Manfaatin TopAds Tokopedia Biar Jualan Kamu Laris Terus

TopAds Tokopedia – Kalau mulai ngomongin soal marketplace seperti Tokopedia, pasti pembahasannya nggak bakal jauh-jauh dari cara jualan, fitur, dan pasang iklan. Tiga hal tadi memang seperti nyawa jika berkaitan dengan marketplace. Dalam artikel ini, kami bakal bahas mengenai TopAds Tokopedia tentunya dengan tujuan agar bisa kamu buktikan langsung untuk memperlaris jualan kamu di Tokopedia.

Mengenai pemasangan iklan, ada satu hal yang perlu banget kamu perhatikan. Sadari bahwa tujuan dari pembuatan dan pemasangan iklan adalah untuk meraih traffic atau pengunjung yang lebih banyak ke toko kamu. Iklan bukan bertujuan untuk menghasilkan penjualan.

Sebelum bahas lebih lanjut mengenai TopAds, alangkah lebih baiknya kalau kami jelasin dulu ya soal alur pemasangan iklan ini dan mengapa iklan tidak bertujuan menghasilkan penjualan. Jadi gini, kalau kamu bikin iklan, kamu harus bikin iklan yang menarik dan nyambung sama apa yang dimau oleh konsumen. Udah gitu, konsumen bakal kepo sama produk kamu dan mulai nyari tau. Nah kalau udah sampai tahapan ini, berarti iklan kamu udah bagus karena berhasil narik perhatian dan rasa penasaran konsumen.

Untuk proses konsumen mau melakukan pembelian dan pembayaran, itu sudah diluar jobdesk iklan. Agar konsumen mau beli barang kamu, bisa dilihat dari berbagai macam faktor. Apakah rating toko kamu tinggi, bagaimana dengan performa chat, lalu apakah foto produk dan deskripsi produk kamu cukup jelas sehingga membuat konsumen ingin membeli. Bagaimana dengan pelayanan yang kamu berikan ke konsumen juga mampu mempengaruhi keinginan konsumen untuk mendapatkan produk kamu.

Jadi, tugas dari iklan hanyalah untuk mendatangkan konsumen.  Sudah jelas ya sampai sini? Sekarang saatnya buat bahas tentang TopAds Tokopedia.

Pengen bisa jago jualan di Tokopedia?

Gampang banget! Yuk gabung kelas Tokopedia dan kamu bakal dipandu sama mentor profesional

Apa itu TopAds Tokopedia?

TopAds Tokopedia adalah fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan toko dan produk di Tokopedia. Fitur ini bisa digunakan oleh seluruh Merchant Tokopedia. TopAds ini bisa kamu akses melalui aplikasi khusus penjual di Tokopedia, yaitu Tokopedia Seller dan bisa diakses melalui Tokopedia versi desktop.

Dengan mengaktifkan TopAds, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Diantaranya adalah kamu bisa menampilkan baik toko maupun produk kamu di bagian teratas pencarian sehingga akan semakin mudah ditemukan oleh konsumen. TopAds bisa membantu produk dan toko kamu tampil di halaman pencarian, homepage, kategori, dan halaman strategis lainnya.

Dengan begitu, kunjungan ke tokomu akan semakin meningkat. Kalau kunjungan meningkat, kemungkinan kamu mendapatkan konsumen juga semakin tinggi. Untuk melakukan iklan pun akan semakin mudah karena kamu jadi sedikit banyak mengetahui tentang selera konsumen.

Iklan TopAds ini memiliki dua jenis iklan. Yang pertama adalah Iklan Otomatis dimana produk, kata kunci, dan biaya iklan akan diatur secara berkala oleh TopAds. Kamu hanya perlu mengatur biaya anggaran harian saja. Sedangkan yang kedua adalah Iklan Manual dimana kamu bisa menentukan sendiri produk apa saja yang ingin kamu iklankan, kata kunci apa yang ingin kamu gunakan, biaya kata kunci, hingga kamu bisa bebas mengatur anggaran harian.

Tenang aja, bakal kami ajarin cara buat dua jenis iklan tadi sekaligus saran buat kamu untuk menjalan iklan.

Masih bingung soal jualan di sosmed?

Kamu beruntung banget karena kami juga buka jasa digital marketing loh!

Iklan Otomatis

Ini dia tahapannya agar kamu bisa mengaktifkan Iklan Otomatis:

  • Login akun toko Tokopedia melalui Tokopedia Seller atau Tokopedia versi desktop.
  • Klik TopAds kemudian klik Mulai Beriklan
  • Selanjutnya, kamu bisa atur anggaran harian untuk iklan, kemudian klik Activate

Hanya 3 tahapan mudah dan iklan kamu sudah berjalan secara otomatis. Kamu hanya perlu menunggu kunjungan dan pembelian saja. Nah untuk Iklan Otomatis ini, kamu perlu mengoptimalkan anggaran harianmu karena semakin tinggi anggaran harian, maka semakin tinggi juga kemungkinan produkmu dijangkau oleh lebih banyak konsumen. Atau, kamu juga bisa mengikuti rekomendasi anggaran dari Tokopedia yang sudah ditentukan secara otomatis berdasarkan jenis dan kategori produk.

Iklan Manual

Iklan manual ini dibagi lagi menjadi 2, yaitu iklan toko dan iklan produk. Untuk perbedaan keduanya bisa kamu baca disini. Pada bagian ini, kami akan menjelaskan cara membuat iklan produk dan beberapa saran untuk kamu agar iklanmu menguntungkan.

Tahapan membuat iklan produk:

  • Login akun toko Tokopedia melalui Tokopedia Seller atau Tokopedia versi desktop.
  • Klik TopAds kemudian klik Tambah Iklan di sebelah kanan atas
  • Kemudian akan muncul pop up Tambah Promosi, dimana selanjutnya kamu perlu mengklik Produk
  • Akan muncul halaman Buat Iklan Manual dimana kamu perlu memasukkan nama Grup Iklan
  • Selanjutnya kamu perlu memilih minimal 2 produk untuk 1 grup iklan dengan kategori yang sama agar semakin mudah untuk menentukan kata kunci dan produk kamu lebih mudah ditemukan.
  • Tambahkan kata kunci yang sesuai dengan produk kamu, dimana kamu juga bisa menentukan ingin menggunakan kata kunci yang sesuai dengan budget kamu.
  • Selanjutnya adalah atur anggaran harian, kemudian klik Iklankan jika sudah selesai.

Dengan begitu, produk kamu akan muncul di bagian teratas pencarian ketika konsumen mengetikkan kata kunci yang sudah kamu tentukan. Untuk itu, perlu sekali memikirkan kata kunci yang sesuai agar produk kamu mudah dicari oleh konsumen. Kamu bisa juga mmeasukkan sebanyak mungkin kata kunci agar produkmu semakin mudah dijangkau.

Untuk biaya kata kunci sendiri paling murah adalah Rp. 350,-/klik. Jadi, biaya yang harus kamu keluarkan adalah 350 rupiah jika ada satu orang yang mengklik iklanmu. Seratus orang yang klik dan artinya kamu membayarkan 350 ribu. Untuk itu, kamu benar-benar harus selektif dalam menentukan biaya iklan agar tidak over budget. Perlu diingat bahwa tidak semua orang yang mengklik iklan akan langsung membeli produk kamu. Bisa jadi dari 100 orang yang klik, hanya 1 orang yang akhirnya melakukan pembelian. Terus gimana?

Gunakan produk yang sudah memiliki ulasan yang bagus untuk meningkatkan minat konsumen. Perbaiki juga tampilan toko, foto produk, dan deskripsi produk agar semakin terlihat unik, menarik, dan beda dengan yang lain. Tampilan toko yang rapi akan membuat konsumen semakin ingin melihat isi toko kamu.

 

Jualan di TikTok? Bisa banget dong!

Naikkan penjualan kamu dengan bikin konten menarik di TikTok. Caranya? Gabung disini

Selanjutnya apa?

Hal yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah dengan melakukan evaluasi secara rutin dan berkala. Kalau kamu menggunakan iklan manual, kamu perlu memperhatikan mana saja kata kunci yang paling sering dicari dan digunakan oleh konsumen. Dengan begitu, kamu bisa memotong biaya iklan per kata kunci dan bisa menggunakan anggaran tersebut untuk menaikkan performa kata kunci yang paling tinggi.

Gabung di Kelas Online Tokopedia dan kamu nggak bakal ketinggalan informasi menarik seperti ini. Selamat ketemu di kelas!!

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *