4 Cara Menghitung Harga Jual Produk Biar Gak Rugi. Penting!

cara menghitung harga jual produk

Dalam berbisnis, tentunya Sobat MEA ingin mendapatkan penghasilan yang diharapkan. Tapi dalam penjualan produk atau jasa, Sobat MEA tidak bisa menerapkan harga sesuka hati. Karena itu, Sobat MEA perlu mengetahui bagaimana cara menghitung harga jual produk agar bisa menentukan keuntungan yang diinginkan. 

Selain harga pokok penjualan (HPP), cara menghitung harga jual juga penting untuk dilakukan. Jika tidak, alih-alih untung, penghasilan justru bisa boncos dan tidak mendapatkan keuntungan. 

Bahkan Sobat MEA bisa mengalami kekurangan karena tidak diatur terlebih dahulu. Memang apa sih harga jual itu? Bagaimana cara menghitung harga jual produk? Untuk informasi lengkapnya, simak artikel ini sampai habis yuk!

Table of Contents

Apa itu Harga Jual?

Ingin Pandai Raup Cuan dalam Bisnis?
Kupas tuntas rahasia dan strategi suksesnya bareng seller berpengalaman di komunitas belajar jualan online MEA!

Mengapa perlu memahami cara menghitung harga jual produk? Ketika Sobat MEA mengatur harga jual dari awal, Sobat MEA akan tahu produk yang akan dijual dan berapa harga yang ditawarkan. Dari sanalah Sobat MEA dapat menaikkan harganya dengan tepat. Kemudian selisih harga dari nominal yang dinaikkan dengan harga jual yang ditetapkan dapat menjadi keuntungan bisnis

Singkatnya, harga jual adalah harga yang ditetapkan oleh penjual untuk dibayar oleh pembeli terhadap barang atau jasa yang ditawarkan. Harga jual merupakan salah satu aspek penting yang patut dipahami oleh pebisnis. 

Pasalnya, selain memudahkan pembeli untuk mengetahui berapa harga yang harus dibayar, juga membantu penjual menentukan keuntungan dari produk yang terjual. 

Harga jual biasanya ditetapkan dari berapa biaya yang dikeluarkan dari penyediaan produk serta margin keuntungan yang diinginkan. Mengutip laman TitipBeliin, rumus lengkap untuk perhitungan harga jual produk pada bisnis yang tepat adalah sebagai berikut:

Harga Jual = Modal atau Biaya Produksi + Margin Keuntungan yang Diinginkan.

Perlu diingat, hasil perhitungan harga jual tidak selalu tetap. Penjual bisa menaikkan atau menurunkan harga jual tergantung kebutuhan pasar. Yang penting, pastikan harga jual yang ditetapkan dapat memberikan keuntungan atau setidaknya dapat menutupi biaya produksi (modal) yang dikeluarkan.  

4 Cara Menghitung Harga Jual Produk Dalam Bisnis

Jika Sobat MEA menjalankan suatu bisnis, pastikan Sobat MEA bisa melakukan perhitungan terhadap harga jual dengan baik dan benar. Agar keuntungan juga bisa ditetapkan sesuai tujuan bisnis. Berikut langkah-langkah cara menghitung harga jual produk:

1. Cari Tahu Berapa Modal untuk Membeli Produk

Pertama, ketahui berapa modal yang dikeluarkan untuk 1 pcs produk. Caranya cukup mudah, Sobat MEA bisa membagi modal yang keluar untuk produk yang akan dijual dengan jumlah produknya. Misalnya, Sobat MEA membeli kaos dari supplier sebanyak 100 pcs dengan modal Rp 7,5 juta. Berarti harga untuk satu buah kaosnya yaitu 7.500.000/100 = Rp 75 ribu.

2. Tentukan Potensi Margin Keuntungan Produk

Jika sudah mengetahui modal yang dikeluarkan, lanjut ke perhitungan potensi margin keuntungan produknya. Hal ini bisa ditentukan berdasarkan berapa biaya untuk memproduksi produk yang dijual. Sobat MEA bisa kalikan modal satu produk dengan 0,35.

Misalnya, Sobat MEA mendapatkan modal produk yaitu Rp 75 ribu/pcs. Artinya untuk margin keuntungannya sebesar 75.000 x 0,35= Rp 26.250.

3. Hitung Rumus Harga Jual

program jadi jawara

Selanjutnya, tentu saja menghitung harga jual dengan rumus yang sudah dijelaskan di atas. Pastikan Sobat MEA sudah menemukan modal untuk satu buah produk dan margin keuntungan yang benar-benar akurat. 

Dari kedua langkah di atas, Sobat MEA dapat menyimpulkan bahwa modal 1 pcs untuk produk kaos adalah Rp 75 ribu dengan margin Rp 26.250. Artinya perhitungan rumus beserta hasilnya yaitu 75.000 + 26.250 = Rp 101.250.

4. Gunakan Hasil Perhitungan Harga Jual

Setelah mendapatkan harga jual produk, Sobat MEA dapat langsung menggunakannya pada produk atau jasa di perusahaanmu. 

Tapi sebelumnya, pastikan Sobat MEA melakukan survey ke lapangan terlebih dahulu untuk mengetahui berapa pasaran dari produk yang akan dijual tersebut. Dari situlah Sobat MEA bisa mengetahui apakah akan menggunakan harga jual hasil perhitungan atau menyesuaikan harga pasaran.

Jika ingin menetapkan harga jual yang sudah dihitung, pastikan Sobat MEA menonjolkan keunggulan-keunggulan produk yang dimiliki serta apa yang menjadi pembeda antara produkmu dengan produk kompetitor. Pastikan Sobat MEA memiliki hal-hal unggul dalam produk yang tidak dimiliki oleh kompetitor. 

Demikian penjelasan mengenai cara menghitung harga jual yang penting untuk Sobat MEA lakukan dalam bisnis. Perhitungan ini berlaku untuk produk apapun bahkan bahkan biaya berlangganan suatu produk ataupun produk digital. 

Melalui cara inilah Sobat MEA berpeluang mendapatkan keuntungan yang diharapkan. Tapi ingat, pastikan Sobat MEA sudah melakukan perhitungan benar dengan teliti. 

Salah hitung sedikit saja, Sobat MEA justru tidak akan mendapatkan keuntungan bahkan tidak menutupi modal yang sudah dikeluarkan. Tentu tidak ingin rugi, bukan? Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat dan salam satu juta pembeli!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.