Shopee Tidak Bisa Checkout? Ini 10 Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Shopee tidak bisa checkout

Sudah mulai banyak masyarakat yang menggunakan Shopee untuk berbelanja online. Nah terkadang ketika sedang berbelanja di Shopee kita nggak bisa checkout. Emang apa alasan saat kita nggak bisa melakukan checkout? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Menurut laman resmi Shopee, kasus yang sering muncul saat gagal checkout antara lain muncul peringatan Shopee gagal checkout (f01), gagal checkout 011, permasalahan Shopee (f01) dan pelanggaran Shopee fo111.

Gagal checkout biasanya membuat orang menjadi panik. Sebab gagal checkout bisa muncul tiba-tiba. Hal ini juga nggak bisa lepas dari aplikasi yang memang buatan manusia. Pasti selalu ada error dan memiliki kekurangan. Singkatnya, aplikasinya nggak sempurna~

Apa itu Checkout?

Mau jualan di Shopee makin lancar?

Yuk gabung di Komunitas Seller Marketplace MEA sekarang juga!

Checkout adalah salah satu fitur pada aplikasi belanja online, dan merupakan tahap akhir Ketika membeli barang secara online. Singkatnya, checkout adalah proses seseorang hendak membayar barang yang akan mereka beli.

Ketika melakukan checkout seseorang akan mengisi data yang diperlukan dalam melakukan pembayaran. Salah satu aplikasi yang menerapkan fitur checkout yaitu Shopee. Nah berikut ini penjelasan kenapa seseorang nggak bisa checkout.

Kenapa Tidak Bisa Checkout di Shopee?

Seperti yang sudah kita bahas, error akan selalu ada dalam sebuah aplikasi dan gagal checkout adalah hal yang umum terjadi. Emang apa sih penyebab seseorang nggak bisa checkout barang di Shopee? Bagaimana cara mengatasinya? Daripada penasaran, yuk langsung simak penjelasannya di bawah ini!

1. Pelanggaran Ketentuan

Biasanya penyebab gagal checkout karena sistem Shopee yang mendeteksi banhwa akun Sobat MEA telah melanggar kebijakan Shopee yang berlaku. Contohnya ketika checkout gagal (f01), maka Sobat MEA bisa membaca peraturan pada poin f01 yang dilanggar. Jika memang nggak jelas kenapa gagal, Sobat MEA bisa menghubungi CS Shopee.

2. Akun Terbatas

Cara membayar Shopee Paylater

Nah Ketika akun Shopee sudah terbatas, maka Sobat MEA nggak akan bisa membeli barang ataupun menjual barang. Untuk hal ini Sobat MEA bisa mengajukan banding agar akun pulih kembali.

3. Server Error

Nggak memulu karena pelanggaran, Sobat MEA bisa gagal melakukan check out karena server yang error. Nggak ada cara mengatasi Shopee error karena server. Sobat MEA hanya bisa menunggu sampai server Shopee kembali pulih. Ada beberapa alasan kenapa server error. Bisa karena pengunjung website yang membludak atau memang ada alasan teknis lain.

4. Produk Tidak Mendukung Metode Pengiriman

Gagal checkout karena hal ini biasa terjadi pada saat membeli produk dalam jumlah yang banyak dari beberapa toko. Mereka yang  menggabungkan pesanan pada satu tagihan dan menggunakan metode pengiriman yang sama biasanya akan gagal checkout.

Hal ini terjadi karena satu toko nggak memiliki metode pengiriman yang mendukung. Sebagai penyelesaian, selalu perhatikan metode pengiriman sebelum Sobat MEA membuat pesanan di Shopee. Yup, hal sesederhana ini saja bisa menyebabkan Shopee gagal checkout.

5. Stok Produk Habis

shopee tidak bisa checkout

Alasan berikutnya kenapa tidak bisa checkout di Shopee adalah karena stok produk habis. Karena itu, untuk mengatasi hal ini, Sobat MEA harus cepat-cepat untuk membuat pesanan melakukan checkout. Apalagi jika produk yang dijual ini merupakan edisi terbatas.

6. Adanya Pembatasan Pembelian

Faktor dan penyebab lain adalah adanya pembatasan pembelian yang diterapkan oleh penjual. Apalagi jika sang penjual menggunakan fitur flash sale dimana produk hanya dijual dalam waktu dan stok yang terbatas. Jika ada pembatasan, Sobat MEA nggak perlu khawatir. Nanti Sobat MEA bisa melakukan checkout ulang saat pembatasan berakhir.

7. Aplikasi Belum Diupdate

Sama seperti aplikasi lain, Sobat MEA wajib untuk selalu memperbaharui atau mengupdate aplikasi Shopee. Pasalnya, versi aplikasi Shopee ini sangat berpengaruh bagi pembeli. Agar pengalaman penggunaan aplikasi lancar dan Sobat MEA bisa menggunakan semua fitur Shopee dengan lebih maksimal.

8. Area Pengiriman Tidak Didukung

shopee tidak bisa checkout

Alasan ini mungkin hanya berlaku bagi sebagian orang saja. Bagi Sobat MEA yang tinggal di kota besar, mustahil rasanya nggak bisa melakukan checkout karena penyebab satu ini. Nah, area atau alamat pengiriman ini sangat penting. Jika Sobat MEA tinggal di tempat yang nggak terjangkau pengiriman, maka Sobat MEA nggak akan bisa checkout di Shopee.

9. Metode Pembayaran Tidak Mendukung

Penyebab selanjutnya adalah metode pembayaran yang tidak mendukung. Setiap seller atau penjual pasti memiliki metode pembayarannya tersendiri. Nah sebelum belanja, Sobat MEA harus mengetahui lebih dulu metode pembayaran yang tersedia. Jangan-jangan Sobat MEA nggak bisa checkout karena metode pembayaran toko yang nggak mendukung.

10. Gagal Checkout Tanpa Penyebab Apapun

Meski ada beragam penyebab, ada alasan kenapa Shopee gagal memproses checkout tanpa kejelasan atau penyebabnya. Kalau sudah seperti ini, tentu kita sebagai pengguna cukup frutasi. Tapi nggak perlu khawatir, Jika ini terjadi, Sobat MEA bisa mencoba untuk keluar dari akun Shopee dan lakukan masuk kembali pada aplikasi Shopee.

Jika cara sebelumnya masih nggak bisa Sobat MEA lakukan, maka bisa mencoba untuk mengupdate aplikasi Shopee menjadi versi terbaru. Kalau masih nggak bisa maka Sobat MEA bisa bertanya pada pihak Shopee melalui CS Shopee yang beroperasi 24 jam.

Sudah sampai diakhir pembahsan Shopee tidak bisa checkout semoga artikel ini bisa membantu Sobat MEA dan menghilangkan rasa penasaran kenapa Sobat MEA nggak bisa melakukan checkout.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.