6 Tips Jualan di TikTok Shop Live Streaming. Pelajari Dulu Sebelum Mulai!

tips jualan di tiktok live

Saat ini berbelanja secara online menjadi pilihan utama bagi banyak orang. Karena sudah menjadi kebiasaan, hal ini tentu menjadi hal yang sangat potensial untuk para pebisnis. Salah satu platform yang paling terkenal untuk berbelanja adalah TikTok Shop. Bicara soal TikTok Shop, kini kita akan membahas beberapa tips jualan di TikTok Shop live untuk para pebisnis pemula.

Menurut data yang tersedia, penggunaan live streaming TikTok Shop sudah berhasil mengungguli live streaming Shopee dan Tokopedia di Indonesia. Tentu saja hal ini sangat potensial dan wajib untuk dimanfaatkan oleh Sobat MEA selaku pebisnis online.

Melihat potensi yang luar biasa, sudah  banyak brand yang membuat strategi marketing menggunakan TikTok Live untuk bisnisnya. Emang apa aja sih keuntungan dan tips jualan di TikTok Shop live? Daripada berbasa-basi lagi, yuk langsung aja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

3 Keuntungan Jualan di TikTok Shop Live Streaming

Mau belajar cara sukses jualan di TikTok Shop?

Yuk gabung di Komunitas Seller TikTok MEA GRATIS!

Sebelum kita masuk pada pembahasan tips jualan di TikTok Shop live, Sobat MEA harus mengetahui dulu apa saja sih keuntungan berjualan menggunakan fitur TikTok Shop live streaming. Kembali lagi, terus apa aja manfaatnya? Pastinya ada cukup banyak. Berikut ini ada 3 manfaat yang bisa Sobat MEA dapatkan.

1. Potensi Penjualan yang Lebih Besar

Keuntungan pertama adalah menyoal potensi penjualan yang lebih besar. Di era yang serba digital, banyak orang yang jauh lebih tertarik untuk mencari kebutuhan melalui toko online ataupun media sosial. Khusus untuk TikTok, platform ini nggak hanya digunakan untuk memberi hiburan beruapa video pendek saja, TikTok juga sangat mendukung mereka yang ingin berjualan maupun beriklan. Karena itu, TikTok disebut sebagai salah satu social e-commerce terbesar di dunia.

2. Menjangkau Audiens Lebih Luas

Salah satu yang banyak orang sukai dari TikTok adalah fitur live streaming. Yup dengan fitur TiKTok Shop live, Sobat MEA bisa punya kesempatan untuk menjangkau target audiens yang sangat luas.

Selain dari live, Sobat MEA juga bisa menjangkau audiens tertarget dengan menggunakan iklan maupun bisa membuat konten. Singkatnya, produk Sobat MEA akan bisa menjangkau audiens yang jauh lebih luas dan berpeluang untuk menghasilkan penjualan yang lebih bayak. 

3. Interaksi Secara Real-Time

Keuntungan terakhir dari menjalankan tips jualan di TikTok Shop live adalah kemampuannya untuk interaksi secara real-time. Yup, salah satu hal yang membedakan antara TikTok dengan platform lainnya adalah menyoal interaksi ini. TikTo Shop live bisa menawarkan interaksi secara virtual dan real-time. Walhasil, Sobat MEA bisa membangun kedekatan emosional antara seller dan audiens.

Tutorial Cara Jualan Live di TikTok Shop

Mau akun TikTok Shop kamu dikelola penuh secara profesional?

Yuk pakai aja jasa Kelola TikTok MEA sekarang juga!

Setelah kamu mengetahui keuntungan dan manfaat dari penggunaan live TikTok Shop, Sobat MEA pasti harus mengetahui bagaimana cara jualan di TikTok Shop live ini. Oke sebelum lebih jauh membahas trik serta tips jualan di TikTok Shop live, berikut ini tutorial untuk melakukan live streaming di TikTok Shop. Yuk simak!

  1. Pertama Sobat MEA bisa buka aplikasi TikTok dan pastikan Sobat MEA sudah login. Jika belum lakukan login menggunakan username atau email yang sudah terdaftar
  2. Setelah masuk ke halaman utama, klik tombol +
  3. Selanjutnya, Sobat MEA bisa menggeser ke bagian bawah sampai menemukan opsi Live
  4. Jika sudah, mulai pilih image serta tuliskan judul live streaming Sobat MEA. Hindari pemakaian gambar dan judul yang nggak sesuai dengan peraturan TikTok. Pastikan juga Sobat MEA sudah menyiapkan produk-produk yang akan dijual secara live.
  5. Siapkan semua hal, seperti produk, latar live streaming sampai ketersediaan stok barang. Jika semua sudah siap, klik tombol Go Live untuk mulai live streaming
  6. Selanjutnya Sobat MEA bisa mengatur setting tambahan dengan memilih ikon
  7. Selesai. Kini Sobat MEA sudah live dan bisa mulai untuk berjualan. Lakukan interaksi dengan para penonton dan jawab semua pertanyaan yang diajukan.

6 Tips Jualan di TikTok Shop Live Streaming

Live TikTok kamu sepi terus?

Udah coba pakai jasa live streaming MEA belum?

Setelah tutorial cara live TikTok, kini kita masuk pada pembahasan utama mengenai tips jualan di TikTok Shop live streaming. Oke daripada berlama-lama lagi, berikut ini 6 tips jualan di TikTok Shop live yang bisa Sobat MEA terapkan agar penjualan bisa meningkat. Yuk, langsung simak semua penjelasannya di bawah ini! 

1. Pastikan Stok Barang Tersedia

Tips jualan di TikTok Shop live yang pertama dan wajib Sobat MEA perhatikan adalah ketersediaan stok barang. Sebagai seorang seller Sobat MEA perlu memastikan persediaan produk sesuai dengan yang akan dijual nantinya. Jangan sampai saat live streaming Sobat MEA kehabisan stok. Bisa jadi Sobat MEA akan terkena pelanggaran TikTok.

Maka dari itu, Sobat MEA perlu untuk menyimpan stok barang. Caranya Sobat MEA bisa memisahkan stok secara manual melalui pencatatan atau Sobat MEA bisa menggunakan sistem jualan yang mempunyai fitur terkait stok cadangan barang 

2. Buat Konten Kreatif

Tips jualan di TikTok Shop live yang kedua adalah pembuatan konten kreatif. Yup, banyak pebisnis yang nggak tahu bahwa sebuah live streaming membutuhkan sebuah konten kreatif. Sobat MEA bisa mengemas live dalam berbagai bentuk yang bervariasi agar live nggak membosankan dan seru untuk ditonton. Nah berikut ini ada beberapa rekomendasi format live TikTok yang bisa Sobat MEA lakukan. 

Konten Q&A

tips jualan di tiktok shop live

Pertama, Sobat MEA bisa menerapkan konten Q&A. Konten ini mengharuskan Sobat MEA menjawab seluruh pertanyaan terkait produk yang ditawarkan secara langsung ke penonton. Dalam sela-sela tersebut, Sobat MEA bisa membahas beragam kelebihan produk secara persuasif.

Percaya atau nggak, konten berjenis Q&A atau sesi tanya jawab ini bisa meningkatkan hubungan antara penonton dan brand Sobat MEA. Walhasil akan muncul kepercayaan. Agar leibh paten, Sobat MEA bisa melakukan review langsung terhadap produk agar penonton bisa mendapat gambaran terhadap produk Sobat MEA.

Live Event

Kalau Sobat MEA senang menonton live pasti sudah nggak asing dengan beberapa brand yang mengadakan live mengggunakan teknik flash sale. Ternyata trik satu ini mampu membuat penonton untuk langsung menyelesaikan pembayaran sebelum live berakhir lho. Karena teknik tersebut membuat penonton harus cepat membeli produk agar promosinya nggak hangus. Cara promosi satu ini secara langsung dapat memberikan dampak besar pada omset penjualan loh~

Direct Selling

Terakhir, ada trik direct selling . Maksudnya, Sobat MEA harus memancing penonton. Salah dua cara mendasar untuk direct selling ini adalah menggunakan judul live yang menarik sekaligus penggunaan CTA yang sesuai. Manfaatkan juga promosi, sale dan diskon agar penonton semakin yakin untuk membeli produk Sobat MEA.

3. Minimalisir Penjelasan Produk yang Berbelit

Jika Sobat MEA ingin memberikan informasi mengenai produk, selalu hindari penjelasan yang berbelit-belit. Penjelasan yang panjang dan ribet umumnyamembuat penonton kurang tertarik dan keluar dari live Sobat MEA.

Bayangkan saja kalau misalnya penonton nggak tertarik dengan live Sobat MEA, maka hal ini bakal berpengaruh pada sesi live streaming selanjutnya. Karena itu, Sobat MEA harus memberi informasi produk yang padat, jelas agar bisa diterima penonton dan menimbulkan interaksi.

4. Manfaatkan Fitur Promosi TikTok

Buat Sobat MEA yang belum tahu, TikTok juga menawarkan fitur promosi berbayar atau TikTok Ads yang bisa Sobat MEA untuk menggaet banyak penonton. Dengan memanfaatkan fitur ini, Sobat MEA bisa membuat promosi khusus dengan menentukan target penonton. Hasilnya, Sobat MEA bisa dapat penonton yang memang sesuai dan membutuhkan produk yang Sobat MEA tawarkan. Ya TikTok Ads memang merupakan salah satu cara jualan di TikTok Shop yang paling efektif

5. Live di Waktu Prime Time

Sama seperti Instagram, TikTok memiliki prime time, dimana pada waktu tersebut ada banyak pengguna yang mengakses TikTok. Nah Sobat MEA harus mengetahui prime time ini dan mulai untuk live tepat pada jam tersebut untuk promosi dan berjualan. 

Karena algoritma TikTok ini unik, Sobat MEA harus tahu kapan sih waktu yang tepat buat live streaming. Caranya, Sobat MEA bisa melakukan live di waktu yang berbeda-beda dan pelajari pola sampai Sobat MEA tahu kapan waktu live yang paling banyak penontonnya.

6. Gunakan Fitur Katalog dan Pembelian Langsung

Tips jualan di TikTok Shop live yang terakhir adalah penggunaan fitur tambahan dari TikTok Shop. Misalnya memaksimalkan penggunaan fitur Katalog dan Pembelian Langsung untuk memudahkan pembeli melakukan pembelian. Selain itu, fitur ini juga mempermudah para penonton untuk menggunakan promo yang sudah Sobat MEA siapkan.

Selain penggunaan fitur, Sobat MEA juga bisa berkolaborasi dengan content creator atau influencer saat live. Hal ini berguna untuk meningkatkan brand awareness. Apalagi sekarang ini TikTok sudah menjadi tempat diskusi langsung dan sehat antara brand dan juga customer.

Nah itulah penjelasan, cara sampai tips jualan di TikTok Shop live. Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA yang sedang belajar untuk mulai berjualan lewat TikTok Shop ya. Semangat terus!

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.