5 Cara Mencari Sound Viral di Instagram Agar Reels Semakin Menarik. Nggak Susah~

Cara Mencari Sound Viral di Instagram

Sobat MEA bisa mengunggah berbagai macam konten di Instagram. Mulai dari posting single image, carousel, reels, atau story. Banyaknya pilihan jenis unggahan ini bisa Sobat MEA manfaatkan untuk melakukan promosi produk dengan lebih kreatif dan efektif. Jika memang ingin fokus pada reels, maka Sobat MEA wajib untuk mengetahui cara mencari sound viral di Instagram agar reels semakin menarik dan dapat masuk ke dalam algoritma.

Saat berbisnis di Instagram, tentunya Sobat MEA perlu berkompetisi dengan kompetitor dalam membuat konten yang segar dan beda. Salah satunya bisa Sobat MEA lakukan dengan membuat reels yang mengikuti trend. Untuk itu, kami akan membahas cara mencari sound viral di Instagram yang bisa Sobat MEA gunakan untuk reels agar unggahan bisa semakin relate dengan konsumen. Penasaran? Yuk simak pembahasan selengkapnya di artikel sini!

Pentingnya Menggunakan Sound Viral di Reels Instagram

Gak perlu bingung lagi bikin konten di Instagram

Kalau gabung ke komunitas content creator MEA secara gratis di sini!

Untuk Sobat MEA yang masih menganggap bahwa reels Instagram bisa menggunakan sound atau musik apa saja, sini-sini kami jelasin biar Sobat MEA berubah pikiran. Pemilihan sound untuk Instagram Reels tidak boleh dilakukan sembarangan. Itulah mengapa banyak yang penasaran dengan cara mencari sound viral di Instagram.

Memangnya pemilihan sound bisa mempengaruhi views dan interaksi reels, ya? Bisa banget, dong! Jika Sobat MEA menggunakan sound yang sedang viral, yang biasanya sound tersebut juga digunakan untuk suatu trend tertentu, maka konten Sobat MEA bisa ikut terangkat dengan sound tersebut.

Lebih jelasnya, ketika pengguna mengklik sound tersebut dari unggahan lain, akan muncul konten lainnya yang menggunakan sound tersebut. Ada kemungkinan konten Sobat MEA juga akan muncul di bagian atas dan lebih mudah ditemukan oleh pengguna Instagram. Dengan begitu, Sobat MEA bisa mendapatkan pengikut bahkan konsumen baru.

Menggunakan cara mencari sound viral di Instagram juga akan membuat Sobat MEA lebih update dengan trend terkini. Dengan begitu, Sobat MEA bisa menyesuaikan isi konten dengan trend yang ada agar tetap bisa ‘relate’ atau nyambung dengan audiens.

Oleh karena itu, jangan sepelekan pemilihan sound atau musik untuk reels Instagram jika Sobat MEA ingin mendapatkan interaksi yang tinggi dari unggahan dan meraih audiens baru.

5 Cara Mencari Sound Viral di Instagram

Gak mau rugi pasang iklan di Instagram?

Serahkan ke tim advertiser kami yang sudah berhasil mengiklankan berbagai produk di Instagram!

Setelah mengetahui manfaat dari pemilihan sound untuk Instagram reels, saatnya kami membagikan cara mencari sound viral di Instagram dengan mudah dan cepat. Daripada berlama-lama lagi, yuk langsung aja simak 5 caranya di bawah ini!

1. Cari di Halaman Reels Instagram

Cara mencari sound viral di Instagram yang pertama bisa Sobat MEA lakukan dengan scrolling di halaman reels Instagram. Terkesan bercanda, tapi cara ini efektif untuk dilakukan karena konten yang paling banyak dilihat biasanya menggunakan sound yang sedang viral. Tingginya jumlah video yang serupa dengan menggunakan sound yang sama juga menandakan bahwa sound tersebut sedang menjadi trend dan banyak digunakan oleh pengguna Instagram.

