Ini Dia Cara Memulai Bisnis Online Bagi Kamu yang Masih Pemula

ini dia cara memulai bisnis online bagi kamu yang masih pemula

Cara Memulai Bisnis Online – Memiliki bisnis pribadi adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang. Mampu mewujudkan apa yang kita pikirkan sesuai dengan keinginan kita adalah suatu kebebasan yang hakiki.

Akan tetapi, bisnis juga nggak bisa dijalankan dengan sembarangan, loh. Apalagi di era 4.0 yang serba digital ini. Perlu belajar banyak hal agar bisnis kamu bisa berjalan dengan lancar dan bisa meminimalisir kemungkinan untuk gulung tikar dalam jangka panjang.

Jenis bisnis yang semakin ramai dipelajari dan diterapkan selama beberapa tahun terakhir adalah bisnis online.

Artikel di bawah ini akan menjelaskan kepada sobat MEA tentang hal-hal penting yang perlu diketahui dalam bisnis online.

daftar gratis

Nah, Apakah Bisnis Online Itu?

Apa yang muncul pertama kali di pikiran kamu ketika mendengar “bisnis online”?

Harus punya laptop? Harus punya akun khusus untuk bisnis? Harus sedia banyak kuota internet? Harus mencari calon pembeli? Ribet? Atau karena takut nggak bisa mengatur bisnis melalui laptop maupun handphone, alias gaptek?

Untuk itu, sobat MEA perlu tahu dulu apa itu bisnis online.

Bisnis online adalah setiap kegiatan bisnis yang dilakukan melalui internet (secara online).

Dari yang menjual, membeli, memasarkan, proses pembayaran, dan proses pengiriman, semua dilakukan secara online. Bisnis online tidak hanya terbatas pada penjualan barang, akan tetapi juga jasa, seperti Traveloka, Gojek, atau jasa digital marketing seperti kami.

Bisnis online juga memiliki berbagai macam bentuk, diantaranya adalah afiliasi, blog, website, toko online atau marketplace, dan akun sosial media.

Tentu saja kamu pernah melihat orang yang kamu kenal berjualan, dong? Ada yang di Instagram, Facebook, TikTok atau bahkan melalui WhatsApp status.

Apakah hal itu termasuk bisnis online? Tentu saja! Dan kamu pun bisa melakukan itu juga.

Inilah alasan kenapa kamu harus tahu cara memulai bisnis online

Bisnis online adalah jenis bisnis yang bisa dilakukan oleh siapa saja asal kamu memiliki ide kreatif dan produk yang jelas. Jika dua hal itu sudah terpenuhi, kamu bisa memulai bisnis online secepatnya.

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika kamu memulai bisnis online sendiri, diantaranya:

  1. Selain bisa dilakukan oleh siapa saja, bisnis ini juga terbuka pada banyak pilihan dagangan atau jasa
  2. Kamu bisa menjadi bos untuk bisnismu sendiri
  3. Kamu tidak perlu membayar karyawan karena kamu bisa mengerjakan semuanya sendiri
  4. Kamu bahkan tidak perlu kantor! Cukup di kamar, ruang tamu, atau ruang makan dan bisnismu akan tetap berjalan dengan lancar
  5. Cukup memiliki koneksi internet yang stabil dan bisnismu akan tetap berjalan.

Selain itu, ada beberapa bisnis online yang bisa langsung kamu mulai bahkan minim modal, loh sobat MEA. Jenis bisnis online ini akan kami rangkum selengkapnya di bawah.

Tertarik? Kamu juga harus tahu nih kapan waktu yang tepat untuk memulai bisnis online

Di masa pandemi seperti saat ini, adalah salah satu contoh waktu yang tepat untuk memulai bisnis online. 

Mengapa? Karena orang-orang memiliki keterbatasan untuk keluar rumah demi memenuhi kebutuhan hidup, alias berbelanja.

Lalu, apa solusi yang mereka punya? Belanja online adalah jawabannya. Nah, dari situlah kamu bisa masuk.

Udah penasaran bisnis online apa saja yang bisa kamu coba? Ini dia diantaranya:

  1. Dropshipping

Dropshipping adalah bisnis online dimana yang kamu jual adalah produk orang lain. Gimana cara kerjanya?

Kamu menjualkan produk orang lain dengan selisih harga yang sedikit lebih tinggi daripada harga asli yang dipatok oleh penjual. Nah, itulah keuntungan yang bisa kamu dapatkan dalam setiap penjualan.

Ini adalah bagian yang paling menarik, sobat MEA. Bayangkan kamu jualan, tapi kamu nggak nyetok barang itu. Nah, loh?

Jadi, fungsi dropshipper ini adalah kamu hanya perlu memasarkan produk supplier/penjual melalui website atau sosial media pribadimu. Kalau ada yang mau beli? Kamu cukup menghubungi supplier dan merekalah yang akan mengantarkan barang tersebut ke tempat konsumen.

Proses pembayarannya gimana, dong?

Pembeli akan membayarkan dulu ke kamu, yang kemudian akan kamu bayarkan ke supplier sesuai harga asli, dan begitulah kamu mendapatkan bagianmu. Gampang banget, kan? 

       2. Program Afiliasi

Program afiliasi ini hampir mirip dengan dropshipping. Bedanya, sistem pembayaran yang akan kamu dapatkan adalah melalui komisi penjualan produk yang berhasil kamu lakukan. Komisi ini pun bisa berbeda-beda persentasenya, tergantung dari kebijakan atau bisa kesepakatan antara kamu dan penjual.

Jadi, gimana cara kerjanya?

Kamu harus bergabung dulu nih ke salah satu program afiliasi yang ada, contohnya adalah di Kelas Afiliasi MEA.

Selanjutnya, kamu akan mendapatkan kode kupon atau banner yang harus kamu sebarkan ke sosial media, blog, atau website-mu.

Kemudian, penghasilanmu akan dihitung sesuai berapa banyak orang yang masuk melalui kode kupon yang kamu bagikan itu. Nah nanti, penghasilanmu akan dihitung sesuai komisi yang sudah disepakati tadi. Contohnya saja, kamu akan mendapatkan komisi sebesar 30% dari harga Kelas Online yang ada di MEA Digital Marketing jika kamu gabung dengan Kelas Afiliasi MEA

        3. Blogging

Kamu pasti bingung kan kenapa menjadi blogger termasuk dalam bisnis online?

Kalau kamu punya blog, kamu harus memiliki konten yang bagus dan memberikan pengetahuan/insight/pandangan baru. Jika itu sudah ada, kamu cukup perlu membagikan link agar semakin banyak orang yang mengunjungi blog-mu.

Semakin banyak pengunjung, semakin banyak juga uang yang bisa kamu hasilkan. Dari mana uangnya? Salah satunya adalah dengan bergabung ke platform Google Adsense. Nah, adsense inilah sumber pundi-pundi uangmu.

Selain itu juga, jika kamu sudah bergabung menjadi dropshipper atau program afiliasi, kamu akan punya tempat yang lebih besar untuk mempromosikan produk supplier-mu loh, sobat MEA.

Sekali dayung, dua-tiga pulau terlampaui.

        4. Jual Jasa

Jual jasa ini ada banyak sekali macamnya, seperti menjadi penulis freelancer, tutor online, buka jasa desain grafis, buka jasa terjemah, dan lainnya.

Pengen mulai belajar cara memulai bisnis online tapi nggak tahu dimana?

Belajar bisa dari mana saja dan kapan saja. Kamu bisa memulai bertanya dan banyak diskusi dengan orang yang kamu kenal untuk membahas tentang bisnis online. Tapi, ada kabar baik untukmu, sobat MEA. Kami menyediakan banyak kelas online menarik yang bisa kamu ikuti. 

Daftar Kelas Online Disini 

daftar gratis

Cara memulai bisnis online tidak sesulit itu, kok!

Di kelas online kami, kamu akan diberikan banyak sekali panduan lengkap untuk memulai bisnis online dari awal dan cara-caranya.

Jangan ragu untuk menuliskan pertanyaanmu di kolom komentar, ya!!

Kelas Shopee Premium

Cari Tahu Cara Raup Untung Dari Shopee

You May Also Like

About the Author: Febram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *