Jualan Gak Laku? Lakukan 8 Cara Meningkatkan Selling Skill Untuk Bisnismu!

by Viki
cara meningkatkan selling skill

Telah menjadi rahasia umum bahwa pebisnis profesional harus memiliki kemampuan berjualan. Dalam hal ini, meningkatkan skill sales merupakan kewajiban yang harus dilakukan agar sukses dalam kariernya. Tapi bagaimana cara meningkatkan selling skill?

Ini tentunya mengingat bidang bisnis yang terus berkembang dan persaingan yang semakin ketat. Maka peting bagi pebisnis untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki agar selalu mampu mengikuti kebutuhan pasar. 

Saatnya Tingkatkan Selling Skill Bareng Mentor dan Komunitas yang Tepat

Yuk, dapatkan berbagai tips dan triknya dalam komunitas belajar jualan online MEA sekarang juga!

Dalam studi kasus yang dilakukan oleh Rain Group ditemukan bahwa perusahaan yang selalu memberikan pelatihan kepada tim penjualan dapat berdampak positif pada produktivitasnya. 

Selain itu, pelatihan yang rutin diberikan pada tim terbukti dapat menghasilkan peningkatan penjualan sebesar 15,2% dan margin keuntungan perusahaan sebanyak 12,2%.

Dalam hal ini, jika Sobat MEA ingin meningkatkan penjualan dengan mudah, penting untuk melakukan 8 cara meningkatkan selling skill ini. Berikut langkah-langkah yang diperlukan:

1. Ikuti Pelatihan Sales

Saat ini sudah banyak perusahaan atau lembaga yang menyediakan pelatihan bisnis mulai dari kelas online hingga workshop. 

Nah, Sobat MEA dapat mengikuti pelatihan yang membahas seputar selling skill seperti metode jualan, cara presentasi yang efektif, cara melakukan pitching yang sukses, tips negosiasi, dll. 

2. Cari Mentor

Menurut HubSpot, salah satu cara efektif untuk meningkatkan selling skill yaitu belajar bersama mentor bisnis yang expert dan tepat untukmu. 

3. Dengarkan Masukan Orang Lain

Setelah menemukan mentor terbaik untuk bisnismu, jangan pernah abaikan nasihat yang mereka berikan. 

Perhatikan juga kritik atau masukan dari orang-orang yang pernah bekerja sama denganmu. Dengan begitu, Sobat MEA dapat mengetahui apa kelebihan dan kekuranganmu dalam berbisnis. 

Tentu saja ini akan memudahkanmu dalam memperbaiki diri dan bisa bekerja dan membangun bisnis yang lebih baik lagi. 

4. Jangan Takut Bertanya

Bersama mentormu atau rekan bisnis lainnya, jangan pernah takut untuk bertanya apapun yang belum Sobat MEA ketahui. Termasuk ketika Sobat MEA tengah mengalami kendala dalam bisnis. 

Dalam dunia bisnis, kita tidak lepas dari masalah yang tidak bisa kita hadapi sendiri. Oleh karena itu, Sobat MEA perlu bertanya kepada mentor, rekan bisnis, atau bahkan orang-orang terdekatmu.

Dengan bertanya, Sobat MEA dapat menemukan solusi atas kendala penjualan yang mungkin kurang masif atau hal-hal lainnya.

Kwalahan dengan Selling Skill Untuk Bisnismu?

Saatnya konsultasikan setiap kendala bisnismu untuk dapat mencapai tujuan bisnis lebih mudah bersama jasa konsultan digital MEA, full daging!

5. Latihan Berbicara di Depan Umum

Seorang pebisnis juga harus pandai berbicara di depan umum. Sebagaimana setiap pebisnis pasti perlu melakukan presentasi maupun negosiasi kepada klien atau pelanggan bisnis. 

Oleh karena itu, Sobat MEA harus bisa menjadi komunikator yang percaya diri untuk meyakinkan mereka akan penawaranmu. 

Maka jika Sobat MEA belum percaya diri, penting untuk terus membangun kepercayaan diri dengan berlatih berbicara di depan umum. Cara ini akan berguna saat melakukan presentasi. 

6. Update Perkembangan Dunia Bisnis

7. Kuasai Tools yang Relevan dengan Bisnis

Seiring perkembangan digital, saat ini sudah banyak tools bisnis yang memudahkanmu dalam berjualan. 

Bukan hanya skill komunikasi dan negosiasi, penggunaan tools juga sangat penting dalam bisnis terutama bisnis digital.

Maka tidak ada salahnya untuk mulai mempelajari sales tools mulai dari CRM, sales analytics, hingga customer service software yang dapat meningkatkan selling skill. 

8. Jalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Melansir Harvard Business Review, salah satu hal terpenting bagi pebisnis yaitu menjalin hubungan baik dengan klien atau pelanggan dan bertanya mengenai kepuasan mereka.

Maka setelah memperoleh closing, jangan berhenti sampai di situ. Cobalah untuk bertanya apakah produk atau jasa yang dibeli telah memenuhi kebutuhan atau kepuasan mereka atau belum. Mintalah feedback atau masukan karena ini dapat membantumu memperbaiki strategi penjualan yang lebih efektif.

Selain itu, Sobat MEA juga dapat menyimpan kontak mereka untuk memberikan penawaran menarik lainnya di kemudian hari. Hal ini juga dinilai efektif untuk meningkatkan selling skill. 

Kira-kira begitulah panduan mengenai 8 cara meningkatkan selling skill yang bisa dilakukan. Semoga cara-cara ini dapat membantumu untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis yang lebih baik lagi. Yang penting, jangan pernah berhenti belajar dan berusaha untuk mencapai tujuan. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment