Cara Menambahkan Barang di TikTok Shop. Perhatikan Sebelum Jualan!

cara menambahkan barang di tiktok shop

Berjualan lewat TikTok Shop menjadi sesuatu yang mengutungkan. Pasalnya, ada banyak orang yang senang berbelanja lewat TikTok. Nah kalau Sobat MEA sudah membuat akun seller TikTok, Selanjutnya Sobat MEA harus paham bagaimana cara menambahkan barang di TikTok Shop.

Yup, pastikan Sobat MEA memiliki akun TikTok Shop terlebih dahulu. Kemudian untuk mendapatkan orderan pertama, tentunya Sobat MEA harus memiliki produk yang dijual. Tapi pertanyaannya, gimana sih cara menambahkan barang di TikTok Shop?

Table of Contents

Apa Itu TikTok Shop?

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Seperti yang kita ketahui, kini TikTok nggak hanya berfungsi sebagai media sosial yang hanya bisa mengupload konten, melakukan live streaming, dan menonton video pendek, TikTok juga memperluas fungsi bagi penggunanya sebagai platform jual beli.

Aplikasi besutan ByteDance ini merilis fitur TikTok Shop pada bulan April 2021. Melansir laman Bakrie University, TikTok Shop adalah fitur social commerce yang memungkinkan pengguna untuk menjual maupun membeli produk melalui TikTok. 

Nah, kehadirannya ini kemudian dapat membantu para pelaku UMKM meraup keuntungan yang lebih banyak, dan membantu pengguna lainnya mendapatkan produk incaran dengan lebih mudah. Nggak heran jika TikTok Shop berhasil mendapatkan perhatian masyarakat secara luas. 

Cara Menambahkan Barang di TikTok Shop

Boost penjualan bareng partner profesional dari MCN TikTok MEA
Tentunya hasil akan lebih berbeda karena kamu promosinya gak sendirian lagi. Full bimbingan lho!

Tapi perlu diingat bahwa sebelum menambahkan produk, Sobat MEA harus tahu bahwa seller bertanggung jawab secara penuh untuk memastikan produk sesuai dengan panduan seller TikTok Shop dan juga panduan komunitas yang berlaku. 

Jika sudah yakin, Sobat MEA bisa mulai menambahkan barang. Nah, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Sobat MEA ikuti sebagai cara menambahkan barang di TikTok Shop, antara lain:

1. Tuliskan Nama Produk

Silakan kunjungi laman TikTok Seller Center melalui browser perangkatmu dan klik Tambahkan Produk Pertama. Kemudian, isi nama produk dengan akurat, ringkas, dan informatif.  Contohnya, “Tumbler Hiking series stainless steel 472 ML, 16 OZ – Hitam”. Nah saat membuat judul, Sobat MEA nggak boleh menyertakan beberapa hal seperti:

  1. Judul menyertakan potongan harga, sale dan promosi-promosi lainnya 
  2. Produk nggak boleh menyertakan Username Seller atau link URL tertentu
  3. Karakter atau simbol khusus
  4. Logo atau branding TikTok tanpa izin.

2. Memilih Kategori Produk yang Paling Tepat

Setelah itu, pilih kategori produk yang tepat. Misalnya Sobat MEA menjual produk kategori rumah tangga, bisa pilih Peralatan Dapur > Peralatan Minum > Botol Air. Perlu diketahui, memilih kategori produk yang salah dapat mengakibatkan tindakan penegakan.

Pastikan Sobat MEA juga menyertakan nama brand jika otorisasi dari pemilik brand diberikan. Untuk menghindari skenario pelanggaran HAKI, silahkan kunjungi kebijakan hak kekayaan intelektual TikTok Shop.

3. Menuliskan Deskripsi Produk yang Informatif

Langkah selanjutnya adalah memberikan deskripsi produk yang relevan, informatif, pengiriman serta garansi. Nah, tapi ada beberapa hal yang harus Sobat MEA perhatikan saat menuliskan deskripsi. Berikut ini adalah poin-poin pentingnya:

  1. Tulis deskripsi dengan bahasa yang baik dan benar serta dimengerti semua kalangan.
  2. Menjelaskan karakteristik utama produk
  3. Sertakan atribut penjualan mulai dari warna, ukuran dan pola produk
  4. Jika ada beberapa tambahan barang gratis dan aksesori jangan lupa untuk cantumkan dalam gambar.
  5. Berat dan dimensi produk harus dinyatakan secara akurat. Pastikan Sobat MEA memasukan dimensi dengan benar agar biaya pengiriman seragam
  6. Jika punya kebijakan belanja toko maupun masa garansi, Sobat MEA bisa menuliskannya dalam deskripsi.
  7. Selalu hindari menetapkan harga produk yang nggak wajar dari kompetitor.

4. Menambahkan Gambar dan Video Produk

Sobat MEA juga harus menambahkan gambar produk dan video yang dapat memperlihatkan produk yang jelas dan lebih baik. Berikut adalah persyaratan teknis untuk memasukkan gambar dan video produk yang perlu diperhatikan:

  1. Seller hanya dapat mengunggah 9 gambar produk termasuk dengan foto aksesoris atau bonus jika memang ada.
  2. Background gambar produk harus putih bersih. Hindari background yang mengandung blok piksel, teks, atau watermark yang nggak berhubungan dengan merek atau logo toko.
  3. Gambar wajib memiliki warna. Foto produk hitam-putih nggak boleh digunakan.
  4. Minimal ukuran foto produk setiap gambar adalah 800×800 piksel atau foto dengan resolusi tinggi.
  5. Menunjukkan tampilan fisik depan dan belakang produk. Singkatnya, foto produk harus dari segala arah.
  6. Terakhir, Sobat MEA hanya bisa upload satu video per daftar produk dengan maksimal ukuran video 5 MB.

Tips Upload Produk TikTok dengan Efektif

Terakhir dan hal yang nggak kalah penting adalah membaca seksama hal-hal yang berkaitan dengan peraturan dan pedoman TikTok. Hal ini harus Sobat MEA perhatikan sebagai bentuk pencegahan penolakan produk dan keseluruhan proses persetujuan dari pihak TikTok yang lancar. Berikut uraiannya:

  1. Jangan pernah mempublikasikan produk yang dilarang oleh TikTok. Misalnya menjual alkohol atau barang-barang ilegal
  2. Pastikan deskripsi sesuai dengan produk aslinya. 
  3. Jangan mencantumkan produk palsu atau produk KW. Misalnya berjualan sepatu sneakers tau tas branded KW.
  4. Hindari mempublikasikan fungsi atau manfaat produk yang palsu. Ini termasuk sebagai bentuk penipuan.
  5. Publikasikan informasi dalam bahasa yang berbeda dari pasar tujuan
  6. Jangan menggunakan logo atau gambar merek tanpa izin dari pemilik logo
  7. Waspadai dimensi paket yang nggak akurat dan informasi yang nggak lengkap. Hal ini bisa membuat calon pembeli bingung.

Nah itulah tutorial lengkap tentang cara menambahkan barang di TikTok Shop. Semoga artikel ini membantumu yang ingin tahu cara menambahkan barang di TikTok Shop. Semangat berbisnis!

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.