Aplikasi Paling Menjanjikan Bagi Kamu yang Ingin Memulai Bisnis Online

aplikasi bisnis online

Aplikasi Bisnis Online – Jika kamu ingin mulai berjualan, kamu juga perlu punya tempat dulu dong untuk memasarkan daganganmu, ya nggak? Baik berjualan secara online maupun offline, kamu memang harus punya ‘lapak’ sendiri.

Kalau jualan online, lapaknya dimana?

Nah, saat ini ada banyak banget pilihan untuk para kalian yang bergelut di bidang bisnis online dalam menjual produk. Mulai dari platform e-commerce, website, hingga sosial media atau aplikasi bisnis online. Berikut ini kami list beberapa platform paling menjanjikan dan apa aja sih benefit yang bisa kamu dapatkan dari platform ini.

Shopee

aplikasi bisnis online

Shopee adalah salah satu e-commerce yang paling terkenal di Indonesia. Baik penjual maupun pembeli pasti sudah tidak asing dengan iklan Shopee atau bahkan dengan suara notifikasinya yang khas.

Jika kamu ingin memulai berjualan di Shopee, kamu tidak perlu mengkhawatirkan biaya ‘buat toko’, karena itu gratis!

Caranya gampang banget loh. Kamu cukup buat akun Shopee, kemudian melengkapi profil toko melalui Seller Centre atau langsung dari Aplikasi Shopee. Tambahkan dan lengkapi atribut produk, serta deskripsikan produkmu dengan jelas. Jangan lupa untuk sertakan foto produkmu ya sobat MEA. Kemudian kamu bisa memilih jasa kirim, daaaaannn tokomu sudah jadi!

Kamu cukup perlu melakukan promosi dan tunggu pesanan pertamamu.

Lalu, apa saja sih keuntungan bagi penjual yang memasarkan produknya di Shopee?

  • Pengiriman paket yang mudah

Kamu baru mulai jualan online dan takut akan proses pengiriman? Takut salah alamat seperti Ayu Ting Ting? Nah, ini dia solusi yang tepat buat kamu.

Setiap pembelian, sistem Shopee akan langsung terintegrasi dengan alamat pembeli. Sehingga, kamu cukup memasukkan kode pengiriman barang. Kode ini nantinya yang akan menunjukkan alamat pembeli secara otomatis.

  • Fitur ‘Naikkan Produk’ untuk menaikkan pencarian produkmu

Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa menaikkan tingkat pencarian produkmu di tab “Terbaru” yang ada di Shopee. Dengan begitu, produkmu akan lebih mudah ditemukan oleh pembeli.

Fitur ini bisa kau gunakan untuk 5 produk sekaligus, loh. Dan kamu bisa menggunakan fitur ini setiap 4 jam.

Daftar sekarang

Tokopedia

aplikasi bisnis online

Kamu juga pasti sudah tidak asing dengan aplikasi yang satu ini. Tokopedia termasuk salah Cara buka toko di aplikasi ini juga gratis dan gampang banget loh!

Kamu hanya perlu buka aplikasi Tokopedia, ketik “Buka toko” di kolom pencarian, kemudian klik “Buka Toko Gratis”. Selanjutnya, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang ada.

Beberapa benefit yang bisa kamu dapatkan dari berjualan di Tokopedia adalah mudahnya mengoperasikan aplikasi ini karena user interface aplikasi ini sangat rapi dan mudah digunakan. Cocok sekali untuk kamu yang baru ingin memulai dari aplikasi bisnis online.

Selain itu, jangkauan pembeli di Tokopedia sangat luas dan mampu membuka peluang penjualanmu sampai ke pelosok negeri.

Kamu juga bisa memilih jasa pengiriman lebih dari satu, loh. Hal ini memberikan kesempatan kepada pembeli untuk memilih sendiri jasa pengiriman apa yang ingin mereka gunakan.

Ada juga beberapa fitur pilihan untuk mengembangkan toko barumu. Salah satunya adalah fitur dekorasi toko dimana kamu bisa menampilkan promo dan produk andalanmu agar mudah dilihat oleh pembeli.

Instagram

aplikasi bisnis online

Sekarang, Instagram tidak hanya digunakan untuk upload foto jalan-jalanmu saja loh. Kamu juga bisa mulai berjualan di sana dengan fitur Instagram Shopping.

Instagram Shopping adalah fitur yang memudahkan pelanggan untuk melihat produkmu baik melalui foto atau video yang kamu posting. Instagram pun tidak akan memungut biaya apapun untuk penjualanmu. 

Untuk berjualan di Instagram Shopping, kamu perlu membuat akun bisnis dan menghubungkan ke halaman Facebook, kemudian kamu bisa unggah katalog jualanmu. Setelah itu, kamu diminta untuk meninjau akun, mengaktifkan fitur belanja, dan menyematkan label di setiap postinganmu.

Sedikit lebih panjang tahapannya, ya sobat MEA. Tapi jangan jiper duluan, karena ada keuntungannya juga untuk kamu yang ingin berjualan di Instagram Shopping, diantaranya adalah kamu mampu menjangkau calon pembeli yang lebih luas. Kemungkinan pembeli untuk memesan produkmu semakin tinggi karena mereka tidak perlu keluar aplikasi untuk melakukan pemesanan. Selain itu, konsumen akan lebih mudah untuk bertanya denganmu melalui komen atau DM.

TikTok

aplikasi bisnis online

TikTok adalah aplikasi yang sedang banyak dipakai oleh berbagai kalangan saat ini. Dari anak-anak sampai orang tua, dari berbagai latar belakang pendidikan dan pekerjaan, semua menikmati aplikasi TikTok.

Ada banyak cara agar kontenmu bisa masuk FYP dan dilihat oleh banyak orang. Beberapa diantaranya adalah memposting di waktu yang tepat, mengikuti trend dan challenge yang sedang ada, dan tentu saja kamu harus buat video yang semenarik mungkin. 

Jika kamu mulai berjualan di TikTok, kamu akan banjir views karena pengguna TikTok saat ini ada 800 juta pengguna aktif. Selain itu, banyak fitur untuk pembuatan video TikTok yang mudah dan bisa kamu praktekkan sendiri. 

Ada lagi yang menarik nih. TikTok memiliki platform Tiktok Ads dimana bisa kamu gunakan untuk untuk memaksimalkan jangkauan kontenmu.

Pembuatan TikTok Ads ini juga tidak sulit, kok. Kamu hanya perlu menuju laman TikTok, melengkapi data yang diminta. Kemudian kamu bisa menentukan tujuan pembuatan iklan, mengatur target dan anggaran, unggah video, menambahkan CTA (Call To Action) iklan, dan selesai!

Facebook

aplikasi bisnis online

“Emang masih ada ya yang pakai Facebook?”

Apakah itu yang muncul di pikiran kamu ketika Facebook masuk dalam list ini? Jawabannya: banyak!

Bahkan sampai saat ini, Facebook adalah sosial media yang paling banyak digunakan di dunia. Mark Zuckerberg tiap hari ngadain syukuran, kali ya.

Untuk membuat akun bisnis di Facebook, kamu cukup bukan akun Facebook-mu dan klik menu Buat Halaman, kemudian kamu hanya perlu ikuti tahapan selanjutnya. Seperti Shopee, kamu perlu melengkapi foto dan deskripsi produkmu.

Yang sangat menarik adalah kamu bisa langsung menambahkan tombol CTA di halaman bisnismu. Tombol tersebut tersedia dalam berbagai pilihan yang bisa kamu pilih, seperti langsung menghubungkan ke toko online-mu, atau email, atau ke chat. Dengan begitu, pembeli juga memiliki banyak pilihan dalam proses pemesanan. 

Dari berbagai platform Bisnis Online tadi, manakah yang paling menjanjikan?

Semua platform yang kami sebutkan di atas sudah memiliki banyak pengguna dari berbagai macam kalangan. Semua platform diatas sangat menjanjikan untuk bisnis online-mu asal diimbangi dengan kekreatifan kamu dalam membuat konten dan promosi yang menarik agar pembeli ingin mengalokasikan uangnya ke produk yang kamu tawarkan. Mau belajar lebih banyak tentang Social Media Marketing? Ikut Kelas Online kami, sekarang!

Daftar sekarang

You May Also Like

About the Author: Febram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *