112
Facebook merupakan salah satu platform media sosial yang tertua di Indonesia yang masih eksis hingga saat ini. Telah terjadi banyak perubahan pada Facebook yang membuat media sosial ini tetap up to date di tahun ini. Jika Sobat MEA tahu cara buat konten yang menarik di Facebook, ternyata hasil dari konten tersebut bisa diuangkan.
Lho kok bisa? Jika Sobat MEA penasaran akan alasannya, dalam artikel ini kita akan menjelaskan secara mendalam bagaimana sih cara membuat konten yang menarik di Facebook dan bagaimana cara melakukan monetisasi konten Facebook tersebut.
Kini, membuat konten di Facebook ternyata bisa menghasilkan cuan. Tentu membuat konten yang dapat diuangkan tidak sembarangan. Terdapat trik dan cara-cara khusus agar konten tersebut menarik dan mengundang banyak orang untuk melihatnya.
Dikutip dari laman resmi Facebook, Sobat MEA dapat menyertakan iklan pada konten video yang dibuat, sehingga dapat menghasilkan uang melalui iklan yang telah disematkan.
Selain video, artikel juga bisa Sobat MEA sematkan iklan loh. Nah iklan di Facebook ini tuh dikenal sebagai Ad Breaks. Ada pun cara lain, seperti berkolaborasi membuat sebuah konten dengan brand, dan juga live streaming. Ternyata banyak banget ya, caranya!
Agar tidak terlalu melebar dari pembahasan konten, kita akan mulai masuk pada bagaimana cara membuat konten yang menarik di Facebook. Terdapat 9 langkah yang bisa Sobat MEA ikuti agar bisa membuat konten yang menarik dan juga menghasilkan uang di Facebook. Dari pada banyak berbasa-basi lagi, yuk langsung simak aja penjelasannya di bawah ini!
Menentukan target audiens dalam membuat konten di Facebook sangat penting. Hal ini dapat memudahkan Sobat MEA dalam membangun hubungan dengan target audiens melalui bahasa yang digunakan dalam konten. Bahasa yang Sobat MEA bisa gunakan adalah bahasa yang awam dan sering digunakan oleh target audiens.
Keuntungan dari menggunakan bahasa yang awam dipakai oleh target audiens adalah, terbentuknya ikatan dan juga kedekatan. Karena ada aspek bahasa yang sama, sehingga audiens berbagi empati dengan akun yang ia anggap memiliki kesamaan. Hasilnya, jika Sobat MEA juga berjualan di Facebook, melakukan personal selling jadi terasa lebih mudah karena telah terbentuknya kedekatan sebelumnya.
Hal yang perlu Sobat MEA ingat, “Visual itu Menjual”. Jadi usahakan konten yang Sobat MEA buat disematkan visual yang menarik dan relevan dengan konteks yang dibahas. sehingga target audiens tertarik untuk melihat konten yang Sobat MEA buat. Contohnya, jika itu video, maka kualitas video harus HD agar penonton nyaman menonton.
Judul atau headline yang menarik dapat menjadi stopping power atau aspek yang membuat audiens berhenti scrolling dan mulai membaca konten yang Sobat MEA buat. Jika konten yang audiens baca merasa menarik dan bermanfaat bagi mereka, tak sungkan audiens akan mengikuti akun Sobat MEA. Jadi, usahakan konten memiliki nilai bagi para audiens dan dipancing dengan membuat headline yang menarik.
Gunakan CTA atau Call to Action merupakan sebuah ajakan untuk audiens melakukan sesuatu. Seperti “klik like jika kamu menyukai postingan ini!” “Jangan lupa Like, Share, dan follow halaman ini!”. Dengan adanya CTA, konten dapat mengundang interaksi antara akun Sobat MEA dan audiens.
Caption yang tersedia di Facebook memungkinkan Sobat MEA untuk menjelaskan pesan utama pada konten yang Sobat MEA buat. Buat caption dengan singkat, jelas, dan informatif. Sehingga audiens dapat memahami pesan utama yang hendak disampaikan.
Dengan adanya sumber data, Sobat MEA dapat membantu audiens akan terbantu memvalidasi informasi yang ada dalam konten. Kerap menambahkan suber data yang vail juga dapat membuat akun atau halaman Facebook Sobat MEA menjadi sangat kredibel. Sebab, informasi yang disampaikan dapat Sobat MEA dapat dipertanggungjawabkan dengan menyisipkan data pada konten.
Penggunaan hashtag yang relevan dan tepat memungkinkan postingan yang Sobat MEA buat mudah untuk ditemukan oleh audiens, sesuai dengan topik yang audiens ingin baca atau temukan.
Agar mendapat hashtag yang tepat, Sobat MEA dapat melakukan riset kata kunci yang relevan dengan konten yang akan dibuat. Perlu diingat, hashtag tidak boleh digunakan secara berlebihan.
Interaksi dengan audiens sangat penting di sosial media, terutama Facebook. Interaksi antara audiens dengan akun Sobat MEA perlu dilakukan dan dijaga. Karena interaksi yang dilakukan dapat membuat audiens menjadi loyal dan setia terhadap suatu akun.
Hasil akhirnya, Sobat MEA dapat meningkatkan audiens engagement. Audiens juga merasa dihargai jika mereka diperhatikan oleh akun yang mereka harapkan untuk berinteraksi.
Konten yang Sobat MEA buat bisa dilihat perfroma kontennya. Melalui fitur Analytics Facebook memudahkan pengguna dalam melihat metrik seperti berapa banyak jumlah tayangan, interaksi, dan juga konversi pada sebuah konten.
Sobat MEA diharapkan dapat memahami metrik dan kinerja konten yang telah dibuat. Karena dengan metrik tersebut dapat digunakan untuk mengoptimalkan strategi dalam membuat konten yang akan datang.
Sekian penjelasan cara membuat konten yang menarik di Facebook yang penulis dapat sampaikan. Semoga Sobat MEA dapat memahami dan mengaplikasikannya dan mengoptimalkan performa akun sosial media Sobat MEA. Akhir kata semoga saja artikel ini dapat membantu dan jadilah Jawara, Jagoan Wirausaha!
Salam Satu Juta Pembeli!
+6282117932648
Jl. Rajawali Barat No 77A, Kota Bandung, 40184
Jl. Kasuari No.9, Kota Bandung, 40184
Jl. Aki Padma Utara No.11, Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat