6 Cara Aktifkan Gift di Instagram Biar Makin Semangat Bikin Konten!

by Fanny
cara aktifkan gift di instagram

Sebagai konten kreator di Instagram, tentunya Sobat MEA akan semakin semangat membuat konten jika mendapatkan apresiasi dari audiens, bukan? Apresiasi ini bisa berbentuk like, komen, share, hingga gift. Pas banget dalam artikel ini, kami akan membahas tentang cara aktifkan gift di Instagram agar Sobat MEA bisa mendapatkan gift dalam unggahan yang dibuat. Yuk kepoin cara selengkapnya di sini!

Apa itu Gift Instagram?

Makin jago jualan dengan gabung ke komunitas!

Dapatkan informasi dan tips terbaru seputar cara jualan di Instagram dengan gabung ke komunitasnya secara gratis sekarang juga!

Untuk Sobat MEA ingin tahu cara aktifkan gift Instagram, perlu banget mempelajari mengenai pengertian dari gift Instagram itu sendiri agar bisa mendapatkan uang tambahan dari konten yang dibuat. Jadi, gift Instagram adalah hadiah virtual yang dapat diberikan oleh pengguna Instagram ke konten kreator melalui reels yang diunggah.

Jika Sobat MEA familiar dengan konsep gift di TikTok, maka cara kerjanya pun serupa dengan gift Instagram. Bedanya, gift dan koin TikTok hanya bisa diberikan penonton saat kreator melakukan live streaming. Sedangkan pada Instagram, gift dapat dikirimkan pada reels yang diunggah oleh kreator.

Gift yang diberikan pun disebut dengan Stars dan tidak berupa mata uang asli. Satu Stars memiliki nominal 0,01 USD atau Rp.149,-. Terkesan sedikit bukan? Tapi jika Sobat MEA mendapatkan 1 bintang dari 100 pengguna, maka Sobat MEA sudah mendapatkan Rp. 14.900,-. Tentunya Stars yang didapatkan bisa lebih banyak jika Sobat MEA mengunggah konten yang menarik dan memilik banyak pengikut, sehingga ada kemungkinan satu pengguna memberikan lebih dari 1 Stars.

Cara Memberikan Gift Instagram

Mau nambah followers tanpa harus beli?

Pakai Jasa Kelola Instagram aja biar bisa update konten secara konsisten dan menarik!

Sebelum membahas tentang cara aktifkan gift Instagram, kami akan membahas cara memberikan gift Instagram kepada para kreator. Sobat MEA bisa memberikan gift pada kreator yang sudah menerapkan cara aktifkan gift di Instagram. Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan membuka konten reels kreator. Kemudian akan ada ikon kado dengan tulisan “send gift” di atas username kreator. Setelah itu, Sobat MEA bisa langsung klik ikon tersebut dan kirimkan gift, deh. Jika tidak muncul ikon kado, itu artinya kreator tersebut belum melakukan cara aktifkan gift di Instagram, sehingga Sobat MEA tidak bisa mengirimkan Stars atau hadiah.

Artikel Terkait  5 Platform Media Sosial Terbaik Untuk Belajar dari Influencer Marketing

Ketika Sobat MEA ingin mengirimkan gift dengan mengklik ikon kado, akan muncul 6 pilihan stiker yang memiliki nominal Stars berbeda. Setiap stiker dibandrol mulai dari 10 Stars hingga harga tertinggi, yaitu 300 Stars. Tentunya kreator akan sangat senang jika diberikan stiker dengan harga yang mahal.

Perlu diingat bahwa jika Sobat MEA ingin memberikan gift, pastikan Sobat MEA sudah memiliki saldo Stars terlebih dahulu. Sobat MEA bisa melakukan top up dengan uang asli dahulu. Instagram memiliki 3 opsi pembelian saldo bintang, yaitu:

  • 45 bintang: Rp 15.000,-
  • 140 bintang: Rp 44.000,-
  • 300 bintang: Rp 89.000,-

Sobat MEA bisa melakukan top up melalui transfer bank, dompet digital, atau metode pembayaran lainnya yang tersedia di Google Play. Setelah saldo terisi, Sobat MEA bisa mengirimkan gift kepada kreator dengan langkah-langkah ini:

  • Buka aplikasi Instagram, kemudian cari reels atau kreator yang ingin diberikan gift.
  • Buka Instagram Reel, lalu klik opsi “Send Gift”.
  • Pilih menu “Stars Balance” di kanan atas. Lalu, masukan nominal sesuai yang keinginan.
  • Setelah pengisian saldo selesai, tekan salah satu pilihan Gift, lalu klik “Send”.
  • Tunggulah beberapa saat hingga muncul notifikasi yang menyatakan bahwa Gift sudah terkirim ke kreator Instagram.

6 Cara Aktifkan Gift di Instagram

Pasang iklan di Instagram biar makin cuan!

Mau tau cara selengkapnya? Gabung ke Kelas GB & IG Ads sekarang juga!

Dengan begitu, konten kreator akan berusaha membuat konten yang menarik dan kreatif agar mereka bisa mendapatkan lebih banyak Stars. Hal ini diharapkan kreator membuat konten yang edukatif dan bermanfaat dengan cara yang komunikatif dan unik.

Perlu diingat bahwa setelah mendapatkan gift dari audiens, kreator tidak dapat langsung mencairkan uangnya. Kreator dapat mencairkan uang jika sudah mendapatkan saldo atau Stars minimal 25 AUD (Rp248 ribu). Untuk jumlah saldonya sendiri bisa Sobat MEA lihat di Dashboard Profesional, lalu buka “Fitur Anda”, kemudian ke “Hadiah dan Akun Pembayaran”.

Mau tau cara aktifkan gift di Instagram? Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini!

  • Buka aplikasi Instagram dan masuk ke profil akun Sobat MEA.
  • Klik “Profesional Dashboard”.
  • Buka ‘Fitur Anda’, lalu klik ‘Hadiah’ atau ‘Gifts’.
  • Klik ‘Izinkan hadiah di reels’ untuk cara aktifkan gift di Instagram dan mengizinkan audiens untuk mengirimkan hadiah di reels yang pernah dibuat sebelumnya atau reels yang akan datang.
  • Sobat MEA juga bisa mengklik tombol ini lagi untuk menonaktifkan fitur gift kapan saja. Tapi dengan menonaktifkannya, membuat orang lain tidak bisa lagi mengirimkan hadiah ke reels di profil Sobat MEA.
  • Cara aktifkan gift di Instagram sudah selesai.

Mudah sekali bukan cara memberikan dan cara mengaktifkan gift di Instagram ini? Yuk cobain di akun Sobat MEA sekarang agar Sobat MEA bisa mendapatkan uang dari konten yang sudah dibuat sebelumnya. Jangan lupa juga untuk membaca artikel kami lainnya agar Sobat MEA nggak ketinggalan informasi menarik seputar fitur dan tips cara berjualan di Instagram!

You may also like

Leave a Comment