Seller Wajib Tahu! Ini Besaran Biaya Admin Tokopedia Terbaru!

by Bimboi
biaya admin tokopedia

Tokopedia merupakan salah satu platform marketplace yang banyak digandrungi oleh seller dari berbagai macam industri. Namun, tidak semua seller tahu bahwa ada biaya yang harus mereka bayarkan setiap bulan jika berjualan melalui Tokopedia. Karena itu, untuk Sobat MEA yang ingin mulai berjualan di Tokped wajib tahu berapa biaya admin Tokopedia. 

Seperti platform marketplace lainnya. Tokopedia merupakan salah satu media yang dapat digunakan oleh seller bertemu dengan pembeli untuk aktivitas jual-beli.

Sobat MEA bisa menjual berbagai macam produl. Produk yang bisa Sobat MEA jual dapat berupa produk fashion, home appliance, peralatan outdoor, alat kesehatan, bahan makanan, makanan siap saji, beauty products, bahkan kendaraan bermotor!

Bagi para seller yang ingin berjualan di Tokopedia tentu punya pertanyaan berapa biaya admin Tokopedia yang harus dikeluarkan oleh seller? Apakah biaya admin ini sama dengan biaya admin marketplace lain? 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kali ini kita akan memberitahu berapa besaran biaya admin yang harus Sobat MEA keluarkan. Namun, sebelum terjun langsung ke topik permasalahan, ada alasan di balik kenapa harus ada biaya administrasi Tokopedia yang mungkin tidak semua seller tahu. 

Kenapa Harus ada Biaya Administrasi?

Mau belajar jualan online mulai dari 0 sampai bisa?

Saatnya untuk gabung di Komunitas Seller Marketplace MEA

Biaya administras tidak hanya berlaku pada platform Tokopedia saja. Marketplace lain seperti Shopee juga menerapkan hal yang sama. Biaya administrasi ini juga turut membantu pembeli untuk mendapatkan beberapa keuntungan. 

Dikutip dari laman resmi Tokopedia, beberapa biaya yang biasa diterapkan adalah biaya admin jualan, biaya admin bebas ongkir, biaya layanan kartu kredit dan biaya lainnya seperti biaya layanan Tokopedia tanpa kartu kredit.

Lalu, berapa besaran biaya administrasi Tokopedia yang harus dikeluarkan seller agar mereka mendapat kualitas pelayanan yang baik?

3 Tingkatan Seller di Tokopedia

Mau dapat cuan dengan jadi affiliate?

Yuk langsung aja daftar di komunitas jualan online MEA!

Sebelum membahas biaya admin Tokopedia, Sobat MEA wajib mengetahui tingkatkan seller di Tokopedia. Pasalnya, biaya administrasi Tokopedia dapat dihitung dari kategori produk yang terjuala berdasarkan tingkatan keanggotaan seller. Jika Sobat MEA ingin menjadi seller di Tokopedia, yuk kenali terlebih dahulu tingkatan penjual di platform Tokopedia. Berikut ini penjelasannya:

1. Regular Merchant

Regular Merchant merupakan seller yang baru pertama kali berjualan di Tokopedia. Tipe penjual ini akan mendapatkan bermacam-macam keuntungan. Salah satunya adalah 100 transaksi pertama pada platform ini dikenakan bebas biaya admin.

Keuntungan lainnya yang seller baru dapatkan adalah gratis ongkirHal ini tentu membuat pembeli tertarik untuk berkunjung ke toko Sobat MEA dan membeli produk yang dijual. 

2. Power Merchant

Selanjutnya ada Power Merchant. Pada tingkatan ini, seller diberikan beberapa fitur dan fasilitas yang tidak dimiliki oleh Regular Merchant. Salah satunya ada tanda bahwa toko Sobat MEA memiliki kredibiltias yang tinggi.

Kredibilitas toko ini digambarkan melalui verified dan badge yang menunjukkan bahwa toko Sobat MEA dapat lebih dipercaya, peringkat yang lebih tinggi saat pencarian produk, promo yang lebih, dan juga kapasitas etalase yang bertambah hingga 200 produk dan maksimal unggah hingga 5.000. 

Artikel Terkait  Berapa Biaya Toped Admin?

Untuk menjadi Power Merchant, ada syarat khusus, yaitu seller harus melaksanakan verifikasi data diri melalui mengunggah data diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan sudah mendapat skor performa dengan minimal angka 60 poin. 

Akan ada evaluasi di setiap bulan pada seller untuk memberikan status tingkatan. Jika seller berhasil memenuhi kriteria tersebut, maka penjual akan naik tingkatan menjadi Power Merchant Pro dengan segudang keuntungan lainnya.

3. Power Merchant Pro

Setelah mencapai tingkatan Power Merchant Pro, seller mendapatkan manfaat lain berupa fitur dan fasilitas eksklusif. Manfaat tersebut berupa biaya ongkir yang lebih ringan, rating yang meningkat dalam pencarian, biaya ongkir spesial untuk pengiriman instan dan Same Day, Tokopedia Care, dan Badge toko eksklusif. 

 

Beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh seller jika ingin naik kelas ke Power Merchant Pro antara lain, terdapat minimal 3 pesanan selesai, pendapatan bersih dengan minimal nominal Rp 350.000, dan nilai performa toko minimal 70 poin. 

Besaran Biaya Administrasi Tokopedia

Biaya yang harus dikeluarkan oleh Merchant dibagi menjadi kedalam 5 kategori grup berdasarkan jenis produk yang dijual dan juga jenis tingkatan seller. Menurut laman resmi Tokopedia, biaya admin ini mulai dari 1% sampai 4,5% per produk terjual. Untuk informasi lengkapnya Sobat MEA bisa lihat gambar di bawah ini:

biaya admin tokopedia

Kategori Grup 1

Kategori Grup 2

Kategori Grup 2 berisikan produk Dapur, Ibu & Bayi, Kesehatan, Elektronik, Komputer & Laptop, Film & Musik, Mainan & Hobi, Office & Stationery, Makanan & Minuman, Perlengkapan Pesta & Craft, Otomotif, Perawatan Hewan, dan Pertukangan. 

Kategori Grup 3

Kategori Grup 3 berisikan produk Fashion Anak & Bayi, Fashion Wanita, Dapur, Elektronik, Handphone & Tablet, Gaming, Komputer & Laptop, Kamera, Kecantikan, Makanan & Minuman, Pertukangan, Logam Mulia, Olahraga, Otomotif, Properti, dan Pertukangan.

Kategori Grup 4 & 5

Terakhir ada kategori grup 4 dan 5. Untuk Kategori 4 berisikan Handphone & Tablet. Sementara Kategori 5 berisikan Otomotif (Sepeda Motor dan Mobil).

Biaya Layanan Gratis Ongkir

biaya admin tokopedia

Dikutip dari laman resmi Tokopedia, terdapat penyesuaian dalam layanan Bebas Ongkir. Pada layanan program ini, seller dapat mengaktifkannya dengan potongan 4% dengan maksimum Rp10.000 untuk setiap produk yang telah terjual. Lalu, untuk seller yang mengaktifkan fitur Dilayani Tokopedia akan dikenakan biaya Layanan Bebas Ongkir Extra dipotong menjadi 2% dengan maksimum Rp10.000 untuk setiap produk terjual. 

Kebijakan yang ditujukan kepada Tokopedia Seller ini berlaku untuk semua keanggotaan seller, termasuk Regular Merchant, Power Merchant, dan Power Merchant Pro. Penyeuaian biaya Layanan Bebas Ongkir ini sudah diterapkan sejak 12 Januari 2023. Sementara itu, untuk penjual Official Store dan Dilayani Tokopedia telah dilakukan penyesuaian biaya layanan Bebas Ongkir dan Bebas Ongkri Extra sejak 1 Maret 2023. 

Sekian informasi yang dapat penulis sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat MEA yang akan memulai atau sudah berjualan di Tokopedia. Salam satu juta pembeli!

You may also like

Leave a Comment