Tidak Bisa Upload Produk di TikTok Shop? Ini 4 Penyebab dan Cara Mengatasinya

by Viki
tidak bisa upload produk di tiktok shop

Kita semua tentu sudah tahu, TikTok memiliki fitur khusus bagi pebisnis yang bernama TikTok Shop. Semua seller berbondong-bondong menawarkan produk terbaik. Tapi kadang beberapa seller justru mengalami tidak bisa upload produk di TikTok Shop.

Padahal step by step mengenai setting TikTok Shop sudah dilakukan. Bahkan sudah muncul fitur TikTok Shop di akun tersebut. Tapi ketika upload produk justru mendapatkan keterangan gagal QC (Quality Control).

Dalam masalah ini, biasanya nanti etalase keranjang kuning tidak muncul atau tidak bisa melihat produk Sobat MEA di TikTok Shop. Hal ini tentu menjadi masalah baru. Alih-alih bisa langsung jualan, malah siapa pun tidak dapat menemukan produknya.

Lantas mengapa bisa demikian? Apa penyebab tidak bisa upload produk di TikTok Shop sehingga produk tidak muncul? Dan bagaimana cara mengatasinya? Tenang dan nggak perlu khawatir, semua akan MiMe bahas tuntas lewat artikel ini. Jadi, yuk simak aja penjelasannya di bawah ini! 

Table of Contents

4 Penyebab Gagal Upload Produk di TikTok Shop

buku tiktok shop

Secara umum, setiap penjual pasti pernah mengalami gagal upload produk. Baik karena memang melanggar ketentuan maupun sekadar kurang teliti ketika melakukan proses upload tersebut. Adapun penyebab umum yang sering dialami seller ketika gagal upload produk, antara lain:

1. Informasi Tidak Lengkap

Ketika upload produk dengan klik tombol “Tambah Produk”, selanjutnya kita otomatis beralih ke halaman form pengisian terkait produk tersebut. Dalam hal ini, silakan isi informasi selengkap-lengkapnya mengenai produk yang akan Sobat MEA jual mulai dari nama produk, kategori produk, deskripsi produk, upload foto produk, varian sampai dengan harga. 

2. Pemetaan Kategori Tidak Benar

3. Tidak Lolos QC (Quality Control)

Mau tahu cara jualan di TikTok Shop tapi bingung mulai dari mana?
Yuk diskusi bareng seller TikTok berpengalaman di Komunitas Seller TikTok MEA sekarang juga!

Sobat MEA mungkin pernah mendapatkan informasi produk dimoderasi atau terblokir. Ini artinya produk tersebut tidak lolos Quality Control (QC) alias produk tidak bisa Sobat MEA jual di TikTok Shop.

Selain informasi tidak lengkap, tidak lolos QC juga mencakup hal-hal yang melanggar pedoman produk TikTok Shop, seperti produk terlarang sampai melanggar hak cipta. 

Oleh karena itu, harap perhatikan kembali hal-hal tersebut sebelum upload produk. Adapun mengenai produk apa saja yang terlarang dan ketentuan produk lainnya yang bisa seller jual di TikTok Shop, silakan bisa Sobat MEA ketahui di sini. 

4. Upload Produk Tidak Sesuai Ketentuan

Tapi penyebab tidak lolos QC sendiri bisa jadi karena saat upload, Sobat MEA tidak mengikuti ketentuan dalam upload produk di TikTok Shop. Oleh karena itu, Sobat MEA perlu mengulangi tahapan upload produk di TikTok Shop, lalu penuhi hal-hal berikut.

  • Stok produk harus lebih dari 0 saat upload produk;
  • upload maksimal 9 gambar per produk;
  • ukuran file gambar produk maksimal 5 MB;
  • Maksimum memiliki 3 tipe variasi (contoh: warna, ukuran, bahan, dan lainnya).
  • Deskripsi produk hanya berupa teks serta hindari penggunaan karakter spesial.
  • Pastikan diseluruh deskripsi produk menggunakan style “Normal”.

Cara Mengatasi Gagal Upload Produk di TikTok Shop

Mau produk kamu dipromosikan content creator?
Yuk gabung aja ke MCN TikTok MEA.

Pahami Pedoman Produk yang Dilarang TikTok Shop

Perlu diketahui, TikTok juga memiliki panduan tersendiri untuk seller dapat berjualan di TikTok Shop. Seperti yang sudah MiMe jelaskan sebelumnya, panduan ini berisi produk yang dilarang, hak cipta, izin edar, dll. Dan seller harus dapat memenuhi pedoman tersebut. Hal ini bahkan menjadi salah satu dasar yang wajib seller ketahui sebelum mulai berjualan di TikTok.

Untuk memenuhi panduan ini, seller harus memastikan bahwa produk jualan bukanlah produk terlarang, legal, tidak melanggar hak cipta, sesuai kategori yang ada, dll. 

Tapi jika kategori tersebut tidak tersedia, Sobat MEA bisa melakukan pengajuan khusus ke pihak TikTok agar bisa disetujui. Adapun untuk pedoman lebih lengkap, Sobat MEA bisa cek di sini

Sertakan Izin Edar

tidak bisa upload produk di tiktok shop

Khususnya jika Sobat MEA menjual produk makanan, Sobat MEA perlu menyertakan surat izin edar sebagai bukti jika produk yang Sobat MEA layak konsumsi. Tapi bukan hanya makanan, produk kecantikan dan produk lainnya juga diminta menunjukkannya. 

Hal ini masih termasuk dalam pedoman TikTok Shop. Karena dalam pedomannya, ingin memastikan bahwa produk tersebut juga terdaftar. Adapun surat izin edar tersebut biasanya berupa BPOM, PIRT, Dinkes, dll.

Tapi jika belum berhasil upload meski sudah menyertakan surat izin tersebut, silakan ajukan banding untuk pembuktian lainnya. Agar lebih aman, Sobat MEA bisa melakukan otorisasi TikTok Shop terlebih dahulu.

Hindari Menjual Produk Terlarang

Seperti yang sudah MiMe singgung sebelumnya, hal ini merupakan hal yang paling krusial saat ingin menjual produk di TikTok Shop. Alasan utamanya tentu saja keamanan. TikTok sendiri tentu tidak ingin mengambil risiko yang dapat membahayakan konsumen. 

Demikian informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi tidak bisa upload produk di TikTok Shop. Semoga bermanfaat dan semoga dapat membantu Sobat MEA yang tengah mengalaminya.

You may also like

Leave a Comment