TikTok Vs YouTube Shorts: Mana yang Lebih Tepat Untuk Promosi Bisnis?

tiktok vs youtube shorts

Melihat kesuksesan TikTok and Instagram Reels, sepertinya YouTube tidak mau kalah.  Hingga pada tahun 2021, Youtube menghadirkan video pendek yang bernama YouTube Shorts, dengan durasi maksimal 60 detik. Lalu apa bedanya? Simak penjelasan lengkap TikTok Vs Youtube Shorts di artikel ini. 

DIrector of product management Shorts, Todd Sherman, mengatakan bahwa Youtube Shorts bertujuan untuk membuka lahan baru untuk kreativitas.

Sementara itu, TikTok sendiri merupakan sosial media untuk berbagi video pendek sekaligus untuk membuat video berdurasi 15 detik hingga 60 detik tentang topik apa pun.

Ingin Konten yang Lebih Keren?

Sini, belajar bareng mentor expert konten yang bakal bikin kamu makin keren. Kepoin sekarang!

Hingga saat ini, platform asal China ini telah memiliki pengguna lebih dari 300 juta pengguna aktif bulanan. Maka tidak heran jika TikTok memperoleh billion views setiap bulannya. Dan semua ini tercatat dalam halaman YouTube watch videos. 

Lebih lanjut, mari kita ketahui perbedaan secara lengkap TikTok dan Youtube Shorts melalui penjelasan di bawah ini. 

TikTok dan Youtube Shorts: Apakah Sama?

tiktok vs youtube shorts

Meskipun tampak sama, Youtube Shorts memiliki identitas sendiri daripada TikTok. YouTube Shorts memang bekerja sama dengan TikTok sebagai platform video pendek, tapi berintegrasi dengan YouTube yang lebih luas dan nilai jual utamanya adalah layanan Google.

Kemudian short video dari Youtube pun mulai meniru format TikTok untuk mendapatkan lebih banyak perhatian, di mana tren saat ini adalah orang-orang sangat suka berbagi ekspresi melalui video. 

Sedangkan TikTok sedang bereksperimen dengan format seperti Youtube. Inilah sebabnya TikTok menambahkan durasi maksimal video menjadi 3 menit. Hal ini terpengaruh dari orang-orang yang suka berbagi cerita mengenai pengalaman atau topik terkini. 

Jago Ngonten? Yuk Arahkan Skill Kontenmu Jadi Lebih Keren!

Gimana gak keren kalau kontennya bisa sekalian cuan, ya gak? Nah makanya, yuk dapatkan strategi cuan dari konten yang menawanmu di sini!

Kendati demikian, ada fitur tertentu yang tidak bisa TikTok miliki dari Youtube Shorts. Maka keuntungan bagi creator pun berbeda. Begitu juga dengan kelebihannya.

Meskipun YouTube terlambat untuk menghadirkan video pendek, Short form videos turut populer karena kepopuleran brand YouTube yang kuat di belakangnya.

Selain itu, masih banyak perbedaan lainnya dari TikTok Vs Youtube Shorts meskipun memiliki fungsi yang hampir sama. Mari kita bahas lebih lanjut perbedaannya.

Perbedaan TikTok dan Youtube Shorts

Berikut perbedaan dasar antara Youtube Shorts dan TikTok yang paling menonjol:

Sedangkan perbedaan lainnya antara Youtube Shorts dan TikTok adalah sebagai berikut:

  • Memiliki fitur monetisasi yang berbeda. Kalau Youtube Shorts berupa Shorts Fund, sedangkan TikTok bisa di monetisasi melalui Gift. 
  • Youtube Shorts hanya berdurasi 60 detik, sedangkan TikTok videos bisa berdurasi tiga menit bahkan bisa sampai 5 menit.
  • TikTok bisa langsung menambahkan teks video melalui menu ada di area kiri bawah TikTok dan deskripsi video bisa langsung terlihat di postingannya. Sedangkan Youtube Shorts tidak bisa.
  • YouTube memiliki perpustakaan musik besar, sehingga bisa pilih lagu yang anti mainstream. Sedangkan pilihan lagu yang bisa pengguna gunakan di TikTok masih terbatas
  • TikTok memiliki banyak filter untuk video yang lebih kreatif seperti Green Screen dan efek AR, sedangkan Youtube Shorts hanya menyediakan filter untuk mengedit nada video, suhu, kecerahan, dll. 
  • Youtube Shorts memiliki opsi private dan dapat memilih siapa saja yang bisa menonton, di sisi lain, TikTok hanya bisa mengatur opsi private untuk pemilik akun sebagai penontonnya.
  • Di TikTok, kita dapat melihat analitik secara langsung di aplikasi, sedangkan analitik Youtube Shorts hanya dapat kita lihat dengan mengakses Youtube Studio.

Nah, setelah mengetahui perbedaan antara keduanya, kira-kira mana sih yang cocok digunakan untuk promosi bisnis?

TikTok Vs Youtube Shorts: Mana yang Tepat Untuk Promosi Bisnis?

tiktok vs youtube shorts

Jadi pada intinya, TikTok dan Youtube Shorts adalah platform berbagi video pendek yang bisa Sobat MEA manfaatkan sebagai media berkreasi. Karena durasinya yang singkat, sehingga pengunjung tidak akan bosan. Bahkan keduanya juga patut dipertimbangkan untuk promosi bisnis. 

Sayangnya, TikTok sudah dilarang di beberapa negara, sedangkan Youtube Shorts menjangkau secara global ke seluruh penjuru dunia. 

Tapi hal ini kembali lagi pada target pasar bisnismu. Tidak semua negara terdapat orang-orang yang menjadi targetmu. Perhatikan juga pengguna di negaramu lebih banyak di platform yang mana. Jika lebih banyak TikTok, maka gunakan TikTok. Begitupun sebaliknya. 

Karena hal ini sangat berpengaruh terhadap performa kampanye yang akan Sobat MEA jalankan. Jangan sampai malah boncos hanya karena salah platform meski videonya sudah sangat bagus.

Bagaimana? Siap untuk memanfaatkan kedua platform untuk bisnismu? Pertimbangkan baik-baik ya sebelumnya!

Strategi Hebat Bikin Cuan Melesat

Jangan cuman TikTok-an! Yuk sekalian cari cuan. Mulai dari mana? Dapatkan strateginya di kelas ini!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.