Kisaran Gaji Social Media Specialist. Bisa Sampai 11 Juta?!

by Bimboi
gaji social media specialist

Di Tahun 2023 ini, pekerjaan social media specialist menjadi salah satu pekerjaan yang diminati oleh banyak orang. Terutama kaum Gen-Z yang sering banget melakukan aktivitas di social media. Jika memang berpengalaman, gaji seorang social media specialist ini tidak main-main.

Selain pekerjaannya yang fleksibel alias dapat dilakukan di mana saja, gaji seorang sedia specialist cukup besar. Tentu saja, gaji ini sesuai dengan tanggung jawab serta tugas social media specialist yang cukup penting.

Selain pekerjaannya yang fleksibel alias dapat dilakukan di mana saja, gaji seorang sedia specialist cukup besar. Tentu saja, gaji ini sesuai dengan tanggung jawab serta tugas social media specialist yang cukup penting.

Siapa dan Apa Peran Social Media Specialist?

Mau belajar optimasi sosial media secara mendalam?

Yuk langsung aja gabung di komunitas belajar skill digital marketing. GRATIS!

Buat Sobat MEA yang belum tahu, pekerjaan social media specialist ternyata ngga cuma unggah konten aja, lho!  Ternyata, social media specialist membantu suatu bisins agar lebih dikenal oleh target pasar mereka di media sosial. Selain itu, mereka juga merancang strategi pemasaran suatu produk atau bisnis di berbagai platform sosmed mulai dari TikTok, Instagram, Twitter, Facebook sampai dengan YouTube.

Ditambah, mereka juga harus membuat editorial plan, konten, caption, unggah konten, berinteraksi dengan followers seperti membalas komentar dan pesan yang masuk serta yang paling fundamental, memantau performa akun social media yang dikelola. Wah banyak banget ya?

Meski ada segudang pekerjaan yang dilakukan social media specialist, ada cukup banyak keuntungan dari pekerjaan ini. Salah satu yang paling menguntungkan adalah Sobat MEA dapat bekerja secara remote alias di berbagai tempat yang memang Sobat MEA inginkan.

Artikel Terkait  Bisnis Lebih Laris? Gini 5 Cara Promosi Produk di WA. Gacor!

Kapan lagi kerja bisa sambil main HP dan nongkrong cantik di cafe atau sambil bersantai menikmati indahnya pantai di Bali? Hehehe. Pantas saja Gen-Z menggandrungi pekerjaan ini. 

Terlepas dari itu, sebelum kita masuk pada pembahasan, menurut Sobat MEA berapa kisaran gaji social media specialist ini jika dilihat dari pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan?

Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Social Media Specialist

Mau akun sosial media toko kamu diurus social media specialist?

Yuk bekerja sama dengan MEA Digital Marketing melalui jasa manajemen sosial media

Menjadi social media specialist terlihat mudah. Namun, Sobat MEA wajib memiliki berbagai soft skill dan hardskill yang mumpuni untuk bekerja sebagai social media specialist. Berikut beberapa skill yang harus Sobat MEA siapkan: 

  • Kecakapan dalam berkomunikasi. 
  • Dapat menyesuaikan gaya bahasa suatu brand. 
  • Memiliki kemampuan menganalisa data. 
  •  Mempunyai taste atau selera desain yang baik.
  •  Mampu berbahasa inggris.
  • Menguasai berbagai macam platform sosial media.
  •  Dapat menggunakan tools  desain dan video seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Canva, Adobe Premiere, dan Capcut. 

Jenjang Karier

Bagi sebagian orang, jenjang karier menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih suatu karier atau pekerjaan. Social media officer memiliki jenjang karier yang menjanjikan. Namun, agak sedikit berbeda dengan pekerjaan lain. Pekerjaan ini dapat meningkat secara vertikaatau bergeser horizontal.

Meningkat secara vertikal berarti, Sobat MEA akan tetap berkutat dengan media sosial. Berbeda dengan bergeser secara horizontalartinya, Sobat MEA bertanggung jawab dalam melakukan kegiatan strategi pemasaran dan juga promosi pada suatu produk atau jasa. 

Kisaran Gaji Social Media Specialist

gaji social media specialist

Tugas yang dilakukan oleh seorang social media officer, tentunya menyenangkan sekaligus menantang bagi sebagian orang. Terutama orang yang senang melakukan riset pada perilaku konsumen dan senang akan platform media sosial. 

Dengan tanggung jawab yang mereka emban, Social Media Specialist menerima gaji berkisar 6 hingga 11 juta rupiah.

Tentu, kisaran gaji ini bisa berbeda disetiap daerah dimana perusahaan tersebut berada.  Dikutip dari web job portal Indeed, berikut rata-rata gaji social media specialist dari staff dan entry level dari 5 Kota besar di Indonesia.

  • Jakarta = Rp5,1 juta/bulan
  • Bandung = Rp3,5 juta/bulan
  • Surabaya = Rp3,7 juta/bulan
  • Semarang = Rp3,1 juta/bulan
  • Yogyakarta = Rp2,5 juta/bulan

Sementara itu, perusahaan-perusahaan besar di Jakarta memiliki standar tersendiri untuk posisi ini. Untuk perusahaan besar di Jakarta, gaji social media specialist berkisar 6 hingga 11 Juta rupiah. Perlu ditekankan,  pengalaman Sobat MEA bekerja dan jabatan yang Sobat MEA emban saat kamu bekerja menentukan besaran gaji yang akan Sobat MEA dapatkan.

Saat ini, posisi Social Media Strategist sudah mulai dibuka diberbagai lini perusahaan, seperti perusahaan teknologi, retail, industri, FnB, hospitality, hingga agensi yang membantu bisnis lainnya dalam mengembangkan sosial media mereka. Sehingga peluang untuk mendapatkan pekerjaan sebagai Social Media Specialist juga meningkat. 

Kesimpulan

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui, pekerjaan social media specialist juga bisa menuntun Sobat MEA ke posisi pekerjaan lain yang tentunya menantang dan cocok untuk orang-orang kreatif dan senang akan dunia digital marketing.

Nah itulah penjelasan, tugas, peran dan juga gaji social media specialist. Gimana menurut Sobat MEA? Apakah Sobat MEA tertarik untuk berkarier sebagai seorang social media specialist?

You may also like

Leave a Comment