2. Cari Lewat Halaman Explore

Cara kedua, Sobat MEA bisa mencari sound viral di halaman explore yang menampilkan berbagai jenis konten yang biasa Sobat MEA lihat. Perlu diingat bahwa sebelum melakukan cara mencari sound viral di Instagram ini, Sobat MEA perlu menghapus cache Instagram di pengaturan terlebih dahulu. 

Hal ini bertujuan agar history pencarian di akun tidak akan mempengaruhi isi explore Instagram. Karena jika Sobat MEA belum mengetahui hal ini, semua history penelusuran akan terekam pada algoritma Instagram, sehingga Instagram hanya akan menampilkan konten yang Sobat MEA sukai, cari, atau lihat selama beberapa waktu terakhir.

3. Cari melalui saran audio Instagram

Jika Sobat MEA kesulitan untuk menerapkan kedua cara mencari sound viral di Instagram di atas, Sobat MEA cukup menggunakan fitur reels Instagram ketika akan mengunggah konten di Instagram. Saat akan mengupload postingan, biasanya Instagram reels juga akan memberikan rekomendasi sound yang sedang populer.

Caranya, klik ikon “+” kemudian pilih “Reels”. Selanjutnya, Sobat MEA bisa klik tombol audio yang berada di sebelah kiri. Pilih “Rilis Baru” untuk melihat saran lagu-lagu yang populer dan banyak digunakan saat ini. Sobat MEA juga akan mendapatkan informasi seberapa banyak sound tersebut digunakan. Semakin banyak video yang menggunakan musik tersebut, maka semakin populer juga lagunya dan cocok untuk Sobat MEA gunakan di unggahan selanjutnya.

4. Cari di Akun Instagram @Creators

Gak perlu takut gagal ngiklan di Facebook dan Instagram

Kalau gabung ke Kelas FB & IG Ads yang akan mengajarkan kamu untuk beriklan dari awal hingga kelar!

Sobat MEA tahu tidak bahwa ada akun Instagram yang dibuat khusus untuk memandu para konten kreator, termasuk pebisnis online? Akun ini memiliki username @Creators yang dibuat secara khusus oleh Instagram.

Ada banyak yang dibagikan oleh akun ini, salah satunya adalah daftar lagu terbaru yang sedang trending dan bisa digunakan untuk reels. Sobat MEA juga bisa mendapatkan banyak hal dari akun tersebut, salah satunya adalah edukasi mengenai cara pembuatan konten yang dikemas secara menarik dan informatif.

5. Cari Lewat FYP TikTok

Cara mencari sound viral di Instagram selanjutnya bisa Sobat MEA lakukan dengan scrolling FYP TikTok. Sobat MEA pasti bingung mengapa mencari sound viral Instagram di TikTok? Pada dasarnya, apa yang sedang trend di TikTok juga biasanya akan terbawa ke Instagram. Hal ini memudahkan Sobat MEA yang juga berjualan di TikTok karena bisa melakukan riset sound viral 1 kali dan bisa digunakan untuk konten kedua aplikasi ini.

Cara mencari sound viral di Instagram melalui TikTok juga lebih mudah. Sobat MEA juga mengetikkan “sound viral” di kolom pencarian dan nanti TikTok akan menampilkan sound yang sedang ramai digunakan. Sobat MEA tinggal pilih dan gunakan sound tersebut, deh.

Setelah mengetahui manfaat dan cara menacari sound viral di Instagram di atas, sekarang saatnya Sobat MEA menggunakan sound tersebut dan buat konten yang menarik agar banyak dilirik oleh konsumen dan audiens baru. 

Semoga saja artikel ini membantu Sobat MEA yang sedang fokus membangun bisnis lewat Instagram. Baca juga artikel kami lainnya seputar tips berjualan dan membuat konten di Instagram agar pengikut dan pembeli di akun Sobat MEA semakin meningkat.

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.