5 Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Dinonaktifkan. Wajib Tahu!

by Fanny
Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Dinonaktifkan

Sebagai salah satu aplikasi yang memiliki banyak pengguna, Instagram juga dilengkapi dengan berbagai fitur demi kenyamanan pengguna. Salah satunya adalah pilihan untuk menonaktifkan akun Instagram. Tidak sedikit orang yang mulai merasa bosan dan ingin istirahat sejenak dari dunia sosial media. Tapi tenang saja, Sobat MEA tetap bisa kembali dengan mengikuti cara mengembalikan akun Instagram yang dinonaktifkan, kok.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang cara deactive akun Instagram sementara, menghapus Instagram secara permanen, hingga cara mengembalikan akun Instagram yang dinonaktifkan. Simak ulasan selengkapnya di bawah, ya!

7 Langkah Cara Menonaktifkan Akun Instagram Sementara

Diskusi langsung bahas cara jualan di Instagram bersama pelakunya langsung

Bisa kamu lakukan dengan mudah kalau gabung ke komunitasnya sekarang. Gratis, loh!

Ada banyak alasan mengapa para pengguna Instagram memutuskan untuk menonaktifkan akun Instagram. Bisa saja karena untuk menghindari masalah, atau sekedar ingin berhenti bermain sosial media sementara. Ini dia langkah-langkah unyuk menonaktifkan akun Instagram sementara:

  1. Buka halaman Instagram pada browsern atau aplikasi pada perangkat Sobat MEA.
  1. Klik profil akun yang berada di sebelah kanan bawah.
  2. Pada halaman profil Sobat MEA, klik Edit Profil.
  3. Gulir ke bawah dan temukan opsi Matikan Sementara Akun Saya.
  4. Pilih alasan yang paling cocok dengan penyebab Sobat MEA ingin menonaktifkan akun secara sementara.
  5. Lalu masukkan kata sandi akun dan konfirmasi dengan klik Matikan Sementara Akun Saya.
  6. Cara menonaktifkan akun Instagram sudah berhasil!

Cara Menonaktifkan Akun Instagram Secara Permanen

Bingung atur jadwal posting dan bikin kontennya?

Tenang, ada Jasa Kelola Instagram yang dipegang oleh tim berpengalaman!

Sobat MEA juga bisa menonaktifkan akun Instagram secara permanen. Istilah ini lebih dikenal dengan ‘tutup akun’. Setelah menonaktifkan akun secara permanen, Sobat MEA tidak dapat menggunakan cara mengembalikan akun Instagram yang dinonaktifkan karena semua data dan informasi akun sudah dihapus oleh pihak Instagram. Berikut langkah-langkah tutup akun yang bisa Sobat MEA lakukan:

  • Buka dan masuk ke akun Instagram Sobat MEA melalui aplikasi maupun browser pada ponsel atau komputer.
  • Buka situs www.instagram.com/accounts/remove/permanent/ untuk menghapus akun secara permanen.
  • Masukkan alasan mengapa Sobat MEA ingin menghapus akun secara permanen.
  • Masukkan kata sandi akun untuk mengkonfimasi penghapusan akun.
  • Lalu klik tombol Delete Username sebagai langkah akhir untuk menonaktifkan akun Instagram secara permanen.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, semua informasi akun seperti foto, video, jumlah like, komen, dan data lainnya juga akan terhapus secara permanen. Hal ini membuat semua data Sobat MEA yang pernah diunggah terhindar dari adanya pencurian dan penyalahgunaan informasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Perlu diingat juga bahwa semua data ini sudah dihapus selamanya, jadi Sobat MEA tidak akan bisa kembali menggunakan akun yang sudah dinonaktifkan secara permanen. Untuk itu sebelum menghapus akun, pastikan Sobat MEA sudah mempertimbangkan semuanya agar tidak menyesal, ya.

5 Langkah Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Dinonaktifkan

Instagram sendiri membutuhkan hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja untuk menyelesaikan proses non-aktifasi akun Instagram. Jadi selama proses ini, Sobat MEA tidak akan bisa login kembali ke akun Instagram.

Pasang iklan di Instagram biar penjualan naik

Dengan pelajari cara selengkapnya di Kelas FB & IG Ads di sini!

Jika Sobat MEA ingin segera mengaplikasikan cara mengembalikan akun Instagram yang dinonaktifkan, Sobat MEA bisa menunggu setidaknya satu hari setelah akun berhasil dinonaktifkan secara sementara. Kemudian Sobat MEA baru bisa masuk lagi ke akun Instagram. Yuk ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengembalikan akun Instagram yang dinonaktifkan.

  • Buka aplikasi Instagram atau website resmi Instagram.
  • Jika Sobat MEA membuka Instagram melalui browser, gulir ke bawah pada bagian login, lalu ketikkan username dan password.
  • Jika Sobat MEA menggunakan aplikasi, Sobat MEA bisa langsung masukkan username dan password.
  • Klik Masuk atau Log In.
  • Akun Instagram yang dinonaktifkan akan aktif kembali secara otomatis.

Cara Mengaktifkan Akun yang Dinonaktifkan oleh Instagram

cara mengembalikan akun instagram yang dinonaktifkan

Bagaimana jika akun Sobat MEA dibatasi bahkan dinonaktifkan oleh pihak Instagram karena terdeteksi kejanggalan pada akun? Tenang, Sobat MEA tetap bisa memiliki akun kembali dengan melakukan 2 cara di bawah ini:

1. Reset Password

Cara pertama untuk mengatasi akun Instagram yang dinonaktifkan oleh pihak Instagram adalah dengan mengganti password. Caranya, Sobat MEA cukup buka halaman Instagram untuk melakukan login seperti biasanya. Tapi cukup masukkan email atau username saja. Kemudian klik Forgot Password. Sobat MEA akan menerima email dari Instagram untuk mengganti password baru.

2. Ajukan Banding

Sobat MEA juga bisa mengajukan banding ke pihak Instagram untuk mengembalikan akun yang dinonaktifkan. Namun pastikan Sobat MEA tidak melanggar ketentuan apapun yang membuat akun jadi dinonaktifkan oleh Instagram.

Sobat MEA bisa ke pusat bantuan untuk mengajukan banding dan dapat menggunakan akun Instagram kembali dengan normal. Cara ini belum tentu akan berhasil, namun tidak ada salahnya untuk mencoba, bukan?

Sekian cara lengkap untuk menonaktifkan akun Instagram secara sementara dan permanen hingga cara mengembalikan akun Instagram yang dinonaktifkan. Cobain caranya sekarang juga!

You may also like

Leave a Comment