Berapa Lama Waktu Verifikasi Akun TikTok Shop? Berikut Penjelasannya!

by Viki
waktu verifikasi tiktok shop

Jika sedang merintis bisnis online, Sobat MEA patut mencoba untuk membuka toko di TikTok Shop. Sama seperti e-commerce lainnya, buka toko di sana juga perlu waktu verifikasi TikTok Shop kemudian baru bisa berjualan dan memanfaatkan semua fiturnya. 

Seperti yang kita ketahui, TikTok merupakan sosial media yang sangat populer. Begitupun TikTok Shop. Menurut DataIndonesia, TikTok memiliki 1,4 miliar pengguna di tahun 2022 dan rata-rata suka berjualan dan berbelanja di TikTok Shop.

Tentunya hal ini merupakan kesempatan besar untuk meraup cuan sebanyak-banyaknya. TikTok Shop memiliki berbagai fitur yang penting bagi pebisnis seperti TikTok Ads, performance tracking real time, insight trending content, dan masih banyak lagi. 

Nah, dengan banyaknya pengguna serta fitur tersebut, tentu saja dapat memberikan keuntungan lainnya. Itulah mengapa mengapa Sobat MEA wajib mulai berbisnis di TikTok Shop. Hanya saja, sebelum memulai pembukaan toko, pastikan Sobat MEA memahami cara verifikasi dan berapa lama nunggu verifikasi TikTok Shop Seller Center yang berlaku pada akun TikTok baru tersebut. 

Table of Contents

Penjelasan Verifikasi TikTok Shop

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Perlu diingat, untuk dapat berjualan di TikTok, pastikan Sobat MEA telah memiliki akun TikTok seller yang terverfikasi. Sebenarnya cara verifikasi TikTok Shop ini sangatlah mudah. Semua pelaku usaha yang mendaftar TikTok Shop tentu akan mendapatkan verifikasi dengan mudah dan cepat. 

1. Bagaimana Cara Verifikasi Akun TikTok Shop?

Lain halnya jika Sobat MEA sudah memiliki akun TikTok Shop. Sobat MEA bisa langsung promosi dan menjualkan produk melalui video postingan, TikTok ads, dll. Nah setelah itu, pastikan sudah melakukan verifikasi akun melalui langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk ke akun TikTok Seller melalui situs web TikTok Shop.
  • Isi data dan informasi yang berhubungan dengan toko.
  • Lengkapi data dengan nomor telepon bisnis, alamat usaha, lokasi warehouse kalau ada, dan kontak orang yang dapat dihubungi. 
  • Lalu tekan Add Product untuk menambah produk yang ingin dijual di TikTok Shop.
  • Lakukan verifikasi data menggunakan nomor HP atau email yang didaftarkan agar produkmu muncul di laman TikTok Shop. 
  • Unggah dokumen resmi yang berhubungan dengan bisnismu. Bahkan Sobat MEA mungkin akan diminta untuk mengunggah legalitas usaha, KTP atau paspor yang masih berlaku.
  • Selesai! Pastikan lakukan dengan cermat agar verifikasi dokumen TikTok Shop dapat segera disetujui, lalu tinggal tunggu berapa lama pengecekan produk di TikTok Shop.
Saatnya Jualan di TikTok Shop Lebih Cuan Lebih Mudah Bareng MCN MEA!
Tentunya bareng partner profesional yang siap bantu promosi lebih maksimal~

2. Berapa Lama Waktu Verifikasi TikTok Shop?

Dilansir dari laman TikTok Shop Academy, berapa lama verifikasi TikTok Shop hanya memakan waktu 1 hari atau paling lambat 2×24 jam (tidak termasuk hari libur).

Meski demikian, beberapa pengguna justru bisa mengalami proses verifikasi hingga 7 hari (tidak termasuk hari libur). Hal ini tergantung pada kelengkapan data dan dokumen yang pengguna upload.  

Cara Mengatasi Masalah Verifikasi Pendaftaran TikTok Seller

Tapi bagaimana jika verifikasi pendaftaran TikTok Shop selalu gagal? Sebenarnya ada beberapa cara mengatasi verifikasi toko TikTok gagal yang bisa dilakukan seperti cek kembali semua dokumen yang diperlukan, melakukan verifikasi ulang hingga menghubungi Customer Service TikTok Shop. Adapun langkah-langkah untuk solusi yang tepat terkait verifikasi TikTok Seller, yaitu:

1. Pahami Syarat dan Ketentuan

Pertama, Sobat MEA perlu cek kembali dan pahami syarat dan ketentuannya. Pastikan Sobat MEA memenuhi semua syarat dan ketentuan yang dibutuhkan dalam membuat toko di TikTok.

2. Lengkapi Persyaratan Verifikasi TikTok Shop

Sobat MEA juga perlu mengecek kembali apakah semua dokumen persyaratan sudah lengkap seperti cek KTP, nama toko, alamat email, nomor telepon, nomor rekening dan lain sebagainya. 

3. Upload Dokumen Secara Lengkap

Selain itu, Sobat MEA juga perlu mengecek upload dokumen apakah sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku atau belum seperti cek format file atau dokumen yang diperlukan, cek ukuran dokumen yang di upload, dan cek dokumen lainnya.

4. Ulangi Verifikasi TikTok Shop

Jika semuanya sudah dilakukan, harap lakukan verifikasi ulang TikTok Shop. Jika Sobat MEA sudah memenuhi dan mengecek kembali dokumen atau data yang diperlukan, proses verifikasi TikTok Shop tentunya berpeluang berhasil atau lolos.

5. Hubungi CS TikTok Shop

Jika Sobat MEA sudah melakukan semua cara mengatasi masalah verifikasi tapi masih tetap gagal atau ditolak, artinya perlu menghubungi CS TikTok Shop melalui halaman bantuan TikTok atau kunjungi situs web kontak TikTok di sini

You may also like

Leave a Comment