4 Cara Menghapus History Pencarian di YouTube Melalui HP dan PC

by Fanny
Cara menghapus history pencarian di YouTube

Cara menghapus history pencarian di YouTube menjadi salah satu hal yang banyak dicari. Tujuan dari penghapusan history ini adalah untuk merapikan jejak pencarian. Selain itu, Sobat MEA juga bisa menghilangkan riwayat yang pernah dicari agar tidak muncul lagi secara otomatis.

Sebenarnya, riwayat pencarian YouTube ini bisa berguna jika suatu saat Sobat MEA ingin melihat kembali suatu konten namun lupa dengan kata kunci yang perlu digunakan untuk mencari konten yang diinginkan tersebut. Namun cara menghapus history pencarian di YouTube tetap bisa Sobat MEA lakukan tanpa takut menimbulkan masalah.

Dalam artikel ini, kami akan membagikan cara menghapus history pencarian di YouTube yang bisa Sobat MEA lakukan pada ponsel dan komputer. Yuk simak!

Apa Itu History Pencarian YouTube?

Mau belajar bisnis online langsung dari ahlinya?

Gabung ke komunitas bisnis online MEA aja! GRATIS!

Sebelum membahas cara menghapus history pencarian di YouTube, Sobat MEA perlu tahu dulu mengapa ada history pencarian di YouTube. Sama seperti history pencarian Google, apapun yang Sobat MEA cari pada platform video ini akan tersimpan riwayatnya. Proses ini tidak membahayakan atau merugikan karena penyimpanan riwayat ini berfungsi untuk memudahkan Sobat MEA untuk menemukan pencarian sebelumnya.

Selain itu, riwayat pencarian di YouTube bisa membantu algoritma YouTube untuk merekomendasikan jenis konten yang sering Sobat MEA cari dan lihat. Jadi Sobat MEA akan mendapatkan tontonan yang sesuai dengan selera, deh.

Oleh karena itu, kami akan membagikan 2 cara menghapus history pencarian di YouTube yang bisa Sobat MEA lakukan di HP dan PC.

2 Cara Menghapus History Pencarian di YouTube

Mau nambah jumlah followers secara organik?

Pakai Jasa Kelola Instagram aja dan biarkan tim profesional kami yang mengatur konten kamu!

Selain untuk membersihkan riwayat pencarian, cara menghapus history pencarian di YouTube juga berfungsi untuk melindungi privasi Sobat MEA. Seperti jika misalnya ponsel atau akun YouTube Sobat MEA sedang dipinjam oleh orang lain, kemudian mereka kepo dengan konten apa saja yang sering Sobat MEA cari, maka mereka tidak bisa melihatnya karena riwayat pencariannya sudah Sobat MEA hapus. 

Tentunya kemungkinan hal ini untuk terjadi bisa terbilang kecil, tapi bukan berarti hal ini tidak akan terjadi sama sekali, bukan? Jadi Sobat MEA lebih baik untuk mencegahnya terjadi.

Kemudian, menghapus riwayat pencarian di YouTube bisa meningkatkan saran konten YouTube kepada Sobat MEA. Hal ini terjadi karena riwayat pencarian sebelumnya sudah terhapus dan akan digantikan dengan riwayat pencarian baru. Jadi Sobat MEA akan kesulitan untuk menemukan kembali konten yang biasanya dilihat. Jadi Sebaiknya Sobat MEA pertimbangkan lagi untuk melakukan cara menghapus history pencarian di YouTube, ya.

Tapi tenang aja, Sobat MEA bisa menghapus satu atau beberapa riwayat pencarian saja, kok. Jadi riwayat pencarian lainnya akan tetap tersimpan dengan aman dan Sobat MEA akan mendapatkan saran konten yang diinginkan.

1. Menghapus Riwayat Pencarian Per Video

Menghapus Riwayat Per Video di HP

Sobat MEA bisa menghapus riwayat pencarian per video dengan cara berikut ini:

  • Buka aplikasi YouTube di ponsel Sobat MEA.
  • Pilih menu Library yang terletak di sebelah kanan bawah.
  • Lalu pada bagian History, klik View all untuk melihat semua video yang pernah Sobat MEA lihat.
  • Pilih video yang ingin dihapus dari riwayat pencarian dengan mengklik titik tiga yang berada di sebelah kanan pada setiap video.
  • Klik Remove From Watch History.
  • Video sudah berhasil dihapus dari riwayat pencarian.

Menghapus Riwayat Per Video di Laptop/PC

Cara menghapus riwayat pencarian di YouTube per video melalui komputer tidak jauh berbeda dengan caranya melalui ponsel. Tahapannya hanya lebih cepat dan singkat. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka YouTube pada browser komputer.
  • Pilih menu History di halaman utama.
  • Semua konten yang pernah Sobat MEA akan muncul.
  • Lanjutkan dengan pilih video yang ingin dihapus dari riwayat pencarian, kemudian akan muncul ikon X besar.
  • Klik ikon tersebut dan konten akan terhapus secara otomatis dari riwayat pencarian.

2. Menghapus Riwayat Pencarian Semua Video

Mau belajar ngiklan biar makin cuan?

Gabung ke Kelas FB & IG Ads yang dipandu Coach berpengalaman sekarang juga!

Sobat MEA juga bisa menghapus semua riwayat pencarian di YouTube hanya dengan satu kali klik, loh. Berikut cara yang bisa dilakukan pada HP dan PC.

Menghapus Riwayat Pencarian Semua Video di HP

Menghapus Riwayat Pencarian Semua Video di Laptop/PC

Menghapus riwayat pencarian untuk semua video pada komputer juga caranya serupa dengan menghapus riwayat per video. Bedanya, ketika masuk ke menu History, Sobat MEA akan langsung melihat opsi Clear All Watch History di sebelah kanan. Klik dan semua riwayat video akan terhapus secara permanen.

Itu dia cara menghapus history pencarian di YouTube yang bisa Sobat MEA aplikasikan pada ponsel maupun komputer. Yuk coba sekarang agar privasi YouTube Sobat MEA semakin terjaga!

You may also like

Leave a Comment