Apa itu Merchant Dormant Shopee? Ini Penjelasan Lengkapnya!

by Viki
apa itu merchant dormant shopee

Sobat MEA tentu telah menyadari bahwa Shopee telah menjadi pasar online yang banyak peminatnya. Tidak heran jika banyak yang mulai berjualan di Shopee. Tapi meski demikian,ada saja penjual yang mendapatkan istilah “Merchant Dormant”. Tapi masalahnya, apa itu Merchant Dormant Shopee? 

Karena hal ini masih menjadi hal yang kurang familiar bagi pengguna Shopee. Untuk itu, artikel ini akan membahas secara mendalam apa itu Merchant Dormant Shopee, mengapa status ini bisa terjadi, serta bagaimana cara mengatasinya.

Table of Contents

Apa itu Merchant Dormant Shopee?

Mau manfaatkan Shopee hingga cuan?
Yuk gabung diskusi bareng Seller dan Mentor berpengalaman untuk dapatkan tips n trick pentingnya!

Melansir laman Bantuan Shopee, Merchant Dormant adalah akun merchant Shopee yang tidak menerima transaksi selama 2 (dua) tahun sejak tanggal transaksi terakhir. 

Atau dengan kata lain, Merchant Dormant adalah istilah yang menggambarkan penjual atau toko yang tidak aktif dalam jangka waktu tertentu. Ketidakaktifan ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti tidak adanya aktivitas penjualan, kurangnya update produk, atau penjual yang jarang login akun.

Status dormant ini bisa berdampak negatif pada visibilitas toko dan penjualan, karena algoritma Shopee cenderung memprioritaskan toko yang aktif. Sayangnya banyak penjual yang tidak menyadari hal ini, sehingga mengakibatkan kerugian tersendiri pada tokonya. 

Cara Mengaktifkan Akun Merchant Dormant

Saldo ShopeePay makin gendut bareng MCN Shopee MEA!
Tentunya dengan memaksimalkan promosi Afiliasi yang lebih mudah dan supportif bareng ahlinya~

1. Melalui Email

Biasanya merchant mendapatkan email ketika toko Shopee dinonaktifkan karena Merchant Dormant. Silakan Sobat MEA cek email yang terdaftar di akun Shopee dan isi formulir reaktivasi melalui email yang dilampirkan pada email tersebut. 

2. Melalui Aplikasi Shopee Partner

Jika Sobat MEA sebelumnya menggunakan aplikasi Shopee Partner untuk menjalankan tokomu, Sobat MEA bisa buka aplikasi tersebut untuk masuk ke outlet yang dinonaktifkan. Kemudian isi formulir dengan klik tombol Reaktivasi pada pop up notifikasi yang muncul.

3. Melalui Help Center

Atau, Sobat MEA bisa membuka artikel pada halaman Help Center, dan carilah artikel yang menjelaskan tentang “Merchant Dormant”, lalu isi formulir pengajuan Reaktivasi Merchant untuk mengaktifkan kembali akun merchant Shopee milikmu. 

Demikian penjelasan tentang apa itu Merchant Dormant hingga cara mengaktifkannya kembali yang penting untuk diketahui oleh para penjual di Shopee. Dengan demikian, Sobat MEA bisa melakukan pencegahan status ini dan menjalankan toko Shopee yang lebih maksimal. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment