Gini 7 Cara Jualan Produk Lokal di TikTok Shop untuk Pemula!

by Bagus Alhadi
cara jualan produk lokal di tiktok shop

Konsumsi produk lokal kian diminati oleh masyarakat pada saat ini, salah satunya pada platform TikTok Shop. Berbagai macam cara jualan produk lokal di TikTok Shop mulai dipelajari oleh para pelaku UMKM, guna mendapatkan cuan yang lebih meningkat.

Adanya fitur TikTok Shop mendapat sambutan positif dari penggunanya, tidak hanya dari kalangan pencinta belanja online. Bagi para pelaku bisnis online pun, TikTok kini menjadi peluang baru untuk meraih keuntungan. 

Dalam TikTok Shop, dijelaskan bahwa penjual dapat memperkuat branding sekaligus meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan sejumlah fitur yang disediakan oleh TikTok.

Disamping itu, tata cara pembelian di TikTok Shop sangat sederhana. Ketika berbelanja, pengguna tidak perlu beralih ke aplikasi lain untuk menyelesaikan transaksi. Seluruh proses pembelian dapat diselesaikan langsung di TikTok Shop. Menariknya, kini Tiktok Shop menyediakan beragam produk lokal UMKM. 

Oleh karena itu, pelaku UMKM perlu memaksimalkan platform TikTok Shop ini, apalagi beberapa brand lokal seharusnya sudah bisa melek terhadap peluang ini. 

Tapi masih bingung harus mulai darimana? Nggak perlu khawatir, MiMe akan merangkum 7 cara jualan produk lokal di TikTok Shop untuk pemula yang bisa langsung dipraktekkan. Yuk langsung simak artikel ini sampai habis!

Table of Contents

6 Syarat Jualan Produk Lokal di TikTok Shop

buku tiktok shop

Sebagai inovasi terbaru, TikTok Shop menjadi fasilitas baru yang ditawarkan oleh TikTok untuk memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi jual-beli produk, semuanya dapat dilakukan tanpa harus keluar dari aplikasi TikTok.

Dengan demikian, pengguna tidak perlu lagi mengakses aplikasi marketplace atau toko online lainnya untuk melibatkan diri dalam proses pembelian produk secara daring. Jika Sobat MEA juga tertarik untuk menjajakan produk lokal di TikTok Shop, berikut adalah beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi:

Artikel Terkait  Gagal Memasukkan Kode Referral? Ini Cara Mengatasi Tidak Lolos Kontrol Penipuan TikTok Lite!
  1. Verifikasi identitas menggunakan KTP atau paspor.
  2. Pemilik akun TikTok wajib berusia minimal 18 tahun.
  3. Akun TikTok harus aktif dengan mengunggah video dalam 28 hari terakhir.
  4. Minimal 50 penayangan video dalam 28 hari terakhir untuk memenuhi syarat.
  5. Pemilik akun diharuskan memiliki rekening bank.
  6. Produk dan toko yang dijual harus sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh TikTok.

7 Langkah Cara Daftar TikTok Shop untuk Berjualan

Mau belajar jualan di TikTok Shop tapi bingung mulai dari mana?
Yuk gabung di Komunitas Seller TikTok Shop MEA sekarang!

Tidak perlu prosedur yang rumit bagi pemula yang ingin memulai cara jualan produk lokal di TikTok Shop. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Web TikTok Shop

Silakan kunjungi halaman resmi TikTok Shop di https://seller-id.TikTok.com/account/welcome untuk mengaksesnya secara langsung.

2. Sign Up

Jika belum memiliki akun, klik opsi Sign Up menggunakan nomor handphone atau alamat email. Tetapi, jika sudah memiliki akun TikTok, Sobat MEA bisa langsung ketuk tombol Sign In.

3. Lengkapi Identitas

Isikan informasi seller dengan akurat. Tentukan jenis bisnis, apakah itu korporat atau perorangan. Jika perorangan, lakukan verifikasi data pribadi seperti KTP atau paspor. Sertakan juga foto KTP dalam format .pdf, .jpeg, .jpg, atau .png. Perhatikan juga ukuran file yang diunggah, jangan sampai lebih dari 10 MB.

4. Lengkapi Informasi Toko

apa itu Collection Ads

Kemudian, masukkan detail toko yang akan dijalankan, termasuk nama toko, alamat toko, jenis bisnis, deskripsi produk, dan informasi lain yang diperlukan.

5. Pilih Otorisasi

6. Tambahkan Produk

Setelah berhasil membuat akun penjual di TikTok Shop, Sobat MEA dapat menambahkan produk dan langkah-langkah lainnya. 

