Tingkatkan Penjualan dengan Shopee Affiliate untuk Pebisnis

by Fanny
Shopee affiliate untuk pebisnis

Program Shopee Affiliate adalahs alah satu program dari Shopee yang tidak hanya menguntungkan untuk para affiliator, namun juga untuk para pebisnis atau penjual itu sendiri. Pasalnya, Sobat MEA sebagai penjual tidak perlu memasarkan produk sendiri untuk meraih pembeli baru. Sobat MEA hanya perlu menyediakan link produk, kemudian content creator lah yang akan membuat konten dan memasarkan produk tersebut ke sosial media pribadi mereka.

Untuk itu agar dapat memaksimalkan penjualan, kami akan membagikan bagaimana cara daftar dan mengelola dashboard Shopee Affiliate untuk pebisnis yang bisa Sobat MEA kepoin selengkapnya di sini. Yuk simak!

Table of Contents

Cara Daftar Shopee Affiliate untuk Penjual

Omzet di Shopee masih segitu-gitu aja?
Makanya gabung aja ke komunitas dan belajar dari Coach Shopee secara langsung biar omzet bisa meroket. Gratis!

Cara daftar Shopee Affiliate untuk pebisnis bisa Sobat MEA lakukan dengan mudah. Syaratnya pun sangat sederhana, yaitu Sobat MEA harus memiliki minimal 2 produk aktif dan tersedia di toko. Selanjutnya, Sobat MEA tinggal mendaftarkan toko dan produk melalui aplikasi Shopee atau lewat situs program afiliasi untuk penjual. Berikut kami jelaskan langkah-langkahnya:

1. Melalui Aplikasi

  • Buka aplikasi Shopee di perangkat Sobat MEA, kemudian pilih menu Saya di sebelah kanan bawah.
  • Gulir ke bawah hingga menemukan menu Shopee Affiliates Program.
  • Klik Gabung Sekarang di halaman program afiliasi.
  • Lanjutkan dengan pilih Saya seorang Penjual, kemudian klik Selanjutnya.
  • Sobat MEA akan diminta untuk melengkapi informasi akun apakah merupakan bisnis indovidu atau perusahaan. Di sini Sobat MEA perlu mengisikan alamat dan cantumkan juga sosial media yang digunakan.
  • Kemudian isikan informasi pajak seperti NPWP (untuk perusahaan) atau KTP (untuk individu), lalu tunggu proses konfirmasi.
  • Klik ke “Shopee” Sekarang Juga!
  • Cara daftar Shopee Affiliate untuk pebisnis melalui aplikasi sudah selesai!
Artikel Terkait  Ikuti Cara Mengisi Formulir Pendaftaran Shopee Affiliate Selengkapnya di Sini!

2. Melalui Website

Nggak sanggup kelola toko di marketplace sendirian?
Tenang aja, ada jasa kelola marketplace yang ditangani oleh tim berpengalaman. Mau? Klik di sini sekarang!
  • Buka situs Shopee Seller Affiliate Program di halaman browser Sobat MEA.
  • Klik Gabung Sekarang
  • Pilih Saya seorang Penjual, lalu klik Lanjutkan.
  • Isikan informasi bisnis dengan detail dan langkah yang sama seperti cara daftar Shopee Affiliate untuk pebisnis melalui aplikasi di atas.

Pastikan semua data yang dimasukkan sudah benar dan jelas. Setelah mendaftarkan toko ke program ini, Sobat MEA akan mendapatkan konfirmasi pendaftaran dari pihak Shopee maksimal selama 3 hari kerja.

Perlu diingat bahwa Sobat MEA juga harus membuat tampilan toko yang menarik agar produk semakin dilirik oleh affiliator. Pastikan juag deskripsi produknya sudah jelas agar para konten kreator semakin mudah untuk mempromosikan produk Sobat MEA.

Cara Menggunakan Dashboard Shopee Affiliate untuk Pebisnis

shopee affiliate untuk pebisnis

Shopee Affiliate untuk pebisnis juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang bisa Sobat MEA gunakan untuk memantau performa produk. Salah satunya adalah elalui dashboard Shopee Affiliate yang bisa Sobat MEA buka melalui aplikasi maupun website Shopee dengan langkah-langkah di bawah ini:

1. Melihat Performa Toko

Sobat MEA bisa melihat performa toko pada dashboard Shopee dengan cara yang sangat mudah. Pertama-tama, buka aplikasi Shopee dan masuk ke menus Saya, kemudian pilih Shopee Affiliate Program. Pada menu Laporan Kinerjamu, klik Lebih Banyak di bagian bawah kemudian akan muncul semua data dan informasi mengenai kinerja toko.

Selain itu, halaman ini juga akan menampilkan performa berdasarkan klik dan pesanan affiliate. Jika Sobat MEA memilih menu Klik, maka halaman akan menampilkan grafik klik selama periode yang dipilih serta 5 produk affiliate yang paling laris di toko Sobat MEA. Sedangkan menu Pesanan Affiliate akan menampilkan jumlah pesanan yang dihasilkan dari link affiliate yang dibagikan selama periode yang ditentukan.

2. Melihat Komisi Toko

Penasaran dengan besaran komisi yang didapatkan? Sobat MEA bisa melihatnya dengan melakukan langkah-langkah mudah di bawah ini:

  • Buka aplikasi Shopee dan lanjutkan dengan klik menu Saya di sebelah kanan bawah.
  • Pilih menu Shopee Affiliate Program.
  • Lanjutkan dengan klik menu Komisi di sebelah bawah, kemudian halaman akan menampilkan seluruh komisi yang Sobat MEA dapatkan.

3. Melihat Transaksi yang Menghasilkan Komisi

Seperti yang kita ketahui, afiliator akan mendapatkan komisi dari transaksi yang berhasil, dalam artian pembelian tidak dibatalkan dan sudah diterima oleh konsumen. 

Nah Sobat MEA juga bisa memantai transaksi mana saja yang menghasilkan komisi melalui dashboard Shopee Affiliate untuk pebisnis ini. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Laporan Performa di halaman Shopee Affiliate Program.
  • Lalu pilih Pesanan Affiliate Terbaru yang akan membawa Sobat MEA ke halaman Performa Saya.
  • Kemudian halaman akan menampilkan rincian pada pesanan yang dipilih.

Halaman Performa Saya akan menampilkan semua transaksi yang akan menghasilkan komisi mulai dari yang masih diproses, selesai, hingga dibatalkan. Sobat MEA cukup klik saja menunya kemudian halaman akan menampilkan detail transaksinya.

Sekian pembahasan lengkap mengenai cara daftar hingga cara melihat dashboard Shopee Affiliate untuk pebisnis. Semoga ulasan ini membantu, ya. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment