Begini Cara Mendapatkan Kode Referral. Ternyata Mudah Loh~

cara mendapatkan kode referral

Sobat MEA tentu menyadari bahwa saat ini ada banyak cara untuk mendapatkan keuntungan, baik ketika berbelanja maupun sekadar menggunakan aplikasi. Biasanya Sobat MEA bisa mendapatkan promo diskon atau koin melalui kode referral. Pastikan Sobat MEA telah memilikinya untuk digunakan pada suatu platform. Tapi pertanyaannya, bagaimana cara mendapatkan kode referral?

Hal ini juga berlaku ketika Sobat MEA tergabung dalam program affiliate marketing. Sobat MEA perlu memiliki kode referral unik untuk dibagikan kepada pengguna lain dan mendapatkan uang dari pengguna yang menggunakannya. 

Dalam artikel ini, MiMe akan menjelaskan bagaimana cara mendapatkan kode referral untuk mendapatkan uang tersebut. Tapi sebelumnya, pastikan sudah memahami pengertian dari kode referral itu sendiri. Simak selengkapnya di bawah ini!

Table of Contents

Apa itu Kode Referral?

Mau Lebih Untung dari Kode Referral?
Yuk bongkar berbagai strategi cuan dari pemanfaatan kode referral di komunitas MEA!

Bagi yang belum tahu, kode referral adalah kode unik yang berisi angka atau huruf yang mengidentifikasi setiap pengguna suatu platform. Kode referral dapat digunakan oleh pengguna untuk mendapatkan keuntungan dari pengguna lainnya. 

Melansir laman Finance Detik, Kode referral biasanya digunakan menarik konsumen baru dan pelanggan setia untuk terus bertransaksi di suatu bisnis. 

Dengan kode referral yang Sobat MEA miliki, konsumen yang melakukan pembelian atau transaksi di tokomu akan mendapatkan keuntungan, seperti cashback, diskon, atau benefit lainnya. Begitupun sebaliknya, Sobat MEA berpotensi mendapatkan cuan yang lebih besar. 

Maka tidak heran jika kode referral kerap digunakan oleh affiliate marketer atau pengguna suatu platform untuk mendapatkan keuntungan dari konsumen. Hal ini tentu akan bermanfaat jika Sobat MEA menjalankan program affiliate marketing. Menariknya, kode referral juga berlaku pada beberapa platform yang Sobat MEA gunakan jika ada yang mendaftarkan diri menggunakan kode referral yang Sobat MEA miliki. 

Hanya saja, kode referral untuk setiap platform atau program akan berbeda, dan setiap kodenya ditentukan oleh platform tersebut. 

Cara Kerja Kode Referral

Dapatkan Keuntungan Lebih Banyak dengan Website Profesional
Pastikan kamu maksimalkan dengan website builder terbaik seperti GoWebin! Lengkap dan optimal~

Tapi sebelumnya pastikan Sobat MEA memahami bagaimana cara kerja kode referral terlebih dahulu. Berikut uraiannya:

1. Penetapan Kode

Pertama, pastikan Sobat MEA telah mendapatkan kode referral yang telah ditetapkan oleh platform. Biasanya ini berupa kode statis atau kode yang sama untuk setiap anggota, dan kode dinamis untuk masing-masing anggota yang berbeda.

Setiap pelaku usaha memiliki satu jenis kode, atau dua jenis kode dalam program afiliasi yang tergabung dengan aturan yang berbeda. Oleh karena itu, pastikan Sobat MEA perhatikan baik-baik setiap ketentuan yang berlaku.

2. Pembagian Kode

Setelah mendapatkan referral code, Sobat MEA bisa mengajak orang lain untuk ikut membagikan kode tersebut. Untuk membuat orang lain tertarik untuk membagikan kode milikmu, pastikan Sobat MEA menggunakan strategi yang sama-sama menguntungkan.

3. Pengumpulan Kode

Ketika ada yang mulai menggunakan refferal code yang Sobat MEA bagikan, akan ada proses pengumpulan kode untuk mendata apakah kode tersebut benar-benar digunakan untuk melakukan pembelian atau tidak.

4. Klaim Komisi

Jika referral code milikmu benar-benar digunakan untuk membeli produk (redeem code), Sobat MEA berkesempatan mendapatkan komisi yang sudah diatur sebelumnya. Setiap platform memiliki peraturan yang berbeda. Pastikan Sobat MEA mengetahui tentang besaran komisi yang akan didapatkan.

Jenis-Jenis Kode Referral

Intinya, kode referral dapat membuatmu mendapatkan komisi setelah kode referral tersebut digunakan untuk melakukan pembelian produk maupun transaksi lainnya oleh pelanggan. Tapi ada beberapa jenis komisi yang bisa Sobat MEA dapatkan ketika ada seseorang yang menggunakan referral code milik Sobat MEA:

1. Komisi Click

Komisi click adalah komisi yang Sobat MEA terima ketika seseorang mengeklik kode referral milikmu. Ini merupakan salah satu komisi yang paling mudah didapatkan.

2. Komisi Upgrade

Kemudian ada komisi upgrade yang merupakan komisi yang bisa didapatkan ketika ada pelanggan yang melakukan upgrade suatu program atau platform dengan menggunakan kode referralmu. 

3. Komisi Pembelian

Terakhir, tentu saja ketika ada yang melakukan pembelian menggunakan kode referral milikmu, Sobat MEA berhak mendapatkan komisi pembelian sebesar 1-10% tergantung kesepakatan. Ini merupakan komisi final yang bisa didapatkan. 

Cara Mendapatkan Kode Referral

Perlu diketahui, setiap platform dan program affiliate marketing biasanya memiliki sistem yang berbeda-beda dalam hal kode referral. Pastikan Sobat MEA mempelajarinya terlebih dahulu. Tapi umumnya, berikut langkah-langkah untuk mendapatkan kode referral:

  1. Login akun ke aplikasi yang terkait. 
  2. Pergi ke menu Profil pada platform tersebut.
  3. Kemudian cari pilihan menu Kode Referral.
  4. Setelah itu, Sobat MEA bisa membuat penyesuaian sesuai keinginan. 
  5.  Terakhir, Sobat MEA tinggal bagikan kode referral atau link referral tersebut untuk mendapatkan keuntungan. 

Bagaimana? Cara mendapatkan kode referral sangat mudah, bukan? Ini tentunya tidak hanya menguntungkan perusahaan pemilik program afiliasi ataupun platform, tapi juga menguntungkanmu yang membagikan kode referral yang didapatkan. Dengan demikian, tentu saja ini juga sangat cocok untuk dijadikan ladang cuan tambahan. Tertarik?

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.