4 Cara Mengatur Tanggal Tidak Akurat Di WhatsApp. Mudah Loh!

by Nabila Rubianty
cara mengatur tanggal tidak akurat di Whatsapp

Aplikasi sosial media yaitu WhatsApp memiliki pengguna yang cukup banyak. Namun kerap kali para pengguna mengeluhkan error pada aplikasi WhatsApp. Salah satu keluhan yang sering terjadi yaitu tanggal yang tidak akurat pada aplikasi tersebut. Lalu bagaimana cara mengatur tanggal tidak akurat di WhatsApp?

Tanggal yang akurat menjadi salah satu persyaratan yang dibutuhkan ketika menyalakan handphone baru atau aplikasi media sosial lain yang membutuhkan tanggal dan waktu yang sesuai dengan wilayah tempat kita tinggal. 

Namun berbagai keluhan peringatan tanggal yang tidak akurat pada saat login sering kali terjadi terutama pada aplikasi WhatsApp. Hal ini menyebabkan aplikasi tidak bisa diakses sebelum peringatan tersebut hilang. 

Tapi sebelum mengetahui cara mengatur tanggal tidak akurat di WhatsApp, yuk cari tahu mengenai aplikasi WhatsApp!

Table of Contents

Apa itu WhatsApp?

Tingkatkan Skill Bisnis dengan WhatsApp di Komunitas Bisnis MEA!
Mempelajari bisnis serta jualan online untuk meningkatkan skill bisnis kamu di Komunitas bisnis MEA. GRATIS!

Menurut laman NesabamediaWhatsApp merupakan sebuah aplikasi perpesanan (messenger) instan dan lintas platform pada smartphone yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima pesan seperti SMS tanpa menggunakan pulsa melainkan koneksi internet.

Sama seperti aplikasi media sosial lainnya, WhatsApp digunakan sebagai aplikasi untuk berkomunikasi yang menggunakan internet. Untuk mengaksesnya, pastikan internet dan jaringan yang kamu gunakan memadai sehingga aplikasi tersebut bisa kamu akses. Aplikasi ini bisa kamu install melalui PlayStore maupun IOS. 

3 Fitur WhatsApp

Aplikasi WhatsApp Marketing

1. Pesan Suara

WhatsApp menciptakan fitur pesan suara dimana kita dapat mengirim pesan bukan menggunakan teks melainkan menggunakan rekaman suara kita sendiri.

2. Status

Fitur kedua yaitu status. Sama seperti aplikasi lainnya, kamu bisa mengunggah status seperti foto ataupun video dengan memanfaatkan fitur Story WhatsApp. Namun pada fitur ini, ada satu hal yang berbeda dari aplikasi lainnya yaitu status Suara, di mana pengguna dapat mengunggah pesan suara pada status mereka. 

3. Edit Chat

Apakah kamu pernah membuat kesalahan saat mengirim pesan teks? Kesalahan saat mengirim pesan teks biasa disebut dengan istilah typo. Maka dari itu, WhatsApp menghadirkan fitur terbarunya yang bernama Edit Chat. Fitur ini memudahkanmu untuk memperbaiki kesalahan saat mengirim pesan teks. Sangat memudahkan bukan? 

Setelah mengetahui pengertian WhatsApp dan berbagai fitur menarik yang bisa dimanfaatkan, artikel ini akan memberikan panduan cara mengatur tanggal tidak akurat di WhatsApp. Simak penjelasannya!

4 Cara Mengatur Tanggal Tidak Akurat Di WhatsApp

Bangun Interaksi dengan audiens lebih mudah dengan Sebari!
Tools canggih yang bisa kirim pesan banyak sekaligus, sehingga bisnis lebih terurus dan audiens loyal terus~

Kendati tanggal yang tidak akurat sering terjadi pada aplikasi WhatsApp, jangan khawatir, kamu hanya perlu mengikuti cara mengatur tanggal tidak akurat di WhatsApp agar aplikasi bisa kembali diakses. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

1. Update Whatsapp

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan yaitu update aplikasi WhatsApp terlebih dahulu. Buka aplikasi PlayStore atau IOS, kemudian ketikkan WhatsApp. Setelah itu, klik Update yang terletak di bagian kanan layar.

2. Atur Ulang Tanggal

3. Clear Data

Cobalah untuk melakukan opsi Clear Data WhatsApp. Cara ini terbilang ampuh untuk mengatasi error yang terjadi di aplikasi WhatsApp. Kamu bisa melakukan clear data dengan cara Buka Setelan yang ada di handphone kamu, cari dan klik Aplikasi, setelah itu pilih WhatsApp dan yang terakhir klik Hapus Data. 

Untuk melakukan cara ini pastikan kamu telah melakukan cadangan riwayat chat dan data penting selain itu pastikan nomor WhatsApp kamu masih aktif. Karena nantinya kamu diharuskan untuk login ulang pada saat masuk ke aplikasi WhatsApp. 

4. Install Ulang

Jika cara yang disebutkan tadi belum berhasil, cobalah untuk menginstal ulang aplikasi WhatsApp. Ini akan mengubah seluruh data WhatsApp menjadi baru dan dengan versi yang terbaru. 

Install ulang aplikasi WhatsApp bisa kamu lakukan dengan cara klik dan tahan aplikasi WhatsApp hingga muncul beberapa opsi. Klik Hapus, nantinya akan muncul pop up, kemudian Klik Hapus lagi pada pop up tersebut.

Setelah aplikasi WhatsApp terhapus, kemudian buka aplikasi Google Play Store atau AppStore, ketikkan WhatsApp dan klik Install. Setelah itu tunggu hingga aplikasi WhatsApp berhasil di unduh. Melakukan install ulang WhatsApp, kamu diharuskan untuk login kembali, pastikan nomor WhatsApp yang kamu pakai masih aktif. 

Penyebab Aplikasi Whatsapp Error

Biasanya ada beberapa penyebab yang memungkinkan terjadi error pada aplikasi WhatsApp. Nah berikut adalah beberapa penyebabnya. Yuk langsung simak aja di bawah ini:

  • Koneksi internet terputus atau tidak memadai.
  • WhatsApp dipenuhi cache dan data.
  • Ruang penyimpanan HP tidak memadai.
  • Server WhatsApp down. 
  • Aplikasi WhatsApp telah kadaluarsa.
  • Pengaturan waktu yang salah.

You may also like

Leave a Comment