Apa Itu Follow Up? Ini Pengertian, Fungsi, Hingga 5 Cara Mudahnya!

by Viki
apa itu follow up

Sobat MEA tentu sering mendengar kata-kata follow up di mana menjadi istilah bahasa Inggris yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Tapi sebagian orang justru belum tahu apa itu follow up. Hal ini menjadi wajar mengingat kata follow up ini punya banyak arti dan makna sesuai dengan konteks yang sedang dibicarakan.

Menurut Merriam Webster, follow up adalah tindakan atau tindak lanjut seseorang untuk suatu hal. Biasanya istilah follow up digunakan dalam dunia bisnis dan pekerjaan.

Dalam dunia bisnis, follow up bertujuan untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan mengenalkan bisnis lebih dalam lagi kepada mereka. Nah, dalam hal ini, mari pelajari lebih lanjut apa itu follow up yang akan MiMe jelaskan di bawah ini. 

Apa itu Follow Up?

Belajar maksimalkan teknik follow up dengan WhatsApp Marketing

Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller MEA sekarang juga!

Seperti yang disinggung sebelumnya, arti kata follow up adalah tindakan atau tindak lanjut yang dilakukan seseorang. Ini berarti jika Sobat MEA menindaklanjuti sesuatu yang telah dilakukan, Sobat MEA mencoba melakukan hal lebih lanjut.

Biasanya, tindak lanjut ini adalah suatu tindakan yang dilakukan setelah mengenalkan produk kepada orang lain untuk tujuan tertentu. Oleh karenanya, follow up sering digunakan dalam bisnis maupun pekerjaan. 

Dalam bisnis, follow up sangat diperlukan untuk membantu menyelesaikan masalah pelanggan ataupun menarik pelanggan baru. Dan prosesnya harus dilakukan secara konsisten. Ini diperlukan untuk membuat pelanggan merasa nyaman dan setia terhadap bisnis dan produk yang ditawarkan.

Selain itu, follow up dapat membangun sistem kerja yang lebih maksimal. Sobat MEA akan mudah tanggap terutama jika ada hal-hal yang harus dibenahi yang berkaitan dengan relasi yang sudah terjalin antara Sobat MEA dan pelanggan. 

Artikel Terkait  Ini Dia Cara Memulai Bisnis Online Bagi Kamu yang Masih Pemula

9 Manfaat Melakukan Follow Up Dalam Bisnis

Setelah menjelaskan apa itu follow up, tentunya menjadikan follow up itu sendiri memiliki fungsi yang berguna, berikut uraiannya:

  1. Mendorong pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang dijual. 
  2. Menggerakan prospek dan pelanggan secara maksimal.
  3. Membuat bisnis lebih maju dibandingkan kompetitor.
  4. Membuka peluang bisnis untuk menghasilkan uang.
  5. Menjadi cara untuk mengingatkan calon konsumen tentang penawaran produk sebelumnya atau sebagai pengingat.
  6. Membangun rasa percaya pelanggan terhadap bisnis tersebut.
  7. Menyampaikan informasi atau update terbaru tentang produk maupun bisnis secara keseluruhan.
  8. Meningkatkan retensi pelanggan supaya mereka menjadi loyal terhadap produk maupun bisnis.
  9. Mendatangkan kritik atau saran dari pelanggan yang sangat bermanfaat untuk bisnis.

5 Cara Melakukan Follow Up yang Benar dalam Bisnis

Nah, setelah mengetahui pengertian dan beragam manfaatnya, Sobat MEA juga harus mengetahui bagaimana sih cara melakukan follow up yang baik dan benar. Nah berikut adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk melakukan follow up:

1. Buatlah Rencana

Pertama, Sobat MEA tentu perlu membuat rencana follow up dengan pemberitahuan agar prosesnya dapat berjalan secara efisien dan efektif. Sobat MEA dapat melakukan follow up melalui telepon, WhatsApp, sosial media sampai dengan email.

2. Minta Referensi

Jika pelanggan merasa puas, biasanya mereka bersedia untuk merekomendasikan kepada pelanggan lain tentang bisnismu. Ketika rekomendasi mereka dapatkan dari seseorang yang benar-benar menggunakan produk bisnis tersebut, maka bisnis berpeluang untuk memiliki kredibilitas dan kepercayaan ekstra.

Jangan takut untuk meminta review bagus dari pelanggan jika memang produk yang Sobat MEA jual membuat pelanggan merasa puas.

3. Lanjutkan Penjualan Kedua

4. Jangan Mengintimidasi Pelanggan

Dalam follow up, pastikan tidak ada paksaan saat menawarkan produk ke pelanggan. Karena jika Sobat MEA menawarkannya dengan memaksa baik to the point ataupun secara halus, pelanggan bisa merasa tengganggu ataupun risih. 

5. Berikan Catatan Terima Kasih

Jangan lupa untuk memberikan catatan terima kasih kepada pelanggan yang Sobat MEA hubungi. Pastikan catatan tersebut berisi detail nama dan kontak yang bisa dihubungi jika mereka memiliki masalah atau pertanyaan.

Demikian penjelasan mengenai apa itu follow up beserta fungsi dan cara melakukannya. Ini merupakan langkah yang penting setelah memperkenalkan produk yang bisa membantumu mencapai target penjualan yang ditetapkan. Maka semoga artikel ini dapat bermanfaat untukmu sebagai pebisnis!

You may also like

Leave a Comment