Produk Gagal Dimuat Shopee? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

by Viki
produk gagal dimuat shopee

Seperti yang kita ketahui, Shopee marketplace terfavorit bagi sebagian masyarakat Indonesia untuk berbelanja dan berjualan. Tapi terkadang muncul masalah bagi seller seperti produk gagal dimuat Shopee sehingga menghambat kelancaran penjualan. 

Meskipun terkesan sepele, masalah tersebut dapat merugikan seller. Pasalnya produk yang seller upload tidak akan bisa di temukan oleh pengunjung sehingga tidak akan ada penjualan yang masuk dari produk tersebut. Dengan begitu, akan lambat dalam mencapai tujuan bisnis. 

Ingin Penjualan Selalu Lancar di Shopee?

Yuk, gabung komunitas bisnis Shopee MEA! Mentor Expert yang akan membimbing dan membagikan berbagai strategi suksesnya, bakal bantu kamu banget! GRATIS!!!

Oleh karenanya, jika Sobat MEA ingin fokus menjadi pebisnis, harus bisa mengatasi masalah teknis. Karena berbisnis online tidak lepas dari masalah teknis yang lebih banyak daripada bisnis konvensional.

Tapi tenang, masalah produk gagal dimuat Shopee sebenarnya bisa Sobat MEA atasi dengan tuntas jika mengetahui penyebabnya. Maka dari itu, sebelum mengatasinya, mari ketahui terlebih dahulu beberapa hal yang bisa menjadi penyebab masalah tersebut. 

Penyebab Produk Gagal Dimuat di Shopee

Yup, ada beberapa alasan atau penyebab yang sampai menyebabkan produk tidak muncul di Shopee. Dan sebagian besar seller pernah mengalami permasalahan ini. Berikut uraian mengenai beberapa alasan produk tidak muncul di Shopee:

Produk Memuat Informasi Kontak Seller

Saat mengupload produk, ada beberapa peraturan yang harus Sobat MEA penuhi, salah satunya tidak boleh mencantumkan informasi mengenai kontak untuk memproses transaksi di luar Shopee. Jika Sobat MEA mencantumkannya, ini pelanggaran. 

Oleh karenanya, Sobat MEA tidak boleh mengupload produk yang memuat hal tersebut, karena berisiko tidak akan muncul di tokomu sendiri. Selain itu, jika ketahuan melakukan transaksi di luar Shopee, maka Sobat MEA tidak akan bisa mengikuti event Shopee, seperti flash sale dan layanan iklan.

Artikel Terkait  Tips Produk Shopee Muncul Di Pencarian. Ternyata Nggak Susah~

Produk Terindikasi Melanggar Kebijakan Shopee

Meski Shopee memberi kebebasan dalam aktivitas jual beli, Shopee tetap menerapkan ketentuan untuk produk yang seller upload. Sebagai seller di dalamnya, Sobat MEA tentu harus mengetahuinya. Secara umum, ada 3 jenis produk yang termasuk melanggar ketentuan  Shopee, antara lain:

  • Produk yang di larang oleh pihak Shopee ataupun produk baru yang di upload di halaman produk lama.
  • Barang tiruan tiruan karena produk ini dianggap telah melanggar kekayaan intelektual ataupun produk yang di upload tanpa izin yang mengandung merek dagang tertentu.
  • Foto yang sama yang di upload berkali-kali karena akan di anggap sebagai spam oleh pihak Shopee. Selain itu, produk yang di jual dengan harga yang jauh lebih murah dari pasaran dan juga produk yang tidak memiliki informasi yang jelas.

Dapat 1000 Orderan dalam 6 Bulan?

Mungkin banget dong! Apalagi kalau kamu tahu rahasianya! Dan kini bisa kamu dapatkan rahasia suksesnya di kelas ini.

Shopee Memblokir Produk

Setelah Sobat MEA upload produk, Shopee bisa mengecek status produk yang di upload, lho. Jika Sobat MEA melakukan pelanggaran, Sobat MEA akan mendapatkan notifikasi bahwa produk yang di upload di blokir oleh pihak Shopee. 

Oleh karenanya, jika Sobat MEA ingin produk tetap terupload, harus memperbaiki hal-hal yang dianggap melanggar dalam waktu 1×24 jam. Caranya yaitu dengan menghapus produk yang di blokir tersebut, lalu upload kembali produk yang melanggar tersebut. 

Produk Shopee Diarsipkan

 Penyebab selanjutnya saat produk gagal tidak muncul di Shopee, bisa jadi karena tokomu sudah lama tidak ada interaksi hingga mengalami penurunan performa. 

Jika sudah begini, kemungkinan produk di arsipkan. Dan produk akan tampil kembali jika tokomu mengalami peningkatan interaksi. Oleh karenanya, tetaplah menjaga hubungan baik dengan konsumen, ya, untuk mencegah hal tersebut. 

Artikel Terkait  Cara Rekomendasi Produk Shopee Dengan Produk Pilihan Toko. Simak!

Tapi Sobat MEA bisa memperbaikinya dengan membalas chat dari pelanggan yang menanyakan produk yang Sobat MEA jual. Kecepatan membalas pesanlah yang akan mempengaruhi tingkat interaksi toko Shopee. Maka usahakan merespon pesan dengan cepat agar interaksi toko meningkat. 

Ada Gangguan

Terakhir, bisa jadi karena ada gangguan. Hal ini bisa membuat produk tidak dapat muncul  dan cukup membuat panik para pengguna Shopee. Tapi memang jika ada gangguan sinyal internet atau server aplikasi down seringkali membuat produk tidak muncul. 

Seperti yang MiMe singgung di atas, setelah mengetahui penyebabnya, maka saatnya mengetahui solusi atas permasalahan produk tidak muncul ini. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Cara Mengatasi Produk Gagal Dimuat Shopee

Untuk mengatasi produk yang tidak muncul, Sobat MEA bisa atasi dengan menghubungi pihak layanan Shopee. Adapun beberapa cara yang bisa Sobat MEA lakukan untuk hal ini, Antara lain:

Mengirimkan Email ke Pihak Shopee

Cara pertama yang bisa Sobat MEA lakukan adalah mengirimkan email langsung ke pihak Shopee. Ceritakan apa saja masalah yang Sobat MEA alami melalui email tersebut. Lalu tunggu respon email tersebut dalam kurun waktu 1-2 hari. 

Omzet Makin Mantul? Ya Pakai Shopeasytools!

Stop jualan yang gitu-gitu aja! Kini saatnya kamu boost penjualanmu di Shopee dengan Shopeasytools! Jualan makin betul, omzet makin mantul~

Melaporkan Masalah Melalui Layanan Chat 24 Jam

Menghubungi Call Center Shopee 24 Jam

Jika tidak ingin terlalu lama, Sobat MEA bisa menyampaikan keluhan melalui layanan call center Shopee. Layanan ini tersedia selama 24 jam sehingga bisa menyampaikan pengaduan kapan saja. Tapi Sobat MEA harus mempersiapkan pulsa yang cukup banyak. Karena pulsa yang akan di keluarkan akan cukup banyak.

Nah, sekian penyebab hingga cara mengatasi produk gagal dimuat Shopee. Semoga dengan cara ini Sobat MEA dapat terbantu untuk segera menyelesaikan masalah pada tokomu. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment