Penting Untuk Pebisnis Kuliner, Gini Cara Jual Makanan di Shopee yang Laris Manis!

cara jual makanan di shopee

Sobat MEA ingin berbisnis kuliner online? Kini bisa Sobat MEA lakukan melalui Shopee. Terkhusus jika ingin menjual dengan sistem pre-order. Emang bisa jual makanan di Shopee? Eits, jangan khawatir, ada kok cara jual makanan di Shopee yang akan MiMe jelaskan di artikel ini.

Di jaman yang canggih ini, tidak salah sih hanya jual makanan dengan membuka warung/kedai. Tapi agar jangkauan pasar semakin luas, tidak ada salahnya juga coba jual makanan di Shopee. Apalagi Shopee sudah mendapatkan banyak pengunjung yang mencapai 131,7 juta. Tentunya sangat besar kemungkinan kedai makananmu lebih terkenal dan penjualan meningkat. 

Pakai Shopeasytools Aja!

Jika kamu betul-betul ingin otomatis dapat cuan yang lebih mantul!

 Selain itu, ada pilihan pengiriman instant dengan Shopee express, Grab, dan Gojek, Sehingga Sobat MEA tidak perlu khawatir jika ingin jual makanan yang cepat kadaluarsa seperti frozen food, cokelat, bahkan sayur-sayuran dan buah-buahan.

Ya, kini Sobat MEA bisa menjual berbagai jenis makanan di Shopee. Dan untuk mulai berjualan makanan di Shopee pun sangat mudah. Adapun hal-hal yang harus Sobat MEA lakukan akan MiMe jelaskan di bawah ini. 

Emang Bisa Jual Makanan di Shopee?

Sebagai salah satu jenis produk yang banyak peminatnya, kemudian banyak pebisnis yang mencoba peruntungan dengan jual makanan di Shopee. Mengingat pengguna Shopee yang terus bertumbuh. Di samping itu, bisnis kuliner mudah dicari bahan-bahannya dan modalnya pun tidak banyak.

Ingin bisnis untung dengan profit lebih BOOM?!

Join kelas Shopee Mastery Premium dan dapatkan rahasia dapat ribuan orderan perhari di Shopee!

Selain itu, banyak pula yang menganggap berbisnis kuliner itu selain untuk cuan juga untuk menyalurkan bakat memasaknya. Dan Shopee menyediakan banyak kategori produk termasuk makanan. Maka tentu saja sangat bisa untuk jual makanan di Shopee dengan memilih kategori makanan dan minuman. 

Tapi bagi anda yang baru ingin jual makanan online mungkin masih terasa membingungkan. Tapi tenang saja, panduan mengenai cara jual makanan di Shopee akan diuraikan di penjelasan selanjutnya. Simak!

Cara Jual Makanan di Shopee Sampai Laris Manis

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai langkah-langkah untuk menjual makanan di Shopee dengan mudah, bahkan bisa melalui HP, di antaranya:

Mendaftar Akun Shopee

Cara pertama tentu saja punya akun Shopee terlebih dahulu. Jika belum punya aplikasinya, silakan download melalui Play Store atau AppStore. Lalu mulai mendaftarkan diri, di sini. Lalu klik tombol Daftar yang ada di bagian kanan atas website atau aplikasi Shopee. Jika sudah, silakan login dengan username/email dan password

Setting Toko di Seller Centre

Setelah terdaftar di Shopee, maka silakan pilih menu Seller Centre yang ada di bagian pojok kiri atas. Sobat MEA akan diarahkan ke halaman dashboard penjual. Di halaman tersebut, pilih pengaturan toko, lalu lengkapi profil toko dengan foto profil toko, isi nama toko,deskripsi toko, logo toko, dan banner toko, lalu klik simpan.

Pilih Jasa Pengiriman

Kemudian pilih menu tambah alamat baru, lalu isi kolom dengan alamat lokasi usaha dan rincian alamat toko. Setelahnya, pilih jasa pengiriman yang diinginkan. Khusus makanan untuk pesanan jarak dekat, silakan pilih juga jasa pengiriman instant/sameday dengan Gojek, Grab, dan Shopee express. 

Isi Rekening Bank

Langkah berikutnya yaitu mengisi nomor rekening bank dengan cara klik menu kartu/rekening bank. Pada menu ini, isi rincian rekening bank yang aktif untuk melakukan transaksi pembayaran atau menerima pembayaran. Lalu lakukan verifikasi dengan memasukkan password untuk akun toko Shopee milikmu.

Mulai Berjualan

Jika langkah-langkah di atas sudah selesai, maka Sobat MEA sudah bisa mulai berjualan. Untuk memulainya, tentu saja harus mencantumkan produk dengan klik icon kotak di bagian samping nama akun. Lalu klik produk saya dan klik tambah produk baru. Setelahnya, tinggal cantumkan nama produk, daftar jual di Shopee, serta pilih kategori produk makanan.

Lengkapi Rincian Produk

Agar dapat menarik pembeli, isi form yang tersedia dengan deskripsi yang lengkap tentang produk makanan yang dijual, seperti Informasi seperti deskripsi, merek, asal produk, serta bahan-bahan. Cantumkan juga harga dan ketersediaan stok produk. Upload foto produk, dan rincian masing-masing produk sekaligus pengiriman berupa ukuran paket, serta ongkos kirim.

Jika sudah selesai, maka Sobat MEA siap berjualan makanan di Shopee! Jika ingin jual makanan lainnya, cukup mengulangi langkah tersebut sampai semua produk jualan terupload di Shopee. Toko pun siap berjualan!

Bagaimana Cara Jual Makanan di Shopee Laris Manis?

Setelah mengetahui cara memulai jualan makanan di Shopee, saatnya menyusun strategi agar produk bisa laku dan cepat dilirik oleh pengunjung. Sebagai tambahan, MiMe berikan beberapa strategi jual makanan yang laris manis di Shopee yang bisa Sobat MEA coba. Berikut strateginya:

Pilih Produk yang Cocok

Shopee pada awalnya dikenal dengan lebih banyak pengguna wanita. Tapi seiring berjalannya waktu, banyak juga pria yang ingin berbelanja di Shopee. Oleh karena itu, silakan perhatikan hal ini untuk makanan yang Sobat MEA jual, agar mendapatkan lebih banyak keuntungan. 

Gunakan Fitur Live Chat

Untuk jualan lebih cepat laku, Shopee juga menyediakan berbagai fitur menarik yang membantu penjualan, salah satunya Live Chat yang dapat memudahkan penjual untuk berkomunikasi langsung kepada konsumen. Contohnya, ketika stok barang habis, Sobat MEA bisa langsung menginformasikannya. Sobat MEA patut gunakan fitur ini baik untuk informasi maupun promosi.

Aktifkan Fitur Gratis Ongkir

Siapa sih yang tidak suka gratisan? Meskipun hanya gratis ongkir, tapi hal ini sangat membantu konsumen menekan budget saat berbelanja. Tentu saja bisa menjadi solusi untuk mendatangkan banyak pembeli. Konsumen akan merasa puas dan tidak terbebani biaya ongkos kirim. 

Perbanyak Produk

Eits, jangan salah, jumlah produk pada etalase toko ternyata bisa mempengaruhi tingkat penjualan. Karena dengan jumlah produk yang banyak, memberikan banyak variasi produk yang dilihat oleh para konsumen.

Jadi Seller Laris, Bikin Bisnis Makin Eksis!

Tingkatkan sales penjualanmu di Shopee dengan strategi terkini. Dan temukan strateginya hanya di sini!

Perbanyak Followers

Selain rating, pengunjung biasanya mempertimbangkan followers saat berbelanja online. Oleh karena itu, penting untuk memperbanyak followers bisa dengan promosi maupun bagi-bagi voucher belanja. Usahakan followers tersebut organic. Agar ketika Sobat MEA mempublikasikan sebuah produk, maka followers mendapatkan notifikasi.

Ikuti Program Khusus dari Shopee

Shopee sering mengadakan program khusus bagi penjual. Salah satunya program flash sale. Adapun syarat untuk mengikuti program ini yaitu dengan cara menjual produk-produk yang termasuk hot list, harga produk lebih murah daripada pesaing, foto yang berkualitas tinggi, dan performa toko cukup di atas rata-rata.

Setelah memenuhi persyaratan tersebut, maka akan semakin besar kesempatanmu untuk mengikuti program Flash Sale. Program ini juga dinilai sebagai cara terbaik berjualan untuk meningkatkan penjualan di Shopee.

Nah, itu dia cara jual makanan di Shopee sekaligus strategi laris manisnya. Tertarik untuk beralih ke jual makanan online? Silakan Sobat MEA bisa mulai ikuti cara-cara di atas. Sobat MEA juga bisa banget mendapatkan strategi-strategi jitu jualan di Shopee lainnya melalui kelas Shopee MEA. Gabung sekarang!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.