Tambahkan produk pertama yang ingin dijual. Sebelum mengunggah foto produk, isilah deskripsi secara lengkap mengenai produk yang akan ditawarkan seperti mencantumkan nama produk, pilih kategori, dan tentukan brand atau tambahkan brand baru ke dalam TikTok Shop yang akan dijalankan. 

Jika Sobat MEA ingin menambahkan brand baru, pastikan untuk mengunggah dokumen kepemilikan atau hak penjualan khususnya bagi seorang reseller. Jika tidak ada dokumen tersebut, Sobat MEA dapat memilih opsi No Brand

Sementara itu, untuk foto produknya, Sobat MEA diperbolehkan mengunggah hingga 9 foto produk, dengan rekomendasi TikTok untuk menggunakan rasio 1:1 agar gambar tampak lebih jelas.

7. Singkronkan dengan Rekening Bank

Jangan lewatkan tahap krusial ini, yaitu mengaitkan rekening bank dengan TikTok Shop. Kembali ke beranda, pilih Link Bank Account, dan lakukan klik pada opsi Link Account. Lanjutkan dengan langkah-langkah selanjutnya hingga proses penautan rekening dengan TikTok Shop selesai.

Dengan begitu, proses pendaftaran sebagai penjual di TikTok Shop telah selesai, dan Sobat MEA dapat memulai kegiatan berjualan secara langsung.

13 Tips Jualan Laris di TikTok Shop

cara jualan produk lokal di tiktok shop

Ada 13 tips jualan laris di TikTok Shop yang bisa Sobat MEA lakukan agar bisnis TikTok lebih maksimal. Berikut uraian lengkapnya:

  1. Pelajari informasi mengenai TikTok dari A sampai Z.
  2. Bikin konten TikTok yang menarik.
  3. Rancang katalog produk yang eye catching.
  4. Tulis judul produk dengan singkat tapi persuasif.
  5. Buatlah caption se-unik mungkin.
  6. Riset hashtag yang relevan.
  7. Tulis link toko di bio akun.
  8. Gunakan fitur TikTok semaksimal mungkin.
  9. Upload konten di waktu yang tepat.
  10. Konsisten buat konten.
  11. Pasang iklan (ads) dengan benar.
  12. Manfaatkan TikTok Affiliate.
  13. Promosikan produk dengan menggunakan live TikTok.
Artikel Terkait  3 Cara Menaikan Level Live di TikTok dan Manfaatnya. Mudah!

Apa itu Produk Lokal di TikTok Shop?

Sejak merger-nya TikTok dengan Tokopedia, mereka memunculkan program baru bernama Beli Lokal yang telah berjalan sejak 12 Desember 2023 lalu. Uji coba ini sejalan dengan upaya pemerintah Indonesia untuk merangsang perkembangan ekonomi digital dengan memberdayakan UMKM lokal.

Program Beli Lokal ini membawa konsumen untuk selalu membeli produk-produk lokal yang di jual pada platform TikTok Shop. Adapun isinya meliputi top brands, Produk kecantikan lokal, fashion lokal, kuliner lokal juga beberapa voucher diskon dan promo yang ditawarkan.

Dengan program ini pemerintah mengharapkan agar para seller online dapat mengetahui cara jualan produk lokal di TikTok Shop, dan untuk para konsumen diharapkan bisa membeli brand-brand lokal yang telah ditawarkan.

cara jualan produk lokal di tiktok shop
cara jualan produk lokal di tiktok shop

Cara Mendapatkan Tag 'Beli Lokal' di TikTok Shop

Dalam menjalankan program Beli Lokal di TikTok Shop, banyak pebisnis lokal yang memanfaatkannya untuk memasarkan produk dan berinteraksi dengan pelanggan. 

Para pelaku usaha yang telah bergabung melihat peningkatan penjualan karena TikTok Shop membantu mereka menjangkau pasar yang lebih luas serta menarik lebih banyak konsumen. Ingin bergabung? Temukan cara mendapatkan tag Beli Lokal di TikTok Shop dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Kelola produk.
  2. Kelola metode pembayaran & pengiriman.
  3. Atur strategi promosi juga affiliasi.
  4. Kelola customer service.

Nah itulah cara jualan produk lokal di TikTok Shop untuk pemula yang dapat diterapkan untuk memperluas wawasan dalam berjualan online. Semoga artikel ini bisa membantumu. Akhir kata, salam satu juta pembeli!

You may also like

Leave a Comment