Berapa Gaji Facebook Creator? Ini Nominal Terkecil Sampai Terbesarnya. Simak!

berapa gaji facebook creator

Sebagai salah satu media sosial terbesar, Facebook sendiri membuka kesempatan untuk para content creator untuk bisa menghasilkan uang dari platformnya. Facebook sendiri memiliki program bernama Facebook Creator untuk mereka yang ingin menghasilkan uang. Emang berapa sih gaji Facebook Creator? Terus, gimana cara menghasilkan uang dari Facebook?

Sobat MEA yang tertarik untuk menjadi content creator di Facebook, tentu harus mengetahui terlebih dahulu berapa gaji Facebook creator, syarat daftar dan cara apa saja yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang dari platform ini. Untuk itu, yuk langsung aja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Table of Contents

Syarat untuk Menjadi Dapat Gaji Facebook Creator

Mau belajar dapat uang dari Facebook sebagai content creator?
Yuk gabung di Komunitas Content Creator MEA sekarang!

Sebelum Sobat MEA mengetahui berapa gaji Facebook Creator, akan lebih baik untuk tahu lebih dahulu apa saja sih syarat yang harus dipenuhi agar bisa melakukan monetisasi Facebook. Nah berikut adalah 2 syarat dan penjelasannya;

  • Video yang Sobat MEA unggah baik itu postingan dan live streaming Facebook memiliki total 600.000 menit ditonton dalam jangka waktu 60 hari terakhir
  • Sobat MEA memiliki 5 atau lebih postingan video Facebook atau punya video live streaming. Video harus diposting dan nggak boleh dihapus

Berapa Rentang Gaji Partner Resmi Facebook Creator?

berapa gaji facebook creator

Setelah mengetahui syarat-syarat untuk melakukan monetisasi Facebook, pertanyaan terbesarnya adalah berapa gaji Facebook Creator? Karena setiap content creator berbeda-beda, maka pada poin ini kita akan membahas nominal umum.

Gaji creator Facebook berada di rentang 2 juta sampai 12 juta. Dalam beberapa special case, seorang Facebook Gaming Creator yang populer bisa menghasilkan uang sampai Rp150 juta. Selain mendapat uang dari gaji, seorang Facebook Creator juga bisa menghasilkan uang dengan berbagai cara loh. Nggak mengherankan kalau hal ini membuat Facebook dapat menghasilkan uang yang cukup fantastis bagi para content creator.

5 Cara Dapat Penghasilan Sebagai Facebook Creator

Mau pasang iklan di Facebook dan Instagram tapi takut boncos?
Serahkan aja ke tim jasa Facebook Ads MEA. Dijamin CUAN!

Setelah mengetahui syarat serta berapa gaji Facebook Creator, Sobat MEA juga harus tahu darimana sih seorang creator menghasilkan uang. Menurut laman resmi Facebook, ada beberapa cara untuk melakukan monetisasi dan menghasilkan uang dari Facebook. Berikut adalah 6 cara dapat penghasilan sebagai Facebook Creator:

1. Iklan In-Stream

Sobat MEA pasti sudah nggak asing lagi dengan AdSense yang ada di platform YouTube. Nah Facebook juga memiliki hal yang sama. Ada iklan yang muncul pada setiap postingan video Facebook yang disebut dengan Ad Breaks. Hal inilah yang menjadi salah satu sumber utama penghasilan seorang Facebook Creator.

Menariknya lagi, Sobat MEA nggak cuman bisa menyimpan iklan ada video konten saja, tapi iklan juga bisa diselipkan pada sesi live streaming Facebook Sobat MEA. Nah untuk bisa monetisasi, Sobat MEA harus memiliki halaman Facebook terlebih dahulu ya.

2. Fan Subscription

Mau dapat komisi extra lewat Shopee Affiliate?
Yuk gabung me MCN Shopee MEA sekarang juga dan dapatkan berbagai keuntungannya!

Sama seperti YouTube, Facebook juga menyediakan fitur fan subscription untuk membantu para content creator mendapatkan penghasilan tambahan dari para penggemar. Yup, Sobat MEA bisa mendapatkan uang dari biaya langganan. Jika menggunakan fitur ini, Sobat MEA juga bisa membuat private grup khusus untuk penggemar Sobat MEA.

Sebagai ganti dari audiens yang membayar, Sobat MEA sangat wajib untuk membuat dan memberikan konten khusus atau hal-hal istimewa lainnya. Jadi Sobat MEA nggak bisa memberikan konten yang sama pada audiens yang berlangganan. Kendati begitu, ada beberapa syarat untuk bisa menggunakan fitur ini, yakni;

  • Sobat MEA sudah memiliki 10 ribu followers di Halaman Facebook dan punya 250 followers aktif yang masuk ke halaman Sobat MEA secara mingguan.
  • Seluruh postingan Sobat MEA sudah mendapatkan 50 ribu interaksi dalam 60 hari terakhir.
  • Khusus konten video, Sobat MEA harus mendapat watch time sebanyak 180 ribu menit dalam 60 hari terakhir.

3. Branded Content

Nggak cuman di TikTok dan Instagram, endorsement juga bisa datang untuk Facebook Creator loh. Biasanya endorsement ini dibuat dengan bentuk Branded Content. Sama seperti namanya, Sobat MEA nantinya bisa bekerja sama dengan brand yang ingin promosi produk di halaman Sobat MEA.

Jenis konten yang bisa Sobat MEA buat untuk branded content ini mulai dari video Facebook, tulisan, foto, stories, carousel dan lain sebagainya. Nah untuk bisa menghasilkan uang dari branded content, Sobat MEA bisa bergabung dengan fitur Brand Collaboration Manager. Berikut syarat untuk bisa bergabung;

  • Halaman sudah punya 1000 followers.
  • Sudah memiliki 15 ribu interaksi di seluruh postingan halaman Sobat MEA
  • Semua video yang ada di halaman Sobat MEA mencapai 180 menit penayangan dalam 60 hari terakhir.
  • Selama 60 hari terakhir, Sobat MEA bisa mencapai 30 ribu tayangan 1 menit pada video berdurasi 3 menit

4. Instant Article

berapa gaji facebook creator

Meski hari ini konten yang populer adalah konten video pendek, Facebook sendiri masih memfasilitasi bagi para Facebook Creator yang hobi menulis informasi atau artikel-artikel tertentu. Nah bagi para penulis, salah satu cara mendapatkan uang di Facebook adalah lewat fitur Instant Article

Sudah banyak media besar yang menggunakan fitur ini untuk menarik pembaca di Facebook karena konten tulisan bisa membuka artikel secara cepat. Sobat MEA bisa menggunakan fitur ini jika punya blog yang terkonsep dan profesional. Untuk melakukan monetisasi, Sobat MEA bisa menampilkan iklan pada artikel.

5. Stars Live Streaming

Sama seperti TikTok, Facebook juga memiliki fitur live streaming yang bisa digunakan untuk menghasilkan uang. Jika TikTok memiliki sistem gift koin, maka Facebook memiliki sistem Stars. Berapa harga 1 stars Facebook? Nah Sobat MEA bisa mendapat Rp150 setiap satu bintang.

Kendati demikian, nggak semua Facebook Creator bisa menggunakan fitur Stars ini. Facebook memilih dan mengundang Facebook Creator tertentu loh. Jadi, pastikan Sobat MEA punya konten original dan ciri khas sebagai akun Facebook Creator ya!

6. Membuat Event Online Berbayar

Cara terakhir untuk mendapatkan uang sebagai Facebook Creator adalah dengan membuat event online berbayar. Awalnya, Facebook membuat fitur ini untuk memenuhi permintaan pembuatan acara saat pandemi. 

Karena cukup sukses menguntungkan creator dan Facebook, Event Online Berbayar ini dipertahankan dan menjadi salah satu cara untuk mendapat uang bagi pengguna Facebook. Nah berikut ini adalah cara untuk membuat Event Online Berbayar. Check this out~

  1. Pertama buka Halaman Facebook Sobat MEA 
  2. Klik bagian Acara untuk mulai membuat event berbayar. Sobat MEA bisa memilih tombol Berbayar saat memilih jenis pembuatan event
  3. Selanjutnya masukan informasi yang diperlukan untuk event yang akan Sobat MEA laksanakan
  4. Informasi ini berupa nama acara, lokasi fisik dan zona waktu. Perhatikan juga agar nama acara nggak melanggar kebijakan Facebook.
  5. Kemudian pilih harga event. Sobat MEA hanya bisa memilih 1 harga dari setiap acara. Pembeli yang bergabung akan membayar harga tiket yang sudah Sobat MEA tentukan
  6. Selanjutnya tambahnakn opsi lain seperti izin postingan, berkirim pesan, dan visiblitas daftar peserta
  7. Jika semua informasi sudah lengkap, terakhir Sobat MEA bisa klik tombol Buat Acara untuk menyelesaikan pembuatan event.
  8. Selesai. Kini Sobat MEA tinggal melakukan promosi acara dengan konten dan postingan di Facebook.

Nah itulah penjelasan mengenai berapa gaji Facebook Creator dan 6 cara untuk menghasilkan uang dari Facebook. Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA yang memang ingin fokus atau tertarik menjadi Facebook Creator.

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.