tentu akan berbeda dengan konten untuk mengajak konsumen membeli produk. 

Selain itu, platform yang digunakan juga perlu diperhatikan. Konten media sosial tentu akan berbeda dengan konten email marketing.Itulah mengapa Sobat MEA perlu memiliki tujuan yang jelas sebagai salah satu syarat pembuatan konten yang menarik. 

4. Tetapkan Target Audiens

Sobat MEA juga perlu menentukan target audiens yang dituju untuk konten digital yang akan dibuat, apakah anak-anak, remaja, orang dewasa, atau orang tua. Penargetan audiens ini harus jelas. Contohnya, Sobat MEA menjual produk produk fashion untuk remaja, maka Sobat MEA harus siapkan konsep konten yang ceria dengan perpaduan warna dan model pakaian yang tepat.

Beda halnya jika Sobat MEA menjual produk susu cokelat untuk anak-anak. Sobat MEA tentu harus menampilkan gambaran kelezatan dari rasa cokelat dan memberikan informasi manfaat-manfaat yang terkandung di dalamnya. 

5. Tingkatkan Kemampuan Teknis

Jangan lupa untuk terus meningkatkan kemampuan teknis. Artinya, Sobat MEA harus senantiasa update terhadap teknik-teknik terbaru dalam pembuatan konten. Misalnya, konten meme atau poster, Sobat MEA tentu harus meningkatkan kreativitas desain dan penggunaan aplikasi desain tertentu. Atau konten video kreatif, Sobat MEA perlu mengasah skill edit video.

6. Terapkan Teknik SEO

Dalam konten digital, Sobat MEA juga harus memahami teknik optimasi SEO dan terapkan teknik tersebut untuk mendapatkan hasil konten yang lebih menarik. Meskipun umumnya digunakan untuk konten artikel di website, SEO media sosial juga perlu diterapkan untuk menemukan kata kunci yang banyak ditelusuri agar kontenmu mudah ditemukan, keperluan backlink, dsb. 

Demikian panduan mengenai cara membuat konten digital untuk keperluan pemasaran online. Tapi seiring perkembangan jaman dan digital yang semakin pesat, pastikan Sobat MEA juga terus memperbarui berbagai strategi untuk pemasaran lebih maksimal. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment