Apa itu Kode 6 Digit TikTok? Ini Penjelasan dan Cara Kerjanya!

by Viki
apa itu kode 6 digit tiktok

Sebagai media sosial terbesar di dunia, TikTok tentunya ingin menciptakan ruang yang aman. TikTok terus mengembangkan fitur-fitur keamanan untuk melindungi penggunan. Salah satu fitur keamanan yang penting yaitu kode 6 digit. Yuk kenali apa itu kode 6 digit TikTok beserta alasan penting hingga cara kerjanya. 

Table of Contents

Apa itu Kode 6 Digit TikTok?

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Melansir laman TikTok, Kode 6 digit TikTok adalah bagian dari mekanisme verifikasi dua langkah (Two-Factor Authentication atau 2FA) untuk meningkatkan keamanan akun pengguna.

Sedangkan Verifikasi dua langkah adalah metode yang memerlukan dua bentuk identifikasi sebelum mengakses akun. Bisa dibilang, kombinasi antara password, username, hingga perangkat yang digunakan oleh pemilik akun.

Ketika Sobat MEA mencoba masuk ke akun dari perangkat baru atau setelah reset kata sandi, TikTok akan mengirimkan kode verifikasi 6 digit ke nomor telepon atau alamat email yang terhubung dengan akun tersebut. Pengguna harus memasukkan kode tersebut di aplikasi TikTok untuk menyelesaikan proses login atau reset kata sandi yang diperlukan.

Kenapa Kode 6 Digit TikTok Penting?

Saatnya aktif di TikTok dan raup penghasilan tinggi
Bareng partner Affiliate dan kolaborasi yang potensial di MCN TikTok MEA! Full bimbingan~

Menggunakan kode 6 digit di TikTok sangatlah penting untuk memberikan lapisan keamanan pada akun TikTok. Selain itu, ada beberapa kegunaan lain yang menjadi alasan kenapa kode 6 digit TikTok itu penting, di antaranya:

1. Melindungi Akun dari Peretasan

2. Mendapatkan Notifikasi Masuk Tidak Sah

Jika ada seseorang yang mencoba mengakses akunmu tanpa izin, Sobat MEA akan menerima notifikasi melalui kode 6 digit yang melalui SMS atau atau email. Sobat MEA pun memiliki kesempatan untuk segera mengambil tindakan seperti mengganti kata sandi dan upaya lainnya untuk mengamankan akun. 

3. Menjaga Data Pribadi

Penggunaan kode verifikasi juga membantu melindungi informasi pribadi pengguna. Jika seseorang mencoba mengakses akun tanpa izin, mereka akan terhalang oleh proses verifikasi ini, sehingga mencegah pencurian data pribadi dan informasi sensitif lainnya.

Cara Kerja 6 Digit TikTok

Ada pun cara kerja kode 6 digit TikTok cukup sederhana, tapi efektif untuk menjaga keamanan akun. Berikut uraian lengkapnya:

1 Permintaan Kode

Ketika pengguna mencoba melakukan tindakan yang memerlukan verifikasi, seperti login atau pendaftaran, TikTok akan meminta pengguna untuk memasukkan kode 6 digit.

2. Pengiriman Kode

Kemudian TikTok mengirimkan kode tersebut ke nomor telepon atau alamat email yang tehubung dengan akun pengguna. Pengiriman ini biasanya dilakukan melalui SMS atau email yang didaftarkan pada akun TikTok. 

3. Memasukkan Kode 

Setelah menerima kode, pengguna harus memasukkan kode tersebut ke dalam aplikasi TikTok di kolom yang tertera. 

4. Verifikasi Kode

TikTok akan memverifikasi kode yang dimasukkan. Jika kode yang dimasukkan benar, tindakan yang diminta oleh pengguna akan disetujui. Jika tidak, pengguna akan diminta untuk mencoba lagi atau meminta kode baru.

Jadi, begitulah informasi tentang apa itu kode 6 digit TikTok yang perlu Sobat MEA pahami. Dengan verifikasi akun TikTok dengan benar, Sobat MEA dapat menggunakan TikTok dengan lebih aman dan nyaman. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment