10 Format FB Ads, Dari Penjelasan Sampai Manfaatnya Masing-Masing. Simak!

by Husna Rahman
format fb ads

Dalam era digital yang semakin maju, Facebook menjadi salah satu platform pemasaran online yang paling efektif. Berkat adanya Facebook Ads, Sobat MEA mungkin untuk menargetkan para pengguna Facebook berdasarkan preferensi mereka. Menariknya lagi, Sobat MEA bisa menggunakan beragam format FB Ads yang sesuai dengan kebutuhan.

Sudah bukan rahasia lagi, Facebook Ads ini sudah menjadi fitur yang bisa membantu pebisnis berskala kecil, menengah dan besar untuk meningkatkan visibilitas produk atau layanan. Belum lagi, Sobat MEA bisa memperluas jangkauan audiens secara signifikan. Selain itu, ada beragam manfaat lain yang bisa Sobat MEA dapatkan saat menggunakan iklan Facebook. Salah satunya adalah meningkatkan pendapatan alias melakukan scale up bisnis online.

10 Format FB Ads dan Manfaatnya

Mau belajar jualan online di sosial media bareng seller lain?

Yuk gabung grup bisnis di Komunitas MEA GRATIS!

Nah setelah mengetahui beragam manfaat yang bisa Facebook Ads berikan, Sobat MEA juga harus mengetahui tentang format FB Ads beserta kegunaannya masing-masing. Yuk langsung aja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. Check this out~

1. Iklan Gambar

Pertama ada Iklan gambar. Iklan gambar merupakan format iklan Facebook yang paling umum pebisnis gunakan. Format ini memungkinkan Sobat MEA untuk menampilkan produk atau layanan .dengan jelas.  dan menarik perhatian pengguna Facebook yang mungkin tertarik dengan apa yang ditawarkan oleh pebisnis. Penting untuk memilih gambar yang menarik dan berkualitas tinggi untuk memastikan iklan Anda memperoleh perhatian yang pantas.

2. Iklan Video

Mau jago ngiklan di Facebook dan Instagram?

Yuk gabung di Kelas Belajar FB/IG Ads Komunitas MEA

Dewasa ini, video menjadi format yang paling digemari oleh pengguna media sosial. Karena itu, Facebook juga punya format berupa iklan video Facebook. Dengan menggunakan format FB Ads ini, Sobat MEA bisa menampilkan produk atau layanan dalam bentuk yang dinamis.

Fomat iklan video ini tersendiri untuk video panjang atau pendek.  Terlepas dari itu, Sobat MEA harus bisa membuat sebuah iklan video yang menarik perhatian. Sebab, kebanyakan pengguna biasanya akan melihat iklan hanya dalam beberapa detik. Manfaatkan hal tersebut dan buat calon pembeli tertarik pada produk atau layanan yang Sobat MEA sediakan.

3. Iklan Carousel

Selanjutnya ada iklan carousel. Format iklan satu ini memungkinkan calon pembeli melihat beberapa gambar atau beberapa video dalam satu iklan. Nah jenis iklan carousel ini sangat bagus untuk mempromosikan beberapa produk atau layanan yang berbeda. Singkatnya, Sobat MEA bisa mempromosikan beberapa produk dalam satu iklan jika menggunakan format iklan carousel.

4. Iklan Koleksi

format fb ads

Iklan koleksi ini merupakan format iklan Facebook yang relatif baru dan sangat efektif dalam menampilkan produk atau layanan di aplikasi Facebook. Pada format ini, Sobat MEA mungkin untuk menampilkan gambar atau video utama yang diikuti oleh produk atau layanan yang ditampilkan di bawahnya. Nah nantinya, Sobat MEA bisa memasukan sebuah link yang akan mengarahkan calon pembeli ke halaman untuk melihat lebih lengkap produk yang Sobat MEA tawarkan.

5. Iklan Slideshow

6. Iklan Tawaran

Mau pasang iklan di Facebook, dapet untung tanpa harus cape?

Pakai jasa FB Ads MEA aja!

Kemudian ada format iklan tawaran. Format iklan ini memungkinkan Sobat MEA untuk membuat tawaran pada produk atau layanan. Salah satu keunggulan dari iklan ini adalah Sobat MEA bisa menampilkan iklan tawaran di beragam tempat di Facebook mulai dari Beranda, Halaman Bisnis sampai kolom iklan. Biasanya jenis iklan ini sangat efektif meningkatkan penjualan karena Sobat MEA bisa membuat tawaran diskon yang menggiurkan.

7. Iklan Berita

Selanjutnya ada iklan berita. Umumnya, iklan ini akan menampilkan adalah format iklan Facebook yang menampilkan link atau tautan ke halaman web di luar Facebook. Nah iklan ini sangat berguna buat Sobat MEA yang ingin mengarahkan para pengguna Facebook ke situs website dan meningkatkan traffic web. 

Kendati demikian, Sobat MEA tetap harus memasukan link atau tautan yang relevan, user-friendly dan menarik agar bisa memberikan pengalaman yang memuaskan untuk calon pembeli.

8. Iklan Dinamis

Kemudian ada iklan dinamis. Iklan ini biasa digunakan oleh banyak pebisnis agar produk yang mereka tawarkan tertarget dan relevan dengan pengguna Facebook. Sedikit pengetahuan, iklan ini memanfaatkan data pengguna Facebook. Karena itu, iklan satu ini sangat berguna untuk Sobat MEA yang punya beragam jenis produk untuk dipasarkan.

9. Iklan Pengayaan Lokal

10. Iklan Canvas

Terakhir ada iklan Canvas. Banyak yang belum tahu kalau iklan canvas adalah format fb Ads yang paling interaktif dan bisa dijelajahi oleh calon pelanggan. Singkatnya, Sobat MEA bisa menampilkan produk dengan cara unik, mengalir dan menarik perhatian dengan instan.

Nah itulah 10 format FB Ads yang bisa Sobat MEA gunakan saat beriklan di Facebook. Perlu Sobat MEA catat, saat memilih format iklan, Sobat MEA harus memperhatikan tujuan dan juga target pasar. Perhatikan juga kualitas isi iklan yang akan ditampilkan. Misalnya membuat gambar yang berkualitas, video yang menarik sampai membuat kata-kata jualan di Facebook yang membuat calon pembeli menjadi ingin melihat iklan Sobat MEA.

You may also like

Leave a Comment