Cara Jualan Viral di TikTok Shop. Pahami Dulu 5 Hal Dasar Ini. Apa Aja?

by fiqhi
cara jualan viral di tiktok shop

TikTok telah menjadi platform media sosial yang sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Dengan lebih dari 2 miliar pengunduh di seluruh dunia. Dengan munculnya TikTok Shop, para pebisnis kecil bisa menjadi viral dan mendapat kesempatan untuk berkembang lebih pesat lagi. Tentu saja, ada cara jualan viral di TikTok Shop mendasar yang perlu Sobat MEA terapkan.

Seperti kita ketahui, TikTok sendiri menawarkan peluang yang nggak terbatas bagi para pebisnis online untuk mempromosikan produk mereka demi mencapai audiens yang lebih luas. Apalagi adanya TikTok Shop yang memungkinkan pebisnis online menjual produk secara langsung lewat platform TikTok. Nggak mengherankan kalau sudah mulai banyak orang yang berjualan di TikTok Shop.

Table of Contents

5 Cara Jualan Viral di TikTok Shop

Mau belajar jualan di TikTok ke seller yang berpengalaman?
Yuk diskusi bersama seller TikTok lain di Komunitas Seller MEA

Meski sudah banyak tahu mengenai TikTok Shop dan mulai bersaing berjualan lewat platform ini, masih banyak orang yang nggak tahu cara jualan viral di TikTok Shop. Yup, ada beberapa hal mendasar yang harus dilakukan agar bisnis bisa berkembang dan viral di TikTok. Berikut adalah penjelasan mendalamnya:

1. Membuat Profil Menarik dan Teroptimasi

Cara jualan viral di TikTok Shop yang pertama adalah membuat profil yang menarik perhatian dan juga mudah dioptimasi. Pastikan juga profil Sobat MEA mencerminkan produk dengan baik. Gunakan username yang relevan dan kreatif, serta jangan lupa untuk memilih foto profil yang menarik. Selain itu, Sobat MEA juga perlu mengoptimalkan deskripsi profil dengan informasi tentang produk dan tautan langsung ke TikTok Shop. Terakhir, Sobat MEA perlu untuk melakukan optimasi pada deskripsi profil toko sampai informasi produk yang nantinya akan muncul pada etalase toko.

2. Jangan Melawan Tren

cara jualan viral di tiktok shop

Setelah membuat profil yang menarik, cara jualan di TikTok Shop berikutnya adalah membuat konten. Jika memang ingin jualan Sobat MEA menjadi viral, hindari melawan tren yang ada. TikTok sendiri punya tren unik dan nggak tertebak, hal itulah yang membuat algoritma TikTok ini begitu spesial dan akan terus berubah.

Coba eksplorasi dan ikuti tren terbaru yang ada dan coba cari cara kreatif agar tren tersebut bisa relevan dengan produk Sobat MEA. Jangan membuat konten yang jualan terus, terkadang sebuah toko harus ikut tren tanpa ada niat untuk berjualan. Sobat MEA bisa memaksimalkan hal-hal yang berikaitan dengan algoritma seperti hashtag, sound, sampai filter dan cara editing untuk menghasilkan konten yang berkualitas.

3. Berinteraksi dengan Komunitas

Kalau Sobat MEA sudah punya konten yang menarik, saatnya Sobat MEA lebih aktif untuk berinteraksi dengan komunitas. Saling berkomentar pada video pengguna lain, memfollow akun-akun yang relevan dan tertarget akan membantu Sobat MEA membangun visibilitas dan jejaring. Yup, sudah banyak pebisnis yang mendapatkan banyak orderan karena aktif berintaksi dengan para followersnya sebagai salah satu cara jualan di TikTok Shop. Interaksi juga merupakan bagian dari optimasi TikTok.

4. Maksimalkan Fitur TikTok Shop Dengan Kreatif

Saatnya scale up toko TikTok Shop kamu sekarang juga
Pakai aja Jasa TikTok MEA Digital Marketing

Cara jualan viral di TikTok Shop yang nggak boleh Sobat MEA lewatkan adalah memaksimalkan fitur TikTok Shop itu sendiri. Sobat MEA bisa menggunakan fitur keranjang kuning yang memudahkan para pengguna TikTok untuk mengakses produk langsung dari video yang ditonton.

Selain itu ada juga fitur-fitur kreatif lain yang TikTok Shop tawarkan seperti fitur Belanja Langsung yang memungkinkan Sobat MEA memperlihatkan produk secara langsung pada audiens serta memungkinkan mereka untuk belanja. Selain mudah, cara ini juga dianggap mempercepat calon pembeli untuk melakukan transaksi, terutama jika mereka sangat membutuhkan produk Sobat MEA.

5. Manfaatkan Data dan Analitik yang Disediakan TikTok Shop

Cara jualan viral di TikTok Shop yang terakhir, Sobat MEA harus memanfaatkan data dan analitik TikTok Shop. Untuk Sobat MEA yang belum tahu, TikTok Shop ini menyediakan data dan analitik untuk setiap penjual. Nah Sobat MEA bisa memanfaatkan dua hal ini dengan untuk merancang strategi penjualan berikutnya.

Gunakan informasi dan hasil analisa ini untuk memahami perilaku pembeli, tren penjualan, hingga preferensi pembeli. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang audiens, Sobat MEA bisa mengoptimalkan strategi pemasaran sekaligus mengambil keputusan yang lebih baik dalam melakukan promosi di TikTok.

Produk Jualan yang Lagi Viral di TikTok Shop

remarketing di TikTok Ads

1. Kosmetik dan Skincare

Produk kecantikan ini tidak hanya menjadi jualan yang lagi viral di TikTok Shop saja, namun sudah masuk ke kategori timeless. Hal ini karena hampir selalu ada brand baru atau produk terbaru untuk merawat kulit. Nah karena akan selalu ada kompetitor baru, maka Sobat MEA perlu membuat USP produk (Unique Selling Point) yang membedakan produk Sobat MEA berbeda dari produk serupa lainnya. Dengan begitu, produk Sobat MEA akan lebih menonjol dan lebih mudah untuk dikenali oleh pembeli.

2. Botol Air dan Kotak Makan

cara jualan viral di TikTok Shop

Semakin banyak orang yang sadar pentingnya konsumsi makanan sehat dan organik yang bisa didapatkan dengan memasaknya sendiri. Inilah mengapa banyak orang yang mencari botol minum dan kotak makan untuk bekal sekolah atau bekal kerja. Agar kontennya semakin menarik, Sobat MEA bisa membuat konten tips bekal sederhana dan sekaligus tunjukkan fitur atau kelebihan produk.

3. Produk Pembersih

Cara jualan viral di TikTok Shop berikutnya adalah dengan menjual produk pembersih mengingat semua orang tidak menyukai hal-hal yang kotor. Produk ini ada banyak sekali macamnya. Mulai dari pembersih lantai, kamar mandi, mobil, sepatu, hingga pembersih noda pada pakaian.

4. Fashion

cara jualan viral di TikTok Shop

Produk fashion juga masuk sebagai barang yang timeless dan bisa viral kapan saja karena trend-nya yang selalu berubah. Ikuti perkembangan fashion yang ada agar Sobat MEA bisa berhasil menerapkan cara jualan viral di TikTok Shop.

5. Makanan

Last but not least, ada produk makanan yang menjadi favorit banyak orang. Makanan yang bisa dijual pun beragam. Mulai dari camilan, makanan instan, hingga makanan berat yang bisa Sobat MEA jual di TikTok Shop.

Nah itulah 5 cara dasar jualan viral di TikTok Shop serta rekomendasi 5 produk jualan yang lagi viral di TikTok Shop. Gimana nih menurut Sobat MEA? Nggak susah kan? Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA yang ingin berbisnis lewat TikTok maupun Sobat MEA yang sudah mulai berjualan di TikTok. Jangan lupa praktekin cara di atas ya!

You may also like

1 comment

Cara Upload Video HD TikTok. Konten Punya Kualitas Tinggi! Agustus 12, 2022 - 8:01 am

[…] kita membahas seputar konten-konten TikTok, kini kita akan masuk pada cara upload video HD ke TikTok. Nah daripada penasaran, yuk langsung aja simak tutorial lengkapnya di bawah […]

Reply

Leave a Comment