Cara Mengatasi Kenapa Viewers Shopee Video Menurun!

by Fanny
kenapa viewers shopee video menurun

Shopee Video adalah salah satu fitur di Shopee yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk mempromosikan produk dengan membuat konten yang menarik. Semakin banyak yang menonton kontennya, maka itu artinya semakin bagus dan relevan konten yang dibuat. Lalu, kenapa viewers Shopee Video menurun dan bagaimana cara mengatasinya?

Sebagai penjual, ada saatnya kita melakukan suatu kesalahan tanpa kita sadari sehingga baru terasa dampaknya ketika ada sesuatu yang terjadi, seperti misalnya viewers Shopee Video yang tiba-tiba menurun. Untuk itu pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan 5 alasan kenapa viewers Shopee Video menurun serta cara mengatasinya.

Table of Contents

Apa itu Shopee Video?

Maksimalkan Penjualan di Shopee dengan Trik Terbaru!
Gabung ke komunitas dan belajar dari Coach Shopee langsung untuk mendapatkan tips jualan di Shopee terbaru. GRATIS!

Sebelum membahas kenapa viewers Shopee Video menurun, kami akan menjelaskan sedikit tentang apa itu Shopee Video. Jadi, Shopee Video adalah fitur dari Shopee yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk mempromosikan produk dengan video pendek.

Sobat MEA juga bisa membuat konten lainnya seperti tips, edukasi, tutorial, atau konten menarik lainnya. Pada Shopee Video, Sobat MEA bisa memasukkan link produk yang bisa di klik oleh audiens dan mereka bisa melakukan pembelian secara langsung.

Nah agar konten Sobat MEA bisa menghasilkan banyak viewers dan penjualan, maka Sobat MEA harus menghindari beberapa kesalahan sehingga Sobat MEA tidak perlu mencari tahu alasan kenapa viewers Shopee Video menurun. Namun jika viewers sudah turun, Sobat MEA tetap bisa kok mengatasinya yang akan kami bagikan di bawah ini!

5 Alasan Kenapa Viewers Shopee Video Menurun

Bingung bikin konten di Shopee Video?
Tenang aja, Tim MEA siap bantu kelola konten dan penjualan di Shopee dengan klik di sini!

1. Viewers Melanggar Ketentuan

Viewers Sobat MEA bisa mengalami penurunan karena Shopee mendeteksi adanya kecurangan dalam mendapatkan views atau penonton.Seperti misalnya Sobat MEA ingin mendaftarkan diri sebagai Top Creator. Salah satu syarat untuk menjadi Top Creator adalah Sobat MEA harus mengunggah minimal 15 video dengan 100 penonton. 

Nah untuk mendapatkan views lebih cepat, maka Sobat MEA menonton video sendiri secara berulang-ulang dan terus menerus. Tidak hanya itu, Sobat MEA bahkan membuat akun lain di perangkat yang sama kemudian menonton kontennya. Nah hal ini akan terdeteksi oleh sistem Shopee dan Sobat MEA akan mendapatkan peringatan.

Oleh karena itu meskipun Sobat MEA sudah meraih banyak viewers dari hasil nonton sendiri, namun nantinya angka atau jumlah viewers akan menurun sendiri secara otomatis. Jadi, jumlah penonton asli dan sudah lolos pengecekan yang akan ditampilkan oleh sistem Shopee pada Shopee Video yang diunggah.

Solusinya adalah Sobat MEA tidak perlu menonton video sendiri. Jika ingin meraih banyak viewers, Sobat MEA bisa membagikan link produk ke berbagai macam platform untuk bisa menjangkau semakin banyak audiens secara organik.

2. Produk Tidak Relevan

kenapa viewers Shopee Video menurun

Penyebab kenapa viewers Shopee Video menurun berikutnya adalah karena produk yang dimasukkan ke dalam keranjang berbeda dengan produk yang direview. Misalnya saja Sobat membuat video tentang pashmina plisket warna biru muda. Tapi produk yang Sobat MEA masukkan adalah hijab bergo warna coklat. Audiens yang mengklik link produk tadi akan merasa kena scam karena produk yang dimasukkan tidak sesuai dengan yang ada di video.

3. Konten yang Tidak Konsisten

Inkonsistensi jenis konten juga menjadi salah satu penyebab dari kenapa viewers Shopee Video menurun. Misalnya saja Sobat MEA membuat video tentang rekomendasi tas wanita. Lalu tiba-tiba Sobat MEA membuat video tentang rekomendasi wajan anti lengket. Meskipun target pasarnya sama-sama wanita, namun niche-nya akan sangat jauh berbeda.

Jadi, hindari membuat konten yang terlalu bermacam-macam konten dan produknya. Cukup konsisten pada satu jenis konten dan produk saja yang akan menarik audiens yang lebih spesifik. Jika Sobat MEA sudah kebingungan dengan ide konten, maka Sobat MEA bisa membuat konten kuis, QnA, game, atau konten interaktif lainnya.

4. Terlalu Sedikit Mengunggah Konten

kenapa viewers Shopee Video menurun

Jika Sobat MEA masih bingung kenapa viewers Shopee Video menurun, maka perlu diingat bahwa satu konten yang diunggah hari ini tidak akan langsung mendapatkan banyak views di hari berikutnya. Semua konten butuh waktu untuk bisa menjangkau audiens yang sesuai.

Kami sarankan agar Sobat MEA mengunggah 5-10 konten setiap harinya. Mungkin akan terasa berat di awal, namun konten ini bisa Sobat MEA jadikan sebagai ‘tabungan’ kedepannya jika sedang tidak bisa membuat konten. Selain itu, konten ini juga akan bisa dilihat oleh audiens kembali yang bisa meraih views dan penjualan baru.

5. Reupload Konten Orang Lain

Di Shopee sendiri, sebenarnya tidak ada larangan explicit untuk merepost konten dari platform lain. Namun bukan berarti Sobat MEA bisa asal repost konten, loh, ya. Hindari mengunggah ulang konten milik orang lain atau brand lain. Karena hal ini menjadi salah satu penyebab kenapa viewers Shopee Video menurun.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai Shopee Video dan alasan kenapa viewers Shopee Video menurun. Semoga ulasan ini membantu, ya!

You may also like

Leave a Comment