Cara Memilih Target Shopee Affiliate. Jangan Sampai Salah!

by Viki
cara memilih target shopee affiliate

Dalam era digital, mengikuti bisnis afiliasi menjadi langkah yang cerdas untuk mendapatkan penghasilan tambahan hingga membangun bisnis online yang menguntungkan. Mengingat persaingan semakin kuat, dibutuhkan partner promosi yang profesional. Tapi sebagai seller, pastikan Sobat MEA juga telah memahami cara memilih target Shopee Affiliate agar tepat sasaran.

Ya, penting untuk memilih target dengan bijak, agar Sobat MEA melakukan promosi yang maksimal dan menghasilkan. Untuk itu, MiMe akan menjelaskan bagaimana cara memilih target Shopee Affiliate yang menguntungkan bagi Penjual. Simak artikel ini!

Table of Contents

Mengenal Shopee Affiliate untuk Penjual

Mau tahu cara jualan di Shopee yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller Shopee berpengalaman di Komunitas Bisnis Online MEA sekarang juga!

Melansir laman Shopee, program afiliasi Penjual adalah program yang memberikan keuntungan khusus untuk penjual berupa komisi hingga 10% maks. Rp10.000 untuk setiap penjualan yang didapatkan dari link toko & link produk penjual.

Jadi, penjual yang terdaftar dapat membagikan link toko dan produk melalui media sosial (Instagram, Facebook, TikTok, dll). Penjual akan mendapatkan penghasilan dari pembeli yang mengeklik link dan menyelesaikan pesanan dalam 7 hari. Dan komisi tersebut akan dibayarkan setiap minggu atas pesanan yang telah selesai melalui link toko atau produk baru.

Jenis-Jenis Target Shopee Affiliate

Mau maksimalkan Shopee Affiliate yang cuan?
Pastikan kamu mendapatkan Affiliate yang profesional dan bimbingan yang lengkap hanya di MCN Shopee MEA!

Melansir laman Pusat Edukasi Penjual Shopee, ada dua jenis yang bisa dipilih untuk melakukan cara memilih target Shopee Affiliate. Berikut uraiannya:

Selain target Affiliate, Sobat MEA juga perlu menentukan target produk yang akan dipromosikan dalam afiliasi. Sobat MEA dapat memilih produk tersebut sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Ada tiga jenis produk Affiliate yang bisa dipilih. Berikut uraiannya:

  1. Semua Produk: Untuk menetapkan tingkat komisi tambahan pada semua produk di toko, silakan pilih Semua Produk.
  2. Kategori Spesifik: Untuk menetapkan tingkat komisi berdasarkan kategori produk, silakan pilih Kategori Spesifik. Sobat MEA dapat melihat dan mengubah tingkat komisi pada setiap kategorinya.
  3. Produk Spesifik: Untuk menetapkan komisi tambahan untuk produk tertentu, silakanpilih Produk Spesifik. Sobat MEA dapat melihat dan mengubah tingkat komisi pada setiap produknya.

Cara Memilih Target Shopee Affiliate

Perlu diketahui, meskipun tampak mudah dan banyak Kreator yang siap bekerja sama untuk mempromosikan produkmu, nyatanya penargetan promosi dalam program Shopee Affiliate tidak bisa sembarangan. Pastikan sudah ditentukan dengan benar.

Sobat MEA sendiri bisa melakukan cara memilih target Shopee Affiliate dengan mengakses halaman affiliate Marketplace dan Affiliate Marketing Solution. Untuk hal ini, Berikut langkah-langkah yang perlu Sobat MEA lakukan:

  1. Kunjungi situs Shopee Seller Centre melalui browser. Pastikan sudah login akun toko Shopee. 
  2. Lalu di bagian kanan, pilih Pusat Promosi > Pilih opsi Affiliate Marketplace > Pilih Affiliate Marketing Solution
  3. Kemudian Sobat MEA dapat memilih Affiliate dengan memfilter target Affiliate berdasarkan kriteria yang diinginkan meliputi Kategori, Media Sosial, Harga, Jumlah Pengikut hingga Kerja sama. 

Nah, dalam filter tersebut, Sobat MEA dapat mengisinya sesuai dengan nilai yang dimiliki pada setiap filter affiliate marketplace yang tertera. 

Cara Menambahkan Affiliate ke Komisi Target Affiliate Spesifik

Tapi pastikan Sobat MEA sudah memeriksa komisi apa yang sesuai untuk Affiliate spesifik. Jika Sobat MEA tidak memiliki komisi untuk Target Affiliate Spesifik, silakan pilih Buat Komisi. Sobat MEA akan diarahkan ke halaman Komisi, buatlah komisi yang ingin ditetapkan untuk Affiliate yang terjalin. 

Jika penambahan komisi Affiliate berhasil, Sobat MEA akan mendapatkan pop up untuk memeriksa daftar Affiliate di halaman Komisi. Tapi jika gagal, Sobat MEA juga akan mendapatkan pop up pemberitahuan bahwa penambahan Affiliate gagal.

Sekian penjelasan mengenai tutorial dari cara memilih target Shopee Affiliate yang benar. Ini penting untuk menetapkan kerja sama dan tujuan yang diinginkan melalui program Shopee Affiliate ini. Dengan begitu, Sobat MEA lebih mudah untuk memantau bagaimana performa Affiliate untuk toko dan produkmu. Tertarik untuk mencobanya? Semoga berhasil!

You may also like

Leave a Comment