Serba-Serbi Target Audience di TikTok Ads

Targeting audience sangat menentukan keberhasilan jalannya iklan. Apabila target audience yang diatur memiliki kekeliruan, iklan bisa jadi tidak efektif yang membuat uang kita terbuang sia-sia.

Namun mengatur target audience juga bukanlah perihal mudah. Banyak sekali yang perlu dipahami sebelum memulai menarget audience seperti pemahaman produk, karakter customer, dan lain-lain.  

Oleh karena itu MEA hendak membantu kamu supaya tidak kebingungan saat memilih target audience. Yuk simak artikel ini sampai habis!

Audience

Lagkah pertama dalam menarget audience adalah kolom ‘Audience’. Pada langkah ini kamu diminta untuk memilih grup grup pengguna untuk dimasukkan atau dikecualikan dari penargetan. 

Kamu dapat menambahkan grup dengan mengklik tombol ‘buat baru’ lalu tentukan ingin memilih audience khusus atau serupa. Kamu bisa menentukan audience yang kamu mau masukan ke grup dengan memilih audience khusus. Apabila ingin memilih audience dengan karakteristik yang mirip kamu bisa memilih audience serupa. 

Namun langkah ini merupakan langkah optional yang artinya bisa saja kamu lewati. Kamu juga baru bisa mengisi kolom ini apabila pernah mengiklan sebelumnya atau telah memiliki data audience iklan kamu. 

Demografis

TikTok Ads

Terdapat empat demografis yang bisa kamu pilih yaitu lokasi, usia, gender, dan bahasa. Kamu dapat memilih sesuai audience produk kamu. 

Perlu diperhatian, semakin luas audience yang di target maka semakin mahal juga biaya iklan. Kamu dapat melihat luasnya target audience dan juga harga di kotak pojok kanan atas yang bertuliskan Audience yang tersedia.

Penargetan Minat dan Perilaku

Audience TikTok

Langkah ini membutuhkan data yang sangat spesifik untuk mengoptimasi keberhasilan iklan. Iklan kamu akan ditargetkan seakurat mungkin dengan data perilaku user yang dimiliki TikTok. Terdapat empat kolom yang bisa kamu sesuaikan dengan audience dan target iklan, yaitu:

  1.  Tambahkan minat, pilih topik yang audience kamu sukai atau yang dekat dengan produk kamu. Kamu bisa memilih banyak minat namun dengan format ‘atau’ bukan ‘dan’. Maksudnya apabila kamu memilih Pendidikan, Teknologi, kamu memilih audience yang memiliki ketertarikan pada Pendidikan atau Teknologi. Semakin banyak minat yang kamu pilih maka audience semakn luas
  2.   Perilaku Interaksi Video, pilih interaksi yang kamu harapkan dari adanya ads, apakah menonton sampai akhir, menyukai, mengomentari, atau membagikan. Setelah memilih TikTok akan menyebarkan iklan kepada user yang memiliki kecenderungan interaksi yang kamu pilih.
  3.  Interaksi kreator, pilihan ini sama seperti pilihan sebelumnya namun target yang bisa diharapkan adalah follow atau profil visit.
  4.  Interaksi tagar, kamu bisa menspesifikan lagi target audience berdasarkan tagar yang sering mereka kunjungi. Namun kolom ini belum terlalu efektif karena penggunaan tagar di TikTok yang belum signifikan.

Perangkat

Kamu dapat mengatur standar perangkat yang ditarget oleh iklan kamu. Mulai dari Versi OS, Model Perangkat, Jenis Koneksi, Operator, hingga harga perangkat. pengaturan ini akan sangat efektif untuk produk elektronik yang membutuhkan analisa perangkat customer.

You May Also Like

About the Author: farent

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *