Jasa Press Release: Ini Pengertian, Kebutuhan Sampai 7 Manfaatnya!

jasa press release

Dalam dunia pemasaran, ada banyak sekali cara atau medium yang bisa Sobat MEA gunakan untuk melakukan promosi. Salah satu cara yang paling efektif adalah lewat publikasi atau press release dari media lokal maupun nasional. Karena punya impact yang luar biasa besar, nggak mengherankan kalau jasa press release sangat banyak digunakan oleh pemilik brand, penyelenggara acara, instansi, komunitas sampai tokoh seperti pengusaha sampai politikus.

Press release sudah menjadi media promosi dan publikasi sejak lama. Sebelum industri digital meluas, jasa press release biasanya dibuka oleh media cetak seperti korean dan majalan sampai media elektronik seperti televisi dan radio. Karena hari ini media online semakin banyak dan menjamur, jasa press release dibuka dengan tujuan publikasi online.

Apa itu Press Release?

Mau belajar teknik digital marketing dari sesama pebisnis online?

Yuk gabung di Komunitas Seller MEA GRATIS!

Press release merupakan aktivitas yang bertujuan untuk mengumumkan sebuah informasi baik itu pelaksanaan kgiatan lembaga atau perusahaan, peluncuran produk baru, peluncuran perusahaan dan masih banyak yang lainnya. Press release sendiri juga dapat dikatakan sebagai suatu cara untuk melakukan soft selling dan mendapatkan perhatian publik secara luas.

7 Kebutuhan Pengunaan Press Release

Setelah mengetahui apa itu press release, Sobat MEA juga harus mengetahui apa saja sih kebutuhan yang bisa dipenuhi dengan penggunaan jasa press release. Karena ada banyak kebutuhan, dalam artikel ini kita hanya akan membahas 7 kebutuhan penggunaan jasa press release. Daripada berlama-lama lagi, yuk langsung aja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Liputan Acara

Yang pertama adalah liputan acara. Yup, jasa press release juga bisa Sobat MEA gunakan untuk peliputan sebuah acara. Acara ini bisa berupa acara peluncuran produk, pengesahan perusahaan sampai acara-acara seminar atau event. Press release ini berguna sebagai sebuah laporan dari kesuksesan acara yang Sobat MEA laksanakan.

2. Sarana Branding

Karena press release ini umumnya diterbitkan lewat media masa, maka press release sangat-sangat cocok untuk digunakan sebagai sarana branding. Sobat MEA bisa meluncurkan pemberitaan mengenai brand atau bisnis Sobat MEA di media nasional. Tentu hal ini membawa manfaat besar bagi bisnis Sobat MEA. Selain mendapatkan kepercayaan, bisnis Sobat MEA juga bisa mendapat pengakuan positif dari masyarakat.

3. Syarat Shopee Mall

jasa press release

Sobat MEA adalah seorang pebisnis yang mengelola toko di marketplace Shopee? Apakah toko Sobat MEA ingin terdaftar sebagai Shopee Mall? Untuk terdaftar sebagai Shopee Mall, ada banyak syarat dan ketentuan. Tentu saja hal ini juga sepadan dengan manfaat yang bisa Sobat MEA dapatkan sebagai seorang penjual Shopee Mall. Nah syarat brand untuk bisa terdaftar sebagai Shopee Mall adalah minimal pernah diliput oleh 5 media online, cetak atau elektronik ternama.

4. Syarat Centang Biru Sosial Media

Apakah Sobat MEA pernah bertanya, bagaimana sih sebuah akun di media sosial mendapatkan centang biru atau verifikasi? Tentu mendapatkan centang biru di sosial media ini bukan hal yang mudah karena Sobat MEA harus ditinjau. Tapi proses ini akan cepat jika Sobat MEA pernah diliput oleh media nasional. Akun Instagram, TikTok, Facebook Page sampai YouTube Sobat MEA akan lebih cepat terverfikasi.

5. Klarifikasi Publik

Sebuah press release juga dapat digunakan sebagai sarana klarifikasi pada publik. Hal ini dilakukan untuk meluruskan informasi negatif maupun hoax yang tertuju pada individu, organisasi maupun sebuah bisnis. Tentu hal ini sangat penting untuk mempertahankan kepercayaan masyarakat atas isu yang beredar. Apalagi jika isu tersebtu adalah isu yang negatif dan berbahaya.

6. Promosi Produk dan Jasa

Karena memiliki jangkauan yang sangat luas, press release ini bisa Sobat MEA jadikan sebagai sarana promosi produk maupun jasa yang Sobat MEA miliki. Press release ini merupakan promosi dengan gaya yang menarik namun tetap mengacu pada kaidah jurnalistik. Karena terlihat seperti pemberitaan, jasa press release ini merupakan upaya Sobat MEA untuk melakukan soft selling.

7. Personal Branding

Selain branding produk, beberapa penyedia jasa press release juga bisa meningkatkan upaya personal branding tokoh tertentu. Bahkan press release juga uum digunakan sebagai kampanye digital calon legislatif menjelang pemilu. Singkatnya, seorang calon legislatif bisa melakukan personal branding menggunakan press release ini.

4 Manfaat Menggunakan Jasa Press Release

Mau punya konten untuk toko online kamu?

Pakai aja jasa sosial media management MEA!

Setelah mengetahui kebutuhan-kebutuhan yang bisa dilakukan oleh press release, Sobat MEA juga harus mengetahui apa saja sih manfaat dalam menggunakan jasa ini. Karena itu, berikut ini adalah penjelasan selengkapnya. Yuk langsung simak aja poin-poin di bawah ini!

1. Memperkuat Branding

Manfaat pertama tentu saja memperkuat branding. Karen press release dipublikasikan di media nasional yang sudah dikenal masyarakat, maka brand, produk atau bahkan personal Sobat MEA bisa mendapat pengakuan dari masyarakat luas. Hasilnya, upaya branding Sobat MEA bisa berjalan lebih baik.

2. Membangun Customer Trust

Selain itu, Sobat MEA juga bisa membangun keperayaan customer atau calon customer terhadap produk atau brand Sobat MEA. Brand Sobat MEA akan jauh lebih populer dan dipercaya daripada brand milik kompetitor.

3. Meningkatkan Reputasi dan Kredibilitas

Dari kerpercayaan, Sobat MEA bisa mendapat reputasi baik karena sudah diliput secara positif oleh portal berita nasional. Walhasil, kredibilitas, naba baik, citra dan image positif akan terpatri di mata customer dan calon customer Sobat MEA.

4. Promosi dan Exposure yang Luas

Terakhir pastinya manfaat promosi dan exposure yang luas. Sobat MEA bisa melakukan promosi produk, kegiatan dan personal brand ke masyarakat luas melalui media karena media-media online memiliki exposure yang nggak main-main dan sudah terbukti dipercaya oleh semua masyarakat.

Sistem dan Cara Kerja Jasa Press Release

Belajar jualan di Shopee anti-ribet

Yuk gabung di Kelas Shopee Mastery Premium MEA!

Nah setelah tahu kebutuhan dan juga manfaat dari press release, apakah Sobat MEA tertarik untuk menggunakan jasa ini? Tapi sebelum pakai, Sobat MEA harus tahu dulu sih bagaimana sistem dan cara kerja jasa press release ini biar nantinya nggak bingung. Yuk langsung aja simak di sistemnya di bawah ini!

Peninjauan dan Penulisan Konten

Proses ini akan menentukan topik atau konten yang Sobat MEA kirim layak untuk terbit di media. Jika Sobat MEA nggak punya artikel atau nggak bisa menulis artikel dengan gaya pemberitaan, nggak perlu khawatir. Pasalnya, pihak media akan menuliskan beritanya untuk Sobat MEA bahkan tanpa biaya tambahan.

Editing dan Penerbitan Artikel Press Release

Setelah proses peninjauan dan penulian selesai, artikel akan masuk meja redaksi, mendapat editing dan masuk antrian untuk diterbitkan. Sobat MEA bisa memilih media nasional yang diingikan untuk memuat press release.

Finishing dan Report

Setelah artikel terbit, Sobat MEA akan mendapat laporan hasil pemberitaan yang sudah tayang di media yang sudah dipilih. Sobat MEA nantinya juga akan mendapatkan linknya secara langsung.

Syarat dan Ketentuan Penggunaan Jasa Press Release

jasa press release

Karena press release berhubungan dengan media nasional, maka ada beberapa syarat dan ketentuan peneribitan press rilis. Mulai dari persiapan sampai materi.

Untuk persiapan maksimal, lebih baik Sobat MEA menyiapkan

  • 1 brief atau bahan berisi tujuan dan poin-poin yang akan dibahas
  • Siapkan juga artikel dengan panjang 300-500 kata dengan gaya tulisan jurnalistik. Jika nggak punya, akan dibuatkan oleh media langsung
  • Siapkan gambar pendukung untuk visual artikel

Selain perispan, Sobat MEA juga harus mengikuti ketentuan dari materi press release yang diperbolehkan. Berikut ini adalah ketentuan materi press release

  • Promosi launcing bisnis atau brand
  • Memperkenalkan produk atau jasa baru
  • Promosi perusahaan, event, seminar, kampus, organisasi dan lain sebagainya
  • Kegiatan sosial atau kemasyarakatan
  • Prestasi tokoh 

Nah itulah penjelasan, manfaat, kebutuhan press release sampai syarat dan ketentuan untuk penggunaan press release di media. Gimana? Apakah Sobat MEA tertarik untuk menggunakan jasa press release ini?

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.