7 Tips Scale Up Bisnis Online Paling Efektif Tingkatkan Pendapatan. Pebisnis Merapat!

by fiqhi
scale up bisnis online

Dalam era digital seperti sekarang, bisnis online menjadi salah satu cara menghasilkan uang yang sedang populer dan digeluti oleh banyak orang. Karena semakin populer, tentu saja persaingan antar pebisnis menjadi semakin ketat. Sobat MEA tentu saja harus punya strategi yang tepat untuk meningkatkan bisnis yang sedang dijalani. Nggak perlu khawatir, kami sudah merangkum 6 tips scale up bisnis online yang paling efektif.

Seperti sudah disebutkan, dalam artikel ini kita akan membahas secara mendalam cara dan tips scale up bisnis online yang paling efektif dan terbukti berhasil di terapkan pada banyak pebisnis. Mulai dari penentuan tujuan binsis sampai penguasaan digital marketing. Nah buat Sobat MEA yang penasaran yuk langsung aja simak penjelasan lengkapnya bawah ini! Check this out~

Apa itu Scale Up Bisnis?

Mau belajar digital marketing gratis?
Yuk gabung di Komunitas Bisnis di MEA dan diskusi bersama para pebisnis lain

Apa itu scale up penting untuk dipahami terlebih dahulu sebelum kami membagikan tipsnya. Scale up bisnis adalah proses pengembangan bisnis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan pendapatan. Umumnya, scale up bisnis dilakukan oleh para pebisnis yang ingin mengembangkan usaha secara signifikan, meningkatkan pangsa pasar mereka sampai memperluas jangkauan bisnisnya.

Scale up bisnis online ini tidak hanya diterapkan pada bisnis berskala besar saja, namun juga dapat dilakukan oleh bisnis UMKM. Seperti misalnya saja Sobat MEA memiliki bisnis kue kering rumahan yang tadinya hanya dipasarkan ke orang terdekat saja. Kemudian Sobat MEA memutuskan untuk memperkerjakan karyawan agar bisa membantu proses produksi dan distribusi produk. Sobat MEA juga merekrut seorang admin di sosial media untuk membagika setiap unggahan yang diperlukan. Hal ini juga merupakan scale up bisnis online karena Sobat MEA meningkatkan kemampuan produksi untuk mendapatkan penjualan lebih.

Artikel Terkait  5 Kekurangan Pemasaran Offline yang Perlu Dipertimbangkan

Setelah mengetahui arti scale up di atas, tentu Sobat MEA sudah meyadari bahwa scale up bukan proses yang mudah. Proses ini melibatkan beragam strategi yang tepat untuk mencapai tujuan yang Sobat MEA inginkan. Saat melakukan scale up, Sobat MEA perlu meningkatkan efisiensi biaya, investasi yang tepat, hingga pemanfaatan sumber daya yang ada. Nah untuk melakukan hal-hal tersebut, berikut ini ada 6 langkah-langkah scale up bisnis online paling efektif. Check this out

6 Tips Scale Up Bisnis Online Paling Efektif

Jasa digital marketing Komunitas MEA
Terbukti meningkatkan omzet para pebisnis secara signifikan

Nah buat Sobat MEA yang sudah penasaran bagaimana cara scale up bisnis, yuk langsung aja kita masuk ke 6 tips beserta penjelasannya langsung. Simak!

1. Menentukan Tujuan Bisnis Online

Langkah pertama dalam scale up bisnis adalah menetapkan tujuan bisnis. Dengan mentapkan tujuan yang jelas, Sobat MEA akan lebih mudah untuk menerapkan strategi pencapaiannya. Seperti mulai dari penambahan modal, tambahan tenaga kerja, meningkatkan jumlah produksi, hingga strategi untuk melakukan pemasaran produk.

Apakah Sobat MEA ingin meningkatkan penjualan? Atau ingin meningkatkan awareness?Atau ingin meningkatkan keterlibatan dan interaksi pembeli dan calon pembeli? Kalau sudah mengetahui hal ini, Sobat MEA bisa membuat strategi yang sesuai dengan tujuan tersebut.

2. Mempelajari Target Pasar

scale up bisnis online

Tips selanjutnya yang juga kadang para pebisnis online pemula lewatkan adalah mempelajari target pasar. Sobat MEA perlu memahami hal ini dengan baik. Sebab, hal ini akan menentukan banyak hal. Mulai dari melakukan promosi sampai pembentukan persona brand atau toko Sobat MEA.

3. Mengembangkan Tim

Langkah-langkah scale up berikutnya adalah dengan mengembangkan tim. Karena seperti yang kita ketahui, scale up bisnis adalah upaya untuk mengembangkan bisnis yang dijalankan. Agar proses pengembangan semakin berhasil, Sobat MEA harus memiliki tim yang solid dan memiliki tujuan yang sama.

Mengembangkan tim tidak selalu harus menambah jumlah karyawan. Sobat MEA juga bisa mendaftarkan tim ke bootcamp untuk meningkatkan pengetahuan mereka mengenai bisnis yang akan dikembangkan. Dengan SDM yang berkualitas, tentunya Sobat MEA akan lebih mudah dalam mengembangkan bisnis.

4. Menggunakan Sosial Media Dengan Efektif

scale up bisnis online

Seperti kita ketahui, sosial media sekarang sudah bisa menjadi salah satu platform pemasaran yang efektif untuk mengembangkan bisnis. Tapi perlu Sobat MEA ketahui, nggak semua platform sosial media cocok untuk sebuah bisnis. Setiap bisnis umumnya punya platform kuatnya masing-masing.

Sobat MEA perlu memilih platform sosial media yang tepat untuk bisnis yang dijalankan. Setelah itu, Sobat MEA harus memastikan untuk menggunakannya secara efektif. Pakai media sosial untuk melakukan promosi sampai membuat konten yang menarik. Dengan melakukan dua hal tersebut, Sobat MEA bisa berinteraksi dengan calon pembeli dengan lebih intens.

5. Menawarkan Pelayanan Terbaik

Memberikan pelayanan terbaik adalah salah satu cara scale up bisnis online yang efektif. Perlu Sobat MEA ingat, layanan pelanggan yang baik bisa membuat pembeli bisa loyal dan melakukan repeat order.

6. Menguasai Digital Marketing

Mau belajar jualan di TikTok Shop secara efektif?
Yuk gabung Kelas TikTok Premium MEA

Berikutnya, Sobat MEA harus bisa menjangkau calon pembeli dalam skala yang lebih luas dan nggak terbatas. Perlu Sobat MEA catat, dunia digital bukan cuman soal konten, video, maupun iklan. Ada banyak variabel digital marketing yang perlu Sobat MEA kuasai. Karena itu, penguasaan digital marketing menjadi salah satu bekal utama untuk melakukan scale up bisnis online.

7. Menggunakan Jasa Digital Marketing

Cara terakhir yang bisa Sobat MEA lakukan adalah menggunakan jasa digital marketing. Tentu saja ada banyak sekali jasa digital marketing yang tersedia. Komunitas MEA juga memiliki jasa digital marketing yang bisa meningkatkan dan mengembangkan bisnis Sobat MEA. Jasa-jasa yang tersedia ini mulai dari jasa optimasi marketplace, jasa live streaming, jasa social media management, jasa konsultan marketing sampai jasa iklan digital marketing.

Seluruh tim jasa digital marketing MEA sudah terbukti berhasil melakukan scale up berbagai bisnis dengan beragam produk yang ditawarkan. Nah itulah 6 tips dan trik untuk melakukan scale up bisnis online. Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA yang sedang membangun bisnis ya. Aminn!

You may also like

Leave a Comment