Yuk Pahami 8 Cara Mengaktifkan TikTok Shop Preorder. Gak Perlu Modal!

by Viki
cara mengaktifkan tiktok shop preorder

Bukan hanya e-commerce yang bisa menerapkan sistem pre order, TikTok Shop juga mengaktifkan penjualan dengan sistem pre order. Hal ini berguna untuk memudahkan penjual yang ingin menjual barang dari luar negeri atau produk yang butuh proses lama. Lantas, bagaimana cara mengaktifkan TikTok Shop Preorder?

Berbicara soal pre order, sistem ini sudah jauh disediakan oleh beberapa marketplace. Hal ini dikhususkan bagi orang-orang yang ingin berbisnis tapi tidak memiliki barang yang sudah ready. Dengan sistem pre order, mereka memiliki kesempatan yang sama untuk sukses berjualan di marketplace.  

Table of Contents

Mau belajar jualan dengan sistem Jualan di TikTok?
Yuk gabung untuk pelajari semuanya di Komunitas Seller TikTok MEA. GRATIS!

Nggak lama setelah TikTok meluncurkan fitur TikTok Shop, TikTok kemudian menyediakan sistem pre order dan memberikan kesempatan bagi para penjual tersebut berbisnis di TikTok Shop.

Ini merupakan peluang yang bagus bagi Sobat MEA yang suka menjual barang handmade atau menawarkan jasa titip produk luar negeri. Tentunya berpotensi meningkatkan profit bisnis. Apalagi dengan pengguna TikTok yang sudah mencapai 1 milyar, sayang banget jika sampai dilewatkan. 

Tapi mungkin Sobat MEA belum begitu memahami mengenai sistem pre order. Di bawah ini, MiMe akan jelaskan terlebih dahulu mengenai pre order. 

Apa itu Pre Order?

Jaman sekarang, tren jasa titip barang langka atau barang luar negeri semakin menjamur di pasaran. Mereka biasanya menerapkan sistem pre order dalam penjualannya. Memangnya apa sih pre order itu? Pre order adalah sistem pembelian produk yang penjual lakukan sebelum stok riil barang tersedia.

Singkatnya, pre order merupakan aktivitas jual beli di mana pelanggan memesanan dan membayar produk terlebih dahulu, dengan estimasi waktu yang telah disepakati hingga stok produk tersedia. 

Jumlah estimasi waktu dan pembayaran dalam sistem ini fleksibel, bisa sesuai kesepakatan kedua belah pihak antara pembeli dan penjual, serta kondisi market dan jenis produk yang seller jual

cara mengaktifkan tiktok shop preorder

Sistem pre order ini mampu memberikan keuntungan lebih bagi para penjual. Hal ini karena sudah langsung bisa menjual produk meski masih dalam proses produksi dengan estimasi waktu tertentu. Lalu produk akan pelanggan terima ketika sudah barang sudah selesai produksi. 

Selain itu, berjualan dengan sistem pre order ini juga tidak memerlukan banyak modal. Artinya cocok sekali bagi Sobat MEA yang memiliki budget terbatas. Karena biasanya pelanggan harus membayar uang muka terlebih dahulu. 

Nah sistem ini sudah mulai bisa diaktifkan di TikTok nih. Karena TikTok pun ingin menghadirkan sistem jual beli terbaik yang nyaman bagi penjual maupun pembeli. Lantas, bagaimana cara memulai sistem jual beli yang satu ini?

2 Cara Memulai Sistem Pre Order di TikTok Shop

Sebelum membahas lebih lanjut, ada satu hal yang perlu Sobat MEA ketahui. Tidak semua penjual di TikTok Shop bisa mengaktifkan sistem pre order. Ada 2 syarat yang harus Sobat MEA penuhi terlebih dahulu untuk mulai berjualan dengan sistem ini. Apa saja syaratnya?

1. Sudah Mencapai 1000 Penjualan dalam 30 Hari di TikTok Shop

Perlu untuk diketahui, jika akun TikTok Sobat MEA masih baru atau belum melakukan verifikasi TikTok Shop, maka Sobat MEA belum bisa mengaktifkan TikTok Shop Pre Order. 

Lain halnya, jika Sobat MEA sudah lama menggunakan TikTok Shop untuk berjualan dan sudah memiliki 1000 pesanan yang berhasil dalam 30 hari. Maka Sobat MEA akan disetujui oleh pihak TikTok untuk mengikuti sistem penjualan yang satu ini.

2. Bukan Menjual Produk Dropship

Dalam hal ini, pastikan produk yang dijual bukan produk dropship alias produk hasil sendiri atau kerjasama. Karena jenis bisnis dropship itu biasanya menjual produk yang sudah ready.

Adapun produk yang bisa Sobat MEA jual dalam sistem dropship ini contohnya seperti kaos sablon atau kue ulang tahun. Jenis kedua barang ini pasti membutuhkan waktu produksi 1-7 hari tergantung kesulitan. 

Nah, setelah mengetahui kedua syarat tersebut, saatnya mengetahui cara mengaktifkan TikTok Shop preorder agar bisa langsung berjualan produk dengan sistem pre order. Simak sampai habis agar hasil maksimal.

8 Langkah Cara Mengaktifkan TikTok Shop Pre Order

Solusi Jualan Praktis Tanpa Bikin Meringis
Kata siapa jualan di TikTok susah? Pakai aja jasa kelola TikTok MEA dan biarkan tim profesional yang handle akun kamu!

Sebenarnya cara untuk mulai berjualan dengan sistem pre order di TikTok Shop tidaklah sulit. Sobat MEA nggak perlu pilih brand atau tambahkan brand baru seperti mengaktifkan TIkTok Shop biasa. Sobat MEA hanya perlu mengaktifkan fiturnya di akun TikTok Shop-mu dengan langkah-langkah yang akan dijelaskan berikut ini:

  1. Login akun TikTok Shop dengan username dan password TikTok di sini.
  2. Di halaman seller TikTok Shop, pilih menu Produk dan klik Tambah Produk.
  3. Isi informasi dasar seperti nama produk dan kategori, lalu klik Lanjutkan.
  4. Kemudian isi detail produk seperti varian, jumlah barang, deskripsi produk, dll. 
  5. Jangan lupa masukkan foto produk yang sesuai untuk dijual secara pre order.
  6.  Lalu di bagian bawah kolom, centang opsi pre order untuk mengaktifkan sistemnya. 
  7. Terakhir, klik Terbitkan.
  8. Selesai! Produkmu siap untuk dijual secara pre order

Cara Mengaktifkan TikTok Shop Biasa

cara mengaktifkan tiktok shop pre order

Setelah mengetahui bagaimana cara mengaktifkan pre order TikTok, Sobat MEA juga wajib untuk mengetahui bagaimana sih cara aktifkan TikTok Shop biasa. Nah berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Sobat MEA ikuti untuk mulai berjualan di TikTok Shop. Check this out!~

  • Langkah pertama untuk mengaktifkan TikTok Shop adalah kunjungi situs TikTok Shop Seller Center dan mendaftar. Untuk mendaftar, Sobat MEA bisa menggunakan akun pribadi atau membuat akun baru. Klik tombol Sign up With TikTok Account untuk membuat TikTok Shop dari akun pribadi.
  • Langkah berikutnya adalah melewati proses verifikasi. Untuk memastikan keamanan, Sobat MEA perlu memverifikasi nomor telepon dan email untuk memastikan Sobat MEA yang membuat akun tersebut
  • Berikutnya, atur informasi konten toko. Sobat MEA bisa juga baca Syarat & Ketentuan TikTok. Jika memang sudah, Sobat MEA bisa klik tombol Start Selling
  • Langkah berikutnya adalah untuk menambah produk untuk mulai berjualan. Sobat MEA bisa menambah produk dengan menekan tombol Tambahkan Produk. Perlu dicatat, Sobat MEA nggak akan bisa menambahkan produk sebelum proses verifikasi selesai.
  • Berikutnya adalah mulai isi alamat toko. Saat menambahkan produk, Sobat MEA harus mengisi alamat penjemputan, lokasi toko dan nomor kontak telepon agar logistik berjalan lancar. Sobat MEA bisa mengatur alamat pengirim agar sama dengan alamat penjemputan.
  • Berikutnya verifikasi dokumen. Sobat MEA bisa memilih opsi Individual jika untuk pribadi atau Corporate jika bisnis milik perusahaan. Sobat MEA perlu menyiapkan Nomor Izin Usaha atau foto KTP dengan jelas dan ukurannya
  • Terakhir, tautkan rekening bank. Sobat MEA perlu menautkan rekening bank untuk  memastikan pembayaran TikTok Shop berjalan lancar. Verifikasi ini biasanya membutuhkan waktu paling lambat 2×24 jam.

Ya, jadi begitulah cara untuk mengaktifkan TikTok Shop pre order yang lengkap dan mudah. Pastinya, sistem satu ini cocok banget buat Sobat MEA yang suka memproduksi barang handmade dan ingin menjualnya di TikTok. Asyik, bukan? 

Semoga artikel ini membantu Sobat MEA untuk membongkar resep dan tips jualan di TikTok Shop untuk membuat omzet toko semakin besar. Akhir kata, salam satu juta pembeli!

You may also like

Leave a Comment