Jangan Abaikan! Ini Pentingnya SKU dan Contoh SKU di Shopee yang Harus Kamu Tahu!

contoh sku shopee

Jika Sobat MEA ingin berjualan online, tentunya kurang lebih telah memahami cara jualan online terutama di marketplace. Tapi tahu belum?Perlu memiliki SKU. Dan kali ini, MiMe akan bagikan beberapa contoh SKU Shopee yang baik untuk bisnismu.

Mengapa SKU begitu penting di Shopee? Karena SKU Shopee sangat berhubungan erat dengan produk di etalase toko. Semakin banyak produk yang Sobat MEA jual, semakin banyak juga SKU yang diperlukan. 

Jasa Iklan Shopee Profesional

Mau toko lebih profesional dan hasil lebih maksimal? Yuk, bantu maksimalkan dengan iklan bersama tim profesional MEA! Lebih cuan di Shopee kini semakin mudah~

Tapi pembuatan SKU tidak bisa sembarangan. Sobat MEA perlu teknik yang tepat agar kedepannya tidak mengganggu dan menghambat kelancaran bisnismu di Shopee. Terutama untuk produk yang memiliki banyak varian, tipe, ukuran, dan warna. 

Dengan memahami SKU Shopee serta contoh SKU pada Shopee sebagai acuan pembuatan SKU pada setiap produk jualan, maka bisnis berpotensi aman dalam jangka panjang. Jadi, yuk ketahui dulu pengertian dari SKU Shopee sendiri.

Apa Itu SKU Shopee?

Perlu diketahui bahwasannya SKU Shopee juga penting Sobat MEA terapkan agar perencanaan dapat berjalan sebagaimana mestinya. 

Adapun SKU sendiri merupakan singkatan dari Stock Keeping Unit, atau istilah untuk menggambarkan jenis produk yang memiliki banyak varian, tipe, ukuran atau warna.

Kemudian jenis produk tersebut terpisah dari ratusan atau produk lainnya di Shopee sehingga memudahkan seller menjualkan produk kepada konsumen terkait nventaris jualan.  

Singkatnya, SKU adalah kode otentik milik seller untuk memudahkan seller membedakan varian, tipe, ukuran, dan warna pada produknya. Kode tersebut juga akan memudahkan seller mengendalikan jumlah stok barang berdasarkan kategori. 

Kelola Produk Makin Betul dengan Shopeasytools!

Sekarang urus produk di Shopee gak perlu ribet lagi. Dengan Shopeasytools, etalase auto cool, cuan auto mantul!

Salah satu contohnya pada aneka produk berkategori baju. Biasanya terdapat berbagai macam seperti kemeja, kaos, hoodie, dll. Kode yang seller buat harus sesuai dengan banyaknya baju yang seller jual dengan jenis target. Misal, PR-Hoodie untuk hoodie khusus perempuan, dan LK-Hoodie untuk hoodie khusus laki-laki.

Tapi SKU ini tidak hanya berlaku pada kategori baju ya. Setiap jenis produk yang Sobat MEA jual juga penting untuk ditambahkan SKU. Dalam hal ini, MiMe tidak menjelaskan sebatas pengertian, tapi juga ada beberapa contoh yang perlu Sobat MEA ketahui. Simak!

Contoh SKU Produk Pada Shopee

Ya, betul sekali. Beda produk yang Sobat MEA jual, akan berbeda juga kode SKU nya. Dan Sobat MEA perlu mengetahuinya. Barangkali banyak produk yang bermacam-macam jenisnya.

Pasalnya penerapan dan penggunaan SKU pada produk akan memudahkamu untuk mengelola toko dalam jangka panjang. Selain itu, juga agar terhindar dari permasalahan baru terkait pengendalian banyak stok barang yang berbeda jenis variannya.

tapi perlu Sobat MEA ingat, SKU harus sesuai dengan produk yang dijual. Susunan produk SKU juga bisa Sobat MEA atur sesuai keinginan. Agar mudah mencari produk saat dibutuhkan. Jika memungkinkan, guanakan angka saja dalam SKU tersebut. 

berikut contoh-contohnya untuk beberapa produk yang berbeda yang bisa Sobat MEA gunakan, antara lain:

Produk Sarung Tangan

  1. AVL-SRTSPD-HTM
  2. JCK-SRTSPD-HTM

Adapun arti dari kode tersebut antara lain:

  • AVL = Kode Merk
  • JCK = Kode Merk
  • SRTSPD = Kode Sarung Tangan Sepeda
  • HTM = Kode warna produk hitam

Udah Lama Jualan Tapi Gak Cuan?

Mungkin kamu perlu ilmu khusus yang lebih daging! Eits, MEA punya segudang ilmunya beserta strategi sukses cuan di Shopee. Yuk, join dan dapatkan sekarang!

Produk Pakaian

Sebagai contoh produk pakaiannya adalah pakaian kaos oblong dengan merk Polo berlengan panjang dan lengan pendek dengan model 47, ukuran M dan L ,dan terdiri dari 2 warna hitam dan putih.

Maka kode SKU yang bisa Sobat MEA buat adalah 8 kode SKU yang berbeda, antara lain:

  1. PL-PDK47-M-PH = Polo, lengan pendek, model 47, ukuran M, warna putih.
  2. PL-PDK47-L-PH = Polo, lengan pendek, model 47, ukuran L, warna putih.
  3. PL-PJG47-M-PH = Polo, lengan panjang, model 47, ukuran M, warna putih.
  4. PL-PJG47-L-PH = Polo, lengan panjang, model 47, ukuran L, warna putih.
  5. PL-PDK47-M-HM = Polo, lengan pendek, model 47, ukuran M, warna hitam.
  6. PL-PDK47-L-HM = Polo, lengan pendek, model 47, ukuran L, warna hitam.
  7. PL-PJG47-M-HM Polo, lengan panjang, model 47, ukuran M, warna hitam.
  8. PL-PJG47-L-HM = Polo, lengan panjang, model 47, ukuran L, warna hitam.

Nah, itu dia penjelasan mengenai SKU yang ada di Shopee beserta contoh-contoh SKU yang bisa Sobat MEA terapkan. Meski terlihat sepele, kelihatannya hanya sekadar kode, tapi nyatanya berdampak besar pada pengelolaan produk dan toko, loh. Yuk, mulai terapkan!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.