Pantesan, Ternyata Ini Ciri Ciri Akun Instagram di Banned. Yuk Simak!

ciri ciri akun instagram di banned

Instagram sebagai salah satu platform media sosial terpopuler telah menjadi tempat bagi jutaan orang untuk berbagi momen, berinteraksi, dan membangun jejaring sosial. Tapi Instagram juga memiliki aturan ketat. Akun-akun yang melanggar ketentuan tersebut berisiko terkena penangguhan atau penghapusan. Lantas bagaimana untuk mengetahui ciri ciri akun Instagram di banned?

Mau Tahu Cara jualan di Instagram yang Baik dan Benar?

Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Mengutip dari buku Urgensi Komunikasi Dalam Ilmu Sosial: Bunga Rampai, Feby Anggela (2023), Instagram adalah media sosial yang biasa digunakan untuk membagikan foto atau video. Tapi hal ini tidak lepas dari penangguhan akun atau banned. Emang apa saja sih ciri ciri akun Instagram di banned dan penyebabnya? Simak!

Ciri Ciri Akun Instagram di Banned

Bagi yang belum tahu, akun Instagram yang di banned itu tandanya bahwa akun instagram tersebut telah dinonaktifkan oleh pihak Instagram karena melanggar ketentuan. Ada yang dinonaktifkan sementara, ada juga yang dinonaktifkan secara permanen (selamanya). Untuk mengamati beberapa ciri akun IG di banned, berikut 5 uraian lengkapnya:

1. Pelanggaran Hak Cipta

Salah satu alasan paling umum dari ciri akun IG di banned adalah pelanggaran hak cipta. Ketika pengguna Instagram mengunggah konten yang melanggar hak cipta orang lain, Instagram akan mengambil tindakan tegas terhadap akun tersebut. 

Ciri ciri akun instagram yang terkena banned karena pelanggaran hak cipta antara lain seringnya mengunggah konten yang bukan miliknya, menggunakan musik atau video tanpa izin, atau menyalahgunakan materi milik orang lain tanpa kredit.

Jasa Kelola Sosmed Terpercaya

Yuk maksimalkan bisnismu di Instagram bersama partner terpercaya dan strategi jitunya. Konsultasikan bersama tim MEA sekarang!

2. Spam dan Perilaku Menyimpang

Akun-akun yang terlibat dalam tindakan spam atau perilaku menyimpang juga berisiko menjadi salah satu ciri akun IG di banned. 

Tindakan spam termasuk mengirimkan pesan berlebihan kepada pengguna lain, menggunakan bot untuk meningkatkan jumlah pengikut, atau memposting konten yang berisi tautan berbahaya atau nggak pantas. Selain itu, perilaku menyimpang seperti pelecehan, ancaman, atau hinaan terhadap pengguna lain juga dapat menyebabkan akun di banned.

3. Konten Nggak Pantas

Beberapa pengguna Instagram memiliki kebijakan ketat terkait konten yang nggak pantas, termasuk konten yang mengandung kekerasan, pornografi, atau kebencian. Akun-akun yang secara teratur mengunggah konten semacam ini berisiko terkena tindakan dari Instagram. 

Menurut laman Bantuan Instagram, ciri akun IG di banned karena konten nggak pantas meliputi memposting gambar atau video eksplisit, komentar kasar atau menghasut, atau membagikan materi yang mempromosikan kekerasan atau diskriminasi, meningkatkan popularitas dengan membeli follower atau like secara massal. 

4. Penyalahgunaan Hashtag

Hashtag merupakan alat yang efektif untuk meningkatkan jangkauan unggahan di Instagram, tapi penggunaan hashtag nggak benar dapat menyebabkan akun di banned. 

Penggunaan hashtag yang nggak benar adalah penyalahgunaan hashtag populer yang nggak relevan dengan konten, atau menggunakan hashtag dengan maksud untuk memperoleh lebih banyak pengikut dengan cara curang.

5. Penurunan Interaksi

Jika Sobat MEA jarang menggunakan akun Instagram untuk berinteraksi dengan followers, Ini dapat menyebabkan akunmu termasuk salah satu dari ciri akun IG di banned dan non aktif.

Karena jika ada penurunan tiba-tiba dalam jumlah interaksi, seperti like, komentar, dan engagement secara keseluruhan, pihak Instagram dapat mengidentifikasi aktivitas yang mencurigakan pada akun Instagram milikmu dan meresponnya dengan mengurangi visibilitas akun.

Itulah ciri ciri akun Instagram di banned yang meliputi beberapa penyebab akun IG di banned. Dengan memahami ciri-ciri ini, maka Sobat MEA dapat memahami cara mengatasi masalah ini sekaligus untuk memastikan akun Instagram tetap aman dan tetap dapat mengakses akun dalam waktu yang lama. